Jam Sholat Tahajud Paling Baik, Hati Tentram dan Doa Dikabulkan Allah SWT
Ilustrasi sholat (Freepik)
18:39
11 Juli 2024

Jam Sholat Tahajud Paling Baik, Hati Tentram dan Doa Dikabulkan Allah SWT

Sholat Tahajud merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan. Sebab, ibadah sholat malam yang dikerjakan selepas sholat Isya itu memiliki keutamaan yang tak sedikit.

Mengutip buku Dahsyatnya Tahajud, Subuh, & Dhuha oleh Adnan Tarsyah, pengerjaan sholat tahajud mulai dari setelah sholat Isya hingga terbitnya fajar. Salah satu syarat sholat tahajud adalah telah tidur lebih dahulu, meski hanya sesaat.

Dalil sholat tahajud tercantum dalam surah Al Isra ayat 79:

Artinya: "Pada sebagian malam lakukanlah sholat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji".

Baca Juga: Jangan Lewatkan Sholat Tahajud Sebelum Sahur, Ini 4 Keutamaan yang Dijanjikan Allah SWT

Nabi Muhammad SAW dalam haditsnya juga mengatakan: "Kerjakanlah sholat malam, karena sholat malam itu kebiasaan orang-orang yang shaleh sebelum kamu dahulu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, juga sebagai penebus pada segala kejahatan (dosa) mencegah dosa serta dapat menghindarkan penyakit dari badan". (HR Imam Tirmizi & Ahmad)

Lalu, kapan waktu terbaik mengerjaan sholat tahajud?

Waktu sholat tahajud yang paling baik digolongkan ke dalam tiga macam. Sholat tahajud sangat utama bisa dikerjakan sejak setelah Isya sampai pukul 22.00 WIB. Hal itu tertuang dalam buku Kajian Fikih dalam Bingkai Aswaja oleh Ahmad Hawassy.

Kemudian, waktu yang lebih utama melaksanakan sholat tahajud adalah sepertiga malam kedua, tepatnya pukul 22.00 sampai 01.00 WIB dini hari. Selanjutnya, waktu paling utama pengerjaan sholat tahajud yaitu pada sepertiga malam terakhir yang dimulai pukul 01.00 dini hari WIB sampai masuknya waktu sholat Subuh.

Rasulullah SAW bahkan mengerjakan sholat tahajud pada sepertiga malam terakhir sebagaimana diterangkan dalam hadits riwayat Abu Muslim yang bertanya pada Abu Dzar:

Baca Juga: Raih Keberkahan Allah, Ini Tata Cara Sholat Tahajud di Bulan Ramadan

"Pada waktu manakah yang lebih utama untuk kita mengerjakan sholat malam?"

Abu Dzar menjawab, "Aku telah bertanya kepada Rasulullah SAW sebagaimana engkau tanyakan kepadaku ini."

Nabi Muhammad SAW bersabda, "Perut malam yang masih tinggal adalah sepertiga malam yang terakhir. Sayang sedikit sekali orang yang melaksanakannya". (HR Ahmad)

Keutamaan Sholat Tahajud

1. Waktu yang Baik untuk Berdoa

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa pada sepertiga malam terakhir, Allah SWT akan turun ke langit dunia dan mengabulkan permintaan hamba-Nya. Rasulullah SAW bersabda:

Artinya: "Rabb kita turun ke langit dunia pada sepertiga malam yang akhir pada setiap malamnya. Kemudian berfirman, 'Orang yang berdoa kepadaKu akan Kukabulkan, orang yang meminta sesuatu kepadaKu akan kuberikan, orang yang meminta ampunan dariKu akan Kuampuni." (HR Bukhari dan Muslim)

2. Menentramkan Hati

Perasaan tenang pada jiwa, pikiran dan batin akan dapat dirasakan oleh orang-orang yang dirinya dekat dengan Allah SWT. Hal ini bisa didapatkan dengan cara mendekatkan diri melalui sholat tahajud.

Orang-orang yang tekun menjalani sholat tahajud niscaya akan diliputi aura kebahagiaan dan ketenangan. Kebahagiaan ini lantaran ia bisa merasakan bahwa dirinya sangat dekat dengan Allah SWT.

3. Jaminan Tempat Terpuji

Allah SWT menjanjikan siapapun yang mengerjakan sholat tahajud maka akan diangkat ke tempat terpuji dan mulia. Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam Al-Qur'an surat Al Isra ayat 79. Jaminan tempat terpuji adalah harapan dan keinginan setiap orang.

Editor: Riki Chandra

Tag:  #sholat #tahajud #paling #baik #hati #tentram #dikabulkan #allah

KOMENTAR