Apa Itu Weton Balungan Wangi? Ini Ciri-Ciri dan Karakternya
apa itu weton balungan wangi, ciri-ciri dan karakternya (Freepik)
07:24
7 Juli 2024

Apa Itu Weton Balungan Wangi? Ini Ciri-Ciri dan Karakternya

Jelang malam 1 Suro, Weton balungan wangi sedang ramai jadi perbincangan masyarakat Jawa. Lantas, apa itu weton balungan wangi, ciri-ciri dan karakternya? Nah untuk selengkapnya, berikut ini penjelasannya.

Diketahui, weton merupakan kata dalam bahasa Jawa yang berkaitan dengan hari kelahiran. Dalam budaya masyarakat Jawa, weton ini dihitung berdasar dua hal yakni hari dalam seminggu dan pasaran (Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon).

Berdasarkan hari dan pasarannya, weton ini terbagi menjadi beberapa nama. Salah satunya yaitu weton balungan wangi. Kira-kira apa itu weton balungan wangi, ciri-ciri dan karakternya? Nah untuk lebih jelasnya, simak ulasannya berikut ini yang dilansir dari berbagai sumber.

Apa Itu Weton Balungan Wangi

Weton balungan wangi ini identik dengan malam 1 Suro atau 1 Muharram.  Adapun tahun ini malam 1 Suro atau 1 Muharram 1446 H bertepatan dengan hari Minggu tanggal 7 Juli 2024. Weton ini pun saat ini sedang jadi topik hangat masyarakat Jawa.

Baca Juga: 11 Daftar Weton Tulang Wangi dan Hubungan dengan Satu Suro

Jadi,  weton balungan wangi atau weton tulang wangi ini merupaka dengan aura yang wangi dan secara alami mampu menarik perhatian atau disukai makhluk gaib. Weton ini juga dianggap special karena dianggap memiliki kemampuan special.

Weton balungan wangi ini adalah bawaan lahir warisan dari leluhurnya. Menurut orang Jawa, orang dengan weton ini adalah orang sakti.  Ia dipercaya memiliki indra keenam yang mana mampu melihat hal-hal supranatural.

Ciri-ciri dan Karaker Weton Balungan Wangi

Berdasarkan keyakninan masyarakat Jawa, seseorang dengan weton balungan wangi ini memiliki ciri-ciri dan karakter khusus. Orang dengan  weton balungan wangi ini dipercaya memiliki keberuntungan dan kemakmuran dalam hidupnya.

Selain itu, orang dengan weton ini juga memiliki aura positif yang begitu terang dan peka akan hal-hal gaib. Seseorang yang lahir dengan weton balungan wangi ini juga dipercaya mampu melihat, merasakan, hal-hal gaib.

Berdasarkar kepercayaan masyarakt Jawa, setidaknya terdapat 11 weton yang  mempunyai karakter balungan wangi. Adapun daftar 11 Weton Balungan Wangi yakni sebagai berikut:

Baca Juga: Cek Wetonmu! Apakah Kamu Termasuk Pemilik 11 Weton yang Dilarang Keluar di Malam 1 Suro?

- Senin Kliwon
- Senin Wage
- Senin Pahing
- Selasa Legi
- Rabu Kliwon
- Rabu Pahing
- Kamis Wage
- Sabtu Wage
- Sabtu Legi
- Minggu Pon
- Minggu Kliwon

Demikian penjelasan mengenai apa itu weton balungan wangi, ciri-ciri dan karakternya yang menarik untuk diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #weton #balungan #wangi #ciri #ciri #karakternya

KOMENTAR