Jangan Salah Pilih! Ini Perbedaan Eau de Parfum, Eau de Toilette, dan Body Mist
Ilustrasi parfum. (Pexels)
15:40
27 Juni 2024

Jangan Salah Pilih! Ini Perbedaan Eau de Parfum, Eau de Toilette, dan Body Mist

Kian ke mari ada beragam jenis parfum yang tidak jarang membuat masyarakat bingung. Kira-kira apa ya bedanya eau de toilette (EDT), eau de parfum (EDP) dan body mist?

Founder sekaligus CEO Careso, Joseph Sebastian menjelaskan ketiga produk wewangian itu memiliki perbedaan dari sisi kandungan fragrance atau jumlah kadar pewangi. Dibanding eau de toilette, jenis eau de parfum memiliki jumlah pelangi yang lebih banyak. Itulah mengapa, eau de parfum cenderung punya aroma yang lebih tahan lama.

"Tentunya eau de parfum itu adalah parfum yang konsentrasi fragrancenya lebih besar dari eau de toilette ataupun the body fragrance (body mist). Tapi kalau untuk EDP sama EDT tu bedanya hanya di konsentrasinya aja, dimana EDP dipakai secara dengan wewangiannya lebih kencang," ujar Joseph dalam acara Bincang Shopee di Jakarta beberapa waktu lalu.

Ilustrasi Parfum (Freepik/user33769719)Ilustrasi Parfum (Freepik/user33769719)

Josep yang juga sebagai produsen produk perawatan tubuh seperti parfum maupun body mist, menjelaskan aroma wewangian pada eau de toilette cenderung lebih light alias kuat dibanding eau de parfum.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Varian Laux Perfume yang Sempurna untuk Setiap Momen

Kedua jenis wewangian ini umumnya disemprotkan ke pakaian, maka akan sangat berbeda dengan body mist yang disemprotkan langsung ke kulit.

"Tapi kalau untuk body fragrqnce itu sedikit berbeda dengan kedua produk ini, karena mereka bisa dipakai langsung ke badan. Dimana kalau misalnya dicampur dengan keringat sendiri atau kulit badan sendiri, itu baunya makin keluar dan formulasinya juga berbeda dengan kedua ini," papar Joseph.

Joseph juga mengakui banyak orang kerap menggabungkan pemakaian body mist dengan parfum, tapi ia menyarankan untuk memahami lebih dulu wewangian yang dimilikinya. Contohnya Joseph tidak menyarankan body mist dengan parfum sesama aroma light, karena bisa sangat menyengat dan cenderung berlawanan.

"Kalau untuk wewangiannya dari saya, saya tidak mencampurkan parfum yang light dengan yang heavy, karena bawaanya akan bentrok, saya akan lebih pilih light tapi dengan variasi berbeda," paparnya.

"Tapi kalau misalnya light saya nggak rekomendasi untuk dicampur lagi, karena baunya sudah sangat dominan dan cukup menyengat," pungkas Joseph.

Baca Juga: Terinspirasi dari Mode, Brand Parfum Lokal Ini Hadirkan Koleksi Terbaru

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #jangan #salah #pilih #perbedaan #parfum #toilette #body #mist

KOMENTAR