5 Ide Liburan Seru Bareng Anak Lengkap dengan Rekomendasi OOTD Biar Tetap Kece
Ilustrasi liburan keluarga (Pexels/Sergey Makashin)
16:16
30 Juni 2024

5 Ide Liburan Seru Bareng Anak Lengkap dengan Rekomendasi OOTD Biar Tetap Kece

Liburan sekolah biasa jadi momen paling ditunggu oleh anak-anak karena dengan begitu mereka bisa punya banyak waktu bermain. Orang tua juga bisa manfaatkan waktu libur sekolah sebagai momen bonding bersama anak dengan berbagai petualangan seru, seperti berkunjung ke pedesaan, pegunungan, bermain pasir di pantai, atau sekadar menikmati keseruan di dalam kota.

Ada banyak ide aktivitas liburan yang bisa dilakukan bersama keluarga, terlebih pada waktu liburan sekolah. Ada banyak destinasi dan aktivitas yang menarik juga untuk dinikmati anak dari segala usia. Tentunya kegiatan yang seru akan menjadikan liburan semakin berkesan dan menambah semangat sebelum kembali ke sekolah nanti.

Bila belum ada ide dalam mengisi waktu libur sekolah anak, berikut rekomendasi lima aktivitas seru selama liburan untuk anak yang bisa dinikmati bersama keluarga. Sekaligus rekomendasi pakaian dari Uniqlo yang bisa mendukung untuk kegiatan anak selama liburan

1. Eksplorasi seru wisata indoor

Baca Juga: Cuma Bawa 2 Tas Mewah, Segini Harga Koleksi Branded BCL saat Liburan di Italia

Pengunjung melihat pertunjukan video mapping wonderspace imersif di Stasiun MRT Bundaran HI,  Jakarta, Senin (3/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pengunjung melihat pertunjukan video mapping wonderspace imersif di Stasiun MRT Bundaran HI,  Jakarta, Senin (3/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

Liburan dengan mengeksplorasi temlat wisata dalam ruangan bisa dengan pergi ke museum. Selain mendapatkan edukasi, anak juga memiliki pengalaman baru dengan berjelajah di museum sambil menyimak kisah bersejarah dan seni. Anak-anak juga bisa belajar sambil bermain di museum yang penuh dengan wahana edukatif dan menyenangkan.

Di Jakarta, bisa ajak anak-anak berkunjung ke Museum Bank Indonesia yang memberikan informasi secara interaktif dengan teknologi yang canggih. Tak hanya itu, ada pula museum yang memiliki area art untuk anak-anak, misalnya di Museum Macan. Khusus di momen liburan ini juga, tersedia tempat-tempat yang menampilkan pameran seni video mapping gratis yang pasti disuka anak-anak, seperti Wonderspace di Stasiun MRT Bundaran HI, Emotion’s Haven di Pacific Place Mall, Summer 2024 di Plaza Senayan. 

Kegiatan lain yang bisa menambah wawasan anak yaitu mengikuti kelas kreatif. Berbagai program bisa dipilih, seperti cooking class, art class, kelas teater anak, dan sebagainya. Umumnya kelas-kelas ini berdurasi satu hari. Di sini anak bisa bermain sambil belajar keterampilan baru, berkenalan dengan teman baru, dan tentunya pengalaman unik yang bisa ia bagikan. Di sela-sela liburan, si kecil juga bisa hangout dengan sahabatnya, bermain bersama sambil berbincang santai sembari menghabiskan waktu liburan yang menyenangkan.

Untuk aktivitas indoor yang membuat anak banyak bergerak, pilih pakaian dengan bahan katun yang ringan seperti koleksi Uniqlo AIRism Katun T-Shirt. 

2. Aktivitas outdoor dalam kota

Baca Juga: Sesama Mantan Anggota DPR, Adu Gaya Angelina Sondakh vs Krisdayanti: Siapa Lebih Kece?

Hari yang cerah jadi waktu yang tepat untuk rekreasi bersama ke destinasi outdoor. Ada banyak pilihan aktivitas yang bisa dipilih, seperti pergi ke taman untuk jalan santai dan piknik, ke kebun binatang, atau pergi ke theme park. Kegiatan ini menjadi momen yang menyenangkan agar anak bisa berinteraksi dengan alam, serta melepaskan energi dengan bebas usai rutinitas sekolah.

