Keutamaan Membaca Surat Yasin, Jadi Penyelamat Hidup dan Karier Ardhito Pramono
Ilustrasi Surat Yasin. (Pexels/Abdulmeilk Aldawsari)
11:28
18 Juli 2024

Keutamaan Membaca Surat Yasin, Jadi Penyelamat Hidup dan Karier Ardhito Pramono

Ardhito Pramono mengaku sebagai sosok yang religius. Pelantun "Bitterlove" ini bahkan membawa buku Yasin ke mana pun dirinya pergi. Ardhito Pramono juga menyebut Surat Yasin sebagai penyelamat hidup dan kariernya.

"Yang buat gue kuat sampai masih ada di sini kayaknya Yasin, bukan kayaknya, memang Yasin," cerita Ardhito Pramono dalam tayangan Siniarpop di kanal YouTube Pophariini yang tayang pada 29 Juni 2024 lalu.

Lantas apa keutamaan membaca Surat Yasin yang jadi penyelamat hidup dan karier Ardhito Pramono? Simak penjelasan berikut ini.

Keutamaan Surat Yasin

Surat YasinSurat Yasin

Surat Yasin adalah salah satu surat yang ada di dalam Al-Quran dan memiliki segudang keistimewaan. Surat Yasin merupakan surah ke-36 dalam Al-Quran yang terdiri dari 83 ayat.

Baca Juga: Cerita Ardhito Pramono Diselamatkan Surat Yasin dan Al-Waqiah, Jadi Pegangan saat Depresi Berat

Biasanya umat muslim membaca surat Yasin setiap malam Jumat. Namun surat ini juga dapat dibaca kapan pun tanpa waktu tertentu. Ini karena membaca Surat Yasin memiliki sejumlah keutamaan yang luar biasa seperti dimudahkan segala urusan dan diampuni dosa-dosanya.

Tak hanya itu, ada juga beberapa keutamaan lain. Untuk lengkapnya, berikut ulasan tentang keutamaan membaca Surat Yasin.

1. Akan Dimudahkan Urusannya

Keutamaan Surat Yasin dapat mempermudah segala urusan, seperti yang disebutkan dalam sebuah hadits:

"Barangsiapa membaca surah Yasin ketika pagi niscaya diberikan kepadanya kemudahan hari itu hingga dia berada di waktu sore, dan barangsiapa yang membacanya pada awal malam niscaya diberikan kepadanya kemudahan malam itu hingga berada di waktu pagi." [H.R. ad-Darimi No. 3285].

Baca Juga: Usai Diperiksa KPK, Indira Chunda Thita Pilih Bungkam, Ada Apa?

Ilustrasi surat Yasin lengkap bahasa Indonesia (Freepik)Ilustrasi surat Yasin lengkap bahasa Indonesia (Freepik)

2. Akan Terpenuhi Kebutuhannya

Keutamaan membaca Surat Yasin adalah akan dipenuhi semua kebutuhannya, sesuai dengan sabda Rasulullah SAW berikut:

"Barangsiapa membaca surat Yasin pada siang hari niscaya akan terpenuhi semua kebutuhannya." [H.R. ad-Darimi No. 3284]

3. Akan Dikabulkan Permintaannya

Membaca Surat Yasin juga memiliki keutamaan akan dikabulkan doa atau permintaan, sesuai bunyi sebuah hadits.

"Barang siapa membaca surat Yasin dan Al Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya." (HR Abu Daud dari al-Habr).

4. Akan Diampuni Dosanya

Dalam dalil lain disebutkan bahwa seseorang yang membaca Surat Yasin pada malam hari, maka keesokan harinya akan diampuni dosa-dosanya. Hal itu seperti dikatakan dalam hadits:

"Barangsiapa membaca surat Yasin di malam hari, pada keesokan harinya dosanya diampuni," [Abu Hurairah RA].

5. Ibarat Baca Al Quran Sebanyak 10 Kali

Surat Yasin adalah inti dari Al-Qur'an sehingga membaca Yasin bisa setara dengan membaca Al Quran sebanyak 10 kali. Hal ini sesuai dengan bunyi hadits Rasulullah SAW.

"Barang siapa membaca surat Yasin, maka Allah mencatat baginya karena bacaan surat Yasin itu pahala membaca Al Qur'an sepuluh kali," dari Anas RA.

6. Meringankan Sakaratul Maut

Surat Yasin punya keutamaan dibaca dalam suatu urusan yang sulit sehingga Allah SWT akan memudahkan urusannya. Misalnya ketika surat Yasin dibacakan untuk orang yang sedang sakaratul maut, ditujukan untuk memohon rahmat Allah SWT agar rohnya dapat keluar dengan mudah.

7. Untuk Ketenangan Batin

Keutamaan membaca Surat Yasin lainnya adalah dapat memperoleh ketenangan batin. Hal ini sesuai firman Allah SWT, "Ketahuilah hanya dengan berdzikir dan membaca surah yasin semata mata karena Allah SWT, maka hati menjadi tenang." (Ar-ra’d :28)

8. Mendapatkan Pahala Seperti Orang yang Bersedekah

Keutamaan membaca surat Yasin lainnya adalah mendapat pahala seperti orang yang bersedekah, sesuai sabda Rasulullah SAW.

"Orang yang membaca Al Quran terang-terangan seperti orang sedekah secara terang-terangan, orang yang membaca Al Quran tersembunyi seperti orang sedekah secara sembunyi." (HR Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i).

Kontributor : Trias Rohmadoni

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #keutamaan #membaca #surat #yasin #jadi #penyelamat #hidup #karier #ardhito #pramono

KOMENTAR