Mama Dedeh Naik Haji 33 Kali, UAS Ceramah Nabi Muhammad Cuma Haji Sekali
Kolase Ustaz Abdul Somad (UAS) dan Mamah Dedeh (Instagram/ustadzabdulsomad_official/mamahdedeh_officialaccount)
10:27
12 Juli 2024

Mama Dedeh Naik Haji 33 Kali, UAS Ceramah Nabi Muhammad Cuma Haji Sekali

Mamah Dedeh baru-baru ini ikut mengomentari pernyataan Geni Faruk tentang Thariq Halilintar yang haji usia 2 bulan. Momen ini terjadi saat pendakwah kondang ini menghadiri acara tedak siten Azura, putri kedua Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah pada MInggu (7/7/2024).

Ketika berbincang santai, Atta dan Mamah Dedeh membahas soal ibadah haji. Ternyata, Mamah Dedeh baru saja pulang menunaikan ibadah haji tahun ini, sama seperti Atta dan Aurel. Percakapan ini terekam dalam video yang diunggah oleh akun TikTok Atta Halilintar.

“Oh Mamah Dedeh kemarin ke sana (ibadah haji di Tanah Suci) juga?" tanya Atta Halilintar seperti dikutip Suara.com dari akun TikTok Atta, Jumat (13/7/2024).

Mendapat pertanyaan demikian, Mamah Dedeh memberikan jawaban yang tak disangka-sangka. Ia mengatakan bahwa dirinya menjalankan ibadah haji setiap tahun, tepatnya sejak era 1970an.

Baca Juga: Mamah Dedeh Naik Haji 33 Kali, Hukum Haji Berkali-kali Ternyata Bisa Makruh

“Sudah 33 kali (menuaikan ibadah haji),” ucap Ustazah kondang itu.

Mendengar jawaban Mamah Dedeh, Atta terperangah. Ia takjub mendengar fakta Mamah Dedeh ibadah haji 33 kali. Apalagi, semua anak Mamah Dedeh ternyata juga telah menjalankan ibadah haji.

Atta sempat bertanya pada Mamah Dedeh apakah boleh menjalankan ibadah haji berkali-kali, sebab kuota haji dibatasi tiap tahunnya.

“Tapi memang haji boleh berkali-kali? Kalau ada (orang sering) bilang, ‘Naik haji jangan sering-sering karena itu ngambil jatah orang lain’, gimana?" tanya Atta penasaran.

Mamah Dedeh tidak sependapat dengan pernyataan itu. Menurutnya, semakin sering naik haji maka semakin baik. Mamah Dedeh juga mengaku rajinnya ibadah haji diimbangi dengan kebiasaan berbagi. Seperti memberangkatkan orang lain untuk ibadah umrah.

Baca Juga: Suara Thariq Halilintar Nyanyi Live Bareng Anak Diva di Luar Dugaan

“Berkali-kali (ibadah haji) boleh, tidak masalah. Semakin banyak semakin baik. Yang salah itu kalau kita berhaji, tetapi nggak mau berbagi. Nenek tuh, tiap bulan aja berangkatin umrah minimal empat orang," jelas Mamah Dedeh

Beda pendapat Mamah Dedeh dan UAS tentang haji berkali-kali

Ustaz Abdul Somad atau UAS (Instagram/ustadzabdulsomad_official)Ustaz Abdul Somad atau UAS (Instagram/ustadzabdulsomad_official)

Ternyata pendapat Mamah Dedeh mengenai haji berbeda dengan pandangan Ustaz Abdul Somad atau UAS. Dalam salah satu video ceramahnya yang beredar di YouTube, UAS menjelaskan mengenai hukum pergi haji berkali-kali.

Dalam ceramah itu, UAS mengatakan sebaiknya setiap umat muslim sekali saja pergi haji. Hal ini, lanjut UAS, sebagaimana dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

"Kalau kita lihat dalam perjalanan Nabi Muhammad haji hanya sekali (seumur hidup). Haji wada pertama dan penutup, Haji 10 Dzulhijjah, 11 12 tasyrik, meninggal 12 Rabiul Awal. Tak ada haji setelah itu," terang UAS.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #mama #dedeh #naik #haji #kali #ceramah #nabi #muhammad #cuma #haji #sekali

KOMENTAR