Berbagai kegiatan yang menyehatkan juga bisa dilakukan di taman kota, mulai dari bermain badminton, bermain bola, hingga sekadar berlarian di hamparan rerumputan yang hijau. Mengajak anal berkunjung ke kebun binatang juga menjadi pengalaman liburan yang berkesan, melihat pola tingkah binatang yang menggemaskan sambil belajar mengenal kehidupan satwa.

Untuk pengalaman yang lebih seru dan menantang dengan berbagai wahana dan atraksi menarik, berkunjunglah ke theme park terdekat. Biasanya di momentum liburan, banyak dihadirkan atraksi dan pertunjukan spesial yang menarik perhatian anak, seperti World of Wonder Theme Park Citra Raya Tangerang, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jungleland Sentul, Dunia Fantasi (DUFAN), atau Jatim Park jika moms iingin mencoba suasana theme park di luar kota. 

Dalam aktivitas kegiatan outdoor, siapkan pakaian yang nyaman untuk menunjang keleluasaan bergerak. Jangan lupa untuk memilih bahan pakaian yang adem dan menyerap keringat, seperti adanan AIRism Katun T-shirt dengan Celana Kargo Parasut.

3. Petualangan glamping di pegunungan

Ajak anak merasakan pengalaman berkemah yang unik dan menyenangkan dengan glamping di tengah indahnya alam pegunungan. Anak bisa belajar dan berinteraksi langsung sambil menikmati keindahan alam, menikmati langit malam yang bertabur bintang, hingga mendengarkan berbagai bunyi-bunyian merdu serangga di malam hari. Beberapa tempat rekomendasi untuk dikunjungi diantaranya Olivehill Bogor, La Pico Sentul, D‘Mangku Farm Banten. 

Cuaca di pegunungan memiliki suhu yang lebih rendah, agar anak selalu dalam kondisi hangat, bawalah jaket yang dapat membantu menghangatkan tubuh agar anak tetap nyaman berkegiatan. 

4. Nikmati kehangatan sinar matahari di tepi pantai

Rasakan keseruan bermain pasir dan ombak di pantai yang indah. Biarkan anak merasakan sensasi butiran pasir di antara jari-jari kaki mereka sambil membangun istana pasir yang megah. Ajak mereka berenang di laut atau bermain air di tepi pantai. Liburan ke pantai dapat menjadi destinasi yang cocok untuk seluruh anggota keluarga.

Berkegiatan di bawah sinar matahari dalam waktu yang cukup lama memerlukan perhatian khusus, terutama untuk anak. Radiasi sinar UV berlebih bisa berdampak pada kesehatan kulit anak. Karena itu, siapkan pakaian yang tepat dan dapat memberi perlindungan untuk kulit, contohnya dengan menggunakan outer terutama yang bisa menghalau sinar UV. Bisa pilih outer dengan dilengkapi UPF rating, yaitu yang sudah terbukti memiliki teknologi yang dapat melindungi kulit dari bahaya terik matahari. 

5. Jelajah asyik dan nikmati suasana alam pedesaan

Anal bisa merasakan keindahan alam pedesaan yang menenangkan. Pengalaman berlarian di area persawahan yang hijau dan pegunungan rindang, belajar memberi makan hewan ternak, atau belajar bercocok tanam akan menjadi aktivitas liburan yang berkesan. Anak bisa melihat langsung pola kehidupan yang berbeda dari perkotaan, merasakan sejuknya mata air pegunungan, juga mencoba makanan khas di daerah tersebut.

Untuk mendukung aktivitasnya, pilih pakaian yang nyaman dan menyerap keringat, Kaos Polo Dry Pique atau AIRism Katun T-shirt Grafis yang memiliki banyak pilihan gambar yang disukai anak. Padukan dengan Celana Pendek Dry Ultra Stretch dan sepatu atau sandal yang nyaman untuk menemani anak berjalan-jalan menyusuri jalan setapak persawahan. 

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #liburan #seru #bareng #anak #lengkap #dengan #rekomendasi #ootd #biar #tetap #kece

KOMENTAR