Bikin Smoothies dari Buah dan Sayur Beku: Nutrisinya Sama Nggak dengan yang Segar?
Ilustrasi smoothies. (Designed by Freepik)
17:13
17 Juli 2024

Bikin Smoothies dari Buah dan Sayur Beku: Nutrisinya Sama Nggak dengan yang Segar?

Tren hidup sehat semakin diminati, salah satunya melalui konsumsi smoothies. Smoothies adalah campuran buah dan sayur yang diolah menjadi minuman kental, umumnya menggunakan buah-buahan yang dibekukan terlebih dahulu. Namun, bagaimana perbandingan kandungan nutrisi antara buah dan sayuran beku dengan yang segar?

Ahli gizi Rachel Onsen menjelaskan bahwa tidak ada perbedaan signifikan dalam kandungan nutrisi antara buah beku dan segar. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa buah beku bisa memiliki kandungan vitamin yang sebanding atau kadang lebih tinggi dibandingkan dengan buah segar. Hal ini disampaikan Rachel dalam unggahan reels Instagram-nya @rachelahligizi pada 15 Februari 2023.

“Penelitian mengatakan bahwa secara keseluruhan kandungan vitamin dari buah beku sebanding dan kadang-kadang lebih tinggi daripada yang segar,” tutur Rachel kepada Suara.com, ditulis Rabu (17/7/2024).

Kandungan Nutrisi Sayuran

Baca Juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Perbedaan Nutrisi Daging Domba dan Kambing

Namun, berbeda dengan sayuran, terutama yang kaya akan vitamin A seperti beta-karoten. Rachel menjelaskan bahwa kandungan vitamin A lebih tinggi dalam sayuran segar dibandingkan dengan sayuran beku.

“Untuk sayuran, beberapa nutrisi seperti beta-karoten (vitamin A) lebih tinggi dalam kondisi segar dibandingkan dengan beku,” tambahnya.

Pentingnya Mengonsumsi Buah Musim

Rachel juga menekankan bahwa nutrisi dalam buah mencapai puncaknya setelah dipetik. Oleh karena itu, sangat baik untuk mengonsumsi buah-buahan yang sedang musim. Namun, perlu diperhatikan bahwa buah yang mengalami freezer burn atau melewati proses pemanasan dan pengeringan bisa kehilangan sebagian kandungan vitaminnya. Meski demikian, manfaat dari buah tersebut tetap ada.

Rachel menegaskan bahwa baik buah segar maupun beku sama-sama bermanfaat bagi kesehatan. Tidak perlu khawatir dalam memilih antara buah segar atau beku, karena keduanya memberikan nutrisi yang baik.

Baca Juga: Ibu Wajib Tahu, Ini Rekomendasi Terbaik Pemberian ASI

Untuk mendapatkan manfaat optimal dari smoothies, pertimbangkan untuk menggunakan buah-buahan yang sedang musim dan pastikan sayuran yang digunakan masih segar. Kombinasikan berbagai jenis buah dan sayur untuk mendapatkan variasi nutrisi yang lengkap.

Dengan demikian, tidak hanya mendapatkan minuman yang lezat dan menyegarkan, tetapi juga kaya akan nutrisi penting untuk mendukung gaya hidup sehat.

Jika kamu ingin menu ringan untuk diet yang enak dan sehat, bisa mencoba resep kombinasi smoothies ini. (Freepik.com/fabrikasimf) kombinasi smoothies. (Freepik.com/fabrikasimf)

Ragam Manfaat Smoothies

Smoothies bisa menawarkan berbagai macam manfaat kesehatan jika dibuat dengan bahan-bahan yang tepat. Berikut beberapa keuntungan utama dari smoothies yang sehat:

Peningkatan Asupan Nutrisi:

Smoothies adalah cara yang mudah dan lezat untuk memasukkan lebih banyak buah dan sayuran ke dalam diet Anda. Buah dan sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang dibutuhkan tubuh Anda untuk berfungsi dengan baik.

Pencernaan Sehat:

Banyak smoothies mengandung bahan-bahan tinggi serat, seperti buah-buahan, sayuran berdaun hijau, dan biji chia. Serat membantu pencernaan berjalan lancar dan dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama.

Peningkatan Energi:

Smoothies yang mengandung buah-buahan, sayuran, dan protein dapat memberi Anda dorongan energi yang sehat dan berkelanjutan. Ini karena bahan-bahan tersebut menyediakan karbohidrat kompleks, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan tubuh Anda untuk menghasilkan energi.

Kontrol Berat Badan:

Smoothies yang terbuat dari bahan-bahan rendah kalori dan tinggi serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk ngemil. Ini dapat berguna untuk mengontrol berat badan atau menurunkan berat badan.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #bikin #smoothies #dari #buah #sayur #beku #nutrisinya #sama #nggak #dengan #yang #segar

KOMENTAR