Jomplang Banget, Pendidikan Riza Patria Vs Marshel Widianto yang Dipasangkan di Pilkada Tangsel
Kolase Riza Patria dan Marshel Widianto. [Ist]
09:50
7 Juli 2024

Jomplang Banget, Pendidikan Riza Patria Vs Marshel Widianto yang Dipasangkan di Pilkada Tangsel

Ahmad Riza Patria dan Marshel Widianto resmi diusung Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Gerindra untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tangerang Selatan 2024. Kontestasi ini digelar pada November mendatang.

Keputusan itu disampaikan oleh Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad. Ia juga membenarkan beredarnya poster bergambar Riza-Marshel dengan tagline AM:PM yang memiliki makna 'Ariza Marshel Pasti Menang'.

"Gerindra akan mengusung pasangan Riza Patria-Marshel Widianto untuk Tangsel maju," ujar Dasco kepada wartawan, Sabtu (6/7/2024).

Menurutnya, alasan menduetkan Riza dan Marshel di Tangsel adalah untuk memenuhi harapan masyarakat yang menginginkan adanya kemajuan. Di sisi lain, latar pendidikan keduanya kini turut dibanding-bandingkan.

Baca Juga: Gerindra Usung Riza-Marshel, Bukti KIM di Pilwalkot Tangsel Deadlock

Pendidikan Riza Patria

Riza Patria mengenyam pendidikan dari SD hingga kuliah sarjana di Jakarta. Ia diketahui pernah bersekolah di SDN 08 Kedaung Kaliangke SMP Islam Al-Azhar Pusat, hingga SMA Islam Al-Azhar Pusat di Ibukota.

Setelah itu, Riza melanjutkan pendidikannya ke ISTN Jakarta pada tahun 1997 dengan jurusan Teknik Sipil. Ia kemudian mengambil program Master in Bussines Administration di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 2008.

Soal karier, pemilik nama lengkap Ahmad Riza Patria itu mengawalinya sebagai seorang wirausaha. Ia pernah menjabat Presiden Direktur di PT Gala Ariatama dan Kepala Perusahaan di Ray White Casablanca.

Selain itu, Riza Patria juga pernah menjabat sebagai Komisaris PT. Indoproperti Galaraytama pada tahun 2001. Di ranah politik, ia memulainya dengan menjadi Ketua DPP KNPI untuk periode tahun 1999-2005.

Baca Juga: Kecocokan Bobby Nasution dan Nagita Slavina Berdasarkan Zodiak, Cocok Jadi Duet Pemimpin?

Riza pun dipercaya menjadi pengurus Kadin Indonesia dan pengurus BPD HIPMI Jaya pada tahun 2001-2003. Lalu, pada tahun 2008, dirinya menjabat sebagai Ketua DPP Partai Gerindra.

Tak cukup sampai di situ, Riza Patria maju sebagai calon wakil gubernur DKI Jakarta dalam rapat paripurna di gedung DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020). Berdasarkan hasil perhitungan suara, ia berhasil menang.

Riza pun resmi menggantikan Sandiaga Uno untuk mendampingi Anies Baswedan memimpin Jakarta. Adapun jabatannya sebagai wakil gubernur DKI Jakarta sudah berakhir sejak 16 Oktober 2022 silam.

Saat ini, Riza Patria dipercaya menjabat sebagai Ketua MPR RI dari fraksi Gerindra dan Komisi V DPR RI untuk periode 2019-2024. Sebelumnya, ia pernah menjadi salah satu anggota Komisi II DPR RI periode 2014-2019.

Pendidikan Marshel Widianto

Sementara itu, Marshel Widianto sempat menempuh pendidikan di SMK Negeri 48. Namun, belum diketahui apakah ia melanjutkan pendidikannya ke jenjang perguruan tinggi atau tidak.

Soal karier, ketika masih berusia sekitar 5-6 tahun, Marshel berulang kali dimintai tolong oleh kenalannya untuk mengantarkan paket yang ia kira bedak. Tanpa rasa curiga, dirinya pun menyanggupi permintaan tersebut.

Begitu selesai menjalankan tugasnya, Marshel diberi mainan mobil tamiya yang tergolong mahal kala itu. Sampai usia 13 tahun, ia mengaku tidak mengetahui bahwa paket yang selama ini ia antarkan adalah narkoba.

Bukan hanya menjadi kurir sabu, Marshel melalui kanal Youtube milik Hesty Purwadinata, juga membagikan pekerjaan lainnya. Ia pernah menjadi penjual minyak angin palsu hingga masuk penjara.

Aksinya itu terbongkar oleh seorang pembeli yang merasa minyak angin Marshel tidak sepanas minyak angin pada umumnya Setelah dilperiksa, terbukti bahwa minyak angin yang dijual Marshel Widianto adalah barang palsu. 

Akibat permasalahan itu juga dirinya sempat dilaporkan ke pihak berwajib. Dampaknya, ia terpaksa harus mendekam di penjara selama beberapa hari.

Di sisi lain, Marshel juga kerap berprofesi sebagai mata elang. Saat diwawancarai oleh Gofar Hilman, ia menceritakan pengalaman tersebut. Ia ditugaskan untuk mengawasi jalan raya di sekitar wilayah Tanjung Priuk.

Penugasannya untuk memeriksa sejumlah kendaraan bermotor yang dicurigai menunggak kewajiban kredit. Jika berhasil menemukan targetnya, Marshel mengajak pihak terkait ke kantor leasing.

Selain itu, Marshel Widianto juga mengaku pernah beberapa kali menjadi penonton bayaran di berbagai stasiun televisi. Dari pekerjaan ini, ia mengatakan seringkali diberikan upah sekitar Rp 19 ribu setiap hari.

Dalam podcast Deddy Corbuzier, Marshel juga menyatakan dirinya menjadi tukang ojek khusus. Ia mengantar jemput para pekerja seks komersial (PSK) atau yang kerap ia sebut sebagai anjelo.

Melalui pekerjaan itu, Marshel mengaku dibayar Rp50 ribu hingga Rp100 ribu untuk sekali jalan. Terkait dirinya bisa menjadi komika, ia memulainya dengan mengikuti audisi Stand Up Comedy Academy (SUCA) 3. 

Meski gagal menjadi juara, banyak orang yang melihat potensi Marshel sebagai komika besar. Seiring berjalannya waktu, ia pun diundang untuk mengisi berbagai acara, mulai dari acara kecil hingga di stasiun televisi.

Selain itu, Marshel berpartisipasi dalam berbagai film, seperti Laundry Show (2019) hingga Cek Toko Sebelah The Series 2 (2019). Bukan hanya itu, ia bahkan dipercaya menjadi salah satu brand ambassador (BA) MS Glow.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #jomplang #banget #pendidikan #riza #patria #marshel #widianto #yang #dipasangkan #pilkada #tangsel

KOMENTAR