Mengenal Apa Itu Tes Usia Mental Anak dan 2 Cara Mudah Melakukannya
ilustrasi tes usia mental anak (freepik)
04:51
13 Juli 2024

Mengenal Apa Itu Tes Usia Mental Anak dan 2 Cara Mudah Melakukannya

Apa itu tes usia mental? Kuis psikologi yang satu ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui usia mental seseorang, termasuk anak-anak. Tes usia mental ini biasanya akan dilakukan dengan cara menjawab berbagai pertanyaan. 

Beberapa orang mengaku mendapatkan nilai usia mental yang jauh lebih tua dari usianya, tetapi tidak sedikit pula yang mendapatkan hasil lebih muda. Anda pasti penasaran ingin mencoba tes usia mental untuk diri sendiri dan anak Anda, bukan? 

Tes Usia Mental

Perlu dipahami, tes usia mental atau mental age test merupakan sebuah alat psikometrik atau pengukuran psikologis untuk mengetahui perkembangan mental seseorang. Tes usia mental ini pada umumnya akan melibatkan penilaian terhadap sikap, perilaku, dan kemampuan berpikir seseorang.

Baca Juga: Link Tes Spirit Animal Gratis, Ketahui Roh Hewan yang Melindungimu, Anjing atau Capung?

Mental age test sebetulnya pertama kali diperkenalkan oleh Alfred Binet pada awal abad ke-20 silam, dengan fokus mengukur kemampuan anak-anak dalam berpikir, memecahkan masalah, dan memahami konsep tertentu sesuai usianya.

Melalui tes ini, seseorang bisa saja memiliki usia mental yang berbeda dengan usia biologisnya. Sebagai contohnya, seseorang yang berusia 15 tahun mungkin memiliki usia mental hingga 20 tahun atau sebaliknya. 

Proses pengukuran usia mental akan melibatkan serangkaian pertanyaan yang telah didesain secara khusus untuk mengukur berbagai aspek kemampuan kognitif seseorang. Pertanyaan-pertanyaan akan diajukan dalam bentuk tertulis maupun lisan.

Kemudian, nilai yang didapat dari tes akan dibandingkan dengan nilai rata-rata individu sebaya. Jika anak Anda memiliki nilai setara dengan rata-rata, itu artinya anak Anda akan dianggap memiliki usia mental yang sesuai dengan usia sebenarnya. 

Cara Mudah Tes Usia Mental Anak

Baca Juga: Tes Usia Mental Online Gratis di A Real Me dan Edufund, Pakai 2 Metode Berbeda Hasilnya Akurat!

Ada beberapa situs website yang bisa digunakan untuk mengikuti tes usia mental, yaitu:

1. Arealme 

Tes usia mental yang dimainkan di Arealme ini bisa diakses secara gratis, baik itu melalui handphone, laptop, atau PC. Anda bisa langsung mengunjungi link Tes Usia Mental ini https://www.arealme.com/mental/id/.

Lalu, masukkan umur sesungguhnya di kolom yang tersedia. Setelah itu, silakan klik opsi “Mulai” dan jawablah setiap pertanyaan yang diberikan. Apabila pertanyaan sudah terjawab semua, maka Anda akan mendapatkan kesimpulan usia mental Anda. 

2. Smart Mind Center Consulting

Anda juga bisa mencoba tes usia mental dengan Smart Mind Center Consulting, yang merupakan sebuah lembaga yang bergerak di bidang layanan psikologi. Ada para pakar konseling hingga psikolog profesional yang bisa membantu mengatasi setiap keluhan yang Anda miliki. 

Silakan kunjungi situs website www.konsultasipsikiater.com/tesmmpi lalu baca panduan tes sebelum menjawab seluruh pertanyaan yang diberikan.

Pastikan Anda sudah mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai member di Smart Mind Center Consulting. Selanjutnya, Anda bisa mengikuti tes dan mengetahui hasilnya. 

Bagaimana, semakin tertarik untuk melakukan tes usia mental anak? 

Kontributor : Rishna Maulina Pratama

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #mengenal #usia #mental #anak #cara #mudah #melakukannya

KOMENTAR