Biaya Kuliah Jalur Mandiri di UGM, UNDIP dan UNPAD
Mahasiswa UGM. [Hiskia/Suarajogja.id]
17:55
10 Juli 2024

Biaya Kuliah Jalur Mandiri di UGM, UNDIP dan UNPAD

Sejumlah perguruan tinggi negeri mulai menyelenggarakan seleksi mandiri setelah mengumumkan calon mahasiswa baru yang lolos melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Berikut adalah biaya kuliah jalur mandiri di UGM, Undip, dan Unpad.

Biaya Kuliah Jalur Mandiri UGM 2024

Besaran uang kuliah tunggal (UKT) jalur mandiri Universitas Gadjah Mada (UGM) tidak berbeda dengan jalur SNBP/ SNBT. Namun, perbedaan signifikan terdapat pada besaran Iuran Pengembangan Institusi (IPI) yang dibebankan hanya kepada calon mahasiswa yang lolos melalui jalur mandiri.

Besaran IPI adalah Rp30.000.000,00 (tiga puluh juta rupiah) untuk bidang ilmu sains, teknologi, dan kesehatan serta sebesar Rp20.000.000,00 (dua puluh juta rupiah) untuk bidang ilmu sosial dan humaniora, hanya dikenakan bagi mahasiswa yang memiliki kemampuan ekonomi baik atau yang tidak mendapatkan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Pendidikan Unggul Bersubsidi.

Baca Juga: Menakar Pertimbangan Parpol Kembali Calonkan Anies Baswedan Maju Pilkada Jakarta 2024

Mahasiswa UGM melaksanakan kegiatan pembelajaran memanfaatkan kemajuan teknologi. [Istimewa]Mahasiswa UGM melaksanakan kegiatan pembelajaran memanfaatkan kemajuan teknologi. [Istimewa]

Pembayaran IPI dapat dilakukan secara penuh dan bersamaan dengan dengan Uang Kuliah Tunggal Semester 1 (satu); atau pembayaran dapat diangsur sebanyak 2 (dua) kali pada semester 1 (satu) dan semester 2 (dua).

Sementara itu, besaran UKT di UGM tergantung pada jurusan yang akan diambil. Di UGM pengelompokan UKT dibagi ke dalam enam kelompok. Kelompok I dan II akan memperoleh subsidi 100 persen dengan nilai UKT Rp0.

Sisanya, semakin tinggi kelompok UKT semakin mahal pula biayanya. Sebagai contoh mahasiswa S-1 Kedokteran dengan UKT kelompok III harus membayar Rp6.175.000 per semester. Jumlahnya naik apabila mahasiswa masuk ke kelompok yang lebih tinggi. Sementara biaya UKT tertinggi ditanggung kelompok VI yakni Rp24.700.000.

Biaya Kuliah Jalur Mandiri Undip 2024

Universitas Diponegoro membuka Seleksi Bibit Unggul Berprestasi (SBUB) bagi mahasiswa baru 2024. SBUB Undip merupakan seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Undip dalam bentuk portofolio, praktek dan wawancara yang secara khusus diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki prestasi unggul di bidangnya. Jalur ini setara dengan seleksi mandiri di kampus – kampus lain.

Baca Juga: Biaya Kuliah Kedokteran di Indonesia Lebih dari Rp1 M, DPR: Masya Allah, Seharga Alphard!

Gedung Widya Puraya Rektorat Undip.(Suara.com/istimewa)Gedung Widya Puraya Rektorat Undip.(Suara.com/istimewa)

Sejauh ini panitia SBUB Undip tidak mengumumkan adanya uang pangkal atau uang tambahan bagi mahasiswa yang lolos. Itu artinya, besaran UKT untuk SNBP, SNBT, dan SBUB sama. Undip membagi UKT ke dalam delapan golongan. Makin tinggi golongan maka makin besar pula biayanya. Besaran UKT untuk golongan I semua jurusan adalah Rp500.000 dan golongan II Rp1 juta. Untuk golongan III – VIII besaran UKT tergantung pada jurusan.

Di Jurusan Kedokteran yang terkenal mahal UKT mulai golongan III berturut – turut adalah Rp5 juta, Rp10 juta, Rp14 juta, Rp18 juta, Rp20 juta, dan Rp22 juta.

Biaya Kuliah Jalur Mandiri Unpad 2024

Universitas Padjajaran mengumumkan UKT terpisah untuk calon mahasiswa yang lolos melalui jalur Seleksi Mandiri Universitas Padjajaran (SMUP). Di samping membayar UKT seluruh calon mahasiswa juga diwajibkan membayar iuran pengembangan institusi (IPI). Besarannya berbeda – beda tergantung jurusan yang dipilih.

Universitas Padjadjaran (Unpad) memiliki nilai skor UTBK jurusan Akuntansi tertinggi di Jabar.Universitas Padjadjaran (Unpad) memiliki nilai skor UTBK jurusan Akuntansi tertinggi di Jabar.

Jurusan Kedokteran sebagai representasi elite dan mahal mematok UKT Rp20,5 juta per semester. IPI-nya Rp195 juta dan hanya dibayarkan sekali. Informasi rincian mengenai UKT dan IPI dapat diakses melalui https://smup.unpad.ac.id/seleksi-mandiri-ujian-smup-2024/

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: M Nurhadi

Tag:  #biaya #kuliah #jalur #mandiri #undip #unpad

KOMENTAR