Bak Langit dan Bumi, Beda Biaya Kuliah Zahwa Massaid vs Aaliyah Massaid
Potret Zahwa Massaid dan Aaliyah Massaid. [Instagram/@aaliyah.massaid]
16:16
16 Juli 2024

Bak Langit dan Bumi, Beda Biaya Kuliah Zahwa Massaid vs Aaliyah Massaid

Zahwa Massaid dan sang adik, Aaliyah Massaid menempuh perjalanan hidup yang berbeda. Sebagai seorang kakak, Zahwa memilih untuk merantau ke Negeri Paman Sam demi bisa kuliah di salah satu kampus fashion design di New York, Amerika Serikat.

Sementara itu, Aaliyah Massaid sebagai seorang adik memilih untuk menetap di Tanah Air dan mengenyam pendidikan di kampus lokal.

Usut punya usut, biaya kuliah Zahwa di kota 'Apel Besar' tersebut membuat para fans syok. Alhasil, tak mengherankan jika Aaliyah memilih untuk kuliah di Indonesia.

Lantas, seperti apa perbedaan biaya kuliah kedua putri mendiang Adjie Massaid itu?

Baca Juga: Gaya Busananya Dikuliti Zahwa Massaid, Angelina Sondakh sampai Istighfar: Aduh...

Zahwa Massaid harus bayar jutaan Rupiah buat kuliah

Potret Zahwa Massaid (Instagram)Potret Zahwa Massaid (Instagram)

Diketahui, putri sulung mendiang Adjie Massaid dan Reza Artamevia tersebut berkuliah di Fashion Institute of Technology (FIT), New York.

Berdasarkan informasi yang tertera di laman resmi, FIT mematok biaya kuliah program associate USD 7.935 per semester, atau kurang lebih setara Rp129,19 juta menyesuaikan kurs terkini.

Sedangkan untuk program Baccalaureate dipatok dengan biaya USD 10.846 per semester alias 176,6 juta jika dikonversikan dalam mata uang Rupiah.

Zahwa Massaid memilih program Diploma di bidang Fashion Business Management yang setara dengan D3 di Indonesia. Kekinian, Zahwa diketahui telah mengambil program untuk bisa mencapai jenjang sarjana.

“Aku udah punya, kalau di sini apa ya namanya? D3 ya? Terus sekarang aku lanjut satu tahun lagi buat S1 aku,”  papar Zahwa, dikutip Selasa (16/7/2024).

Baca Juga: Fitting Kebaya untuk Pernikahan Aaliyah Massaid, Zahwa Massaid Curi Perhatian: Kirain Tadi Ibre

Zahwa Massaid diketahui sebagai sosok yang berprestasi. Ia berhasil memperoleh Indeks Prestasi Kumulatif alias IPK sebesar 3,9. Bahkan, perempuan kelahiran 19 November 2020 itu tak kuasa menahan sedih jika nilainya turun sebesar 0,3. 

“Mom tahu enggak Zahwa tuh kalau IPK-nya 3,8 dia nangis, IPK-nya dia itu selalu 3,9 ke atas,” curhat Aaliyah soal kakaknya ke Angelina Sondakh.

Biaya kuliah Aaliyah Massaid, kalah jauh dari sang kakak

Aaliyah Massaid kenakan dress hitam. (Instagram/@aaliyahmassaid)Aaliyah Massaid kenakan dress hitam. (Instagram/@aaliyahmassaid)

Berbeda dari sang kakak, Aaliyah Massaid memilih untuk kuliah di Universitas Katolik Atmajaya Jakarta dengan jurusan psikologi.

Kendati menekuni bidang keilmuan psikologi, Aaliyah Massaid belum menunjukkan ketertarikan menjadi psikolog. Alih-alih, ia memilih untuk menjadi seorang selebriti.

Kala masih kuliah di Atmajaya, Aaliyah Massaid harus membayar SPP sebesar Rp45 juta. Ia juga dibebankan biaya kuliah per semester sebesar Rp21,9 juta.

Biaya kuliah Aaliyah tersebut masih kalah jauh dengan sang kakak yang harus membayar ratusan Dollar atau ratusan juta Rupiah demi bisa duduk di kelas menerima ilmu.

Kontributor : Armand Ilham

Editor: Husna Rahmayunita

Tag:  #langit #bumi #beda #biaya #kuliah #zahwa #massaid #aaliyah #massaid

KOMENTAR