UAS Bahas Hukum Naik Haji saat Belum Akil Balig, Publik Sentil Thariq Halilintar
Ustaz Abdul Somad di Masjid Agung Annur Pekanbaru, Jumat (10/11/2023) malam. [Dok Humas Pemprov Riau]
15:58
4 Juli 2024

UAS Bahas Hukum Naik Haji saat Belum Akil Balig, Publik Sentil Thariq Halilintar

Ustaz Abdul Somad (UAS) turut memberikan penjelasan mengenai hukum anak kecil yang belum akil balig menunaikan haji bersama orang tua. Hal ini disampaikan UAS melalui unggahan di Instagram.

Melansir dari akun Instagram-nya @/ustadzabdulsomad_official pada Kamis (4/7/2024), UAS tampak mengutip sebuah penjelasan dari Dar al-Ifta’ al-Mishriyah atau Lembaga Fatwa Mesir.

"Pertanyaan: Saya telah melaksanakan ibadah haji bersama orang tua saya, saat itu saya masih kecil, belum aqil baligh. Apakah ibadah haji saya sah? Apakah telah gugur kewajiban melaksanakan ibadah haji bagi diri saya?"

Lembaga Fatwa Mesir itu menjelaskan apabila hukum anak yang belum akil balig menunaikan ibadah haji bersama orang tua itu sah-sah saja. Anak maupun orang tua tetap akan mendapatkan pahala.

Baca Juga: Asal-usul Thariq Halilintar Disebut Prince of Brunei, Kini Gercep Lamar Aaliyah Massaid Keturunan Ningrat

Akan tetapi, anak tersebut tetap memiliki kewajiban untuk haji saat sudah akil balig. Hal ini disebabkan karena salah satu syarat wajib beribadah haji adalah sudah akil balig.

"Jawaban: Ibadah haji yang telah Anda laksanakan bersama orang tua saat masih kecil sah, dapat pahala, orang tua Anda juga diberi balasan pahala,"

"Tapi tidak gugur kewajiban waji haji bagi Anda setelah aqil baligh, karena haji yang telah Anda laksanakan adalah haji sunnat. Anda wajib melaksanakan ibadah haji lagi setelah aqil baligh."

Unggahan UAS ini sontak menyita perhatian warganet. Banyak warganet yang langsung menyinggung Thariq Halilintar di kolom komentar unggahan pendakwah kondang tersebut.

Sebagai informasi, warganet kini sedang ramai menggunjing cerita Geni Faruk soal Thariq Halilintar yang sudah berhaji saat usia 2 bulan.

Baca Juga: Thariq Halilintar Ngaku Dapat Banyak Halangan Jelang Menikah, Buya Yahya Pernah Bilang Ini Agar Hati Tetap Yakin

Cerita tersebut dibeberkan Geni Faruk di tengah-tengah acara lamaran Thariq Halilintar dan Aaliyah Massaid yang digelar pada 30 Juni 2024 lalu.

"Oh haji yang 2 bulan itu berarti harus haji la ya ustaz," ujar warganet.

"Berarti belum bisa dipanggil Haji Thariq," timpal warganet.

"Ooo inilah jawaban atas pertanyaan yang ramai itu," imbuh warganet.

"Bagi yang masih suka bilang haji umur 2 bulan, ngaji sini," komentar warganet lainnya lagi.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #bahas #hukum #naik #haji #saat #belum #akil #balig #publik #sentil #thariq #halilintar

KOMENTAR