Chef Profesional Ungkap Kesalahan Umum Menyimpan Sayur di Kulkas, Yang Benar Gimana?
Ilustrasi menyimpan sayur di kulkas. (Shutterstock)
19:24
26 Juni 2024

Chef Profesional Ungkap Kesalahan Umum Menyimpan Sayur di Kulkas, Yang Benar Gimana?

Cara menyimpan sayur di kulkas atau lemari pendingin kerap jadi kegiatan yang menantang alias tricky. Ini karena jika salah berisiko membuat sayur cepat layu bahkan membusuk. Lantas gimana cara yang tepat?

Executive Chef Amuz Restaurant, Chef Gilles Marx mengatakan sayur dari hasil berbelanja di supermarket umumnya terbungkus plastik. Namun sesaat setelah sampai rumah sebaiknya segera keluarkan dari plastik, karena akan menambah kelembapan.

Chef Gilles menyarankan menggunakan spons yang sedikit dibasahi, yang bermanfaat memberikan kelembapan pada sayur tapi tidak berlebihan.

Ilustrasi menyimpan sayur di kulkas. (pexels/yaroslav shuraev)Ilustrasi menyimpan sayur di kulkas. (pexels/yaroslav shuraev)

"Taruh sayur di dalam chiller yang biasanya Anda simpan di laci paling bawah, keluarkan dari plastik. Anda bisa menaruh spons kecil yang diberi sedikit air, jadi ada sedikit kelembapan tapi tidak terlalu banyak," ujar Chef Gilles dalam acara Taste and Create with Australia 2024 di Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Cara Menyimpan Daging Kurban di Kulkas Agar Awet, Jangan Biarkan Mubazir

Meski cara ini terbukti ampuh, namun Chef Gilles tidak menyarankan simpan sayur lebih dari seminggu di dalam lemari pendingin, karena sayur atau buah tetap beresiko rusak.

"Jika tidak, sayuran akan rusak seiring berjalannya waktu, jadi lebih segar lebih baik, lebih segar lebih banyak vitamin," paparnya.

Alih-alih membeli sayur beberapa minggu sekali, Chef Gilles justru menyarankan untuk belanja buah dan sayur setiap 3 hari hingga 5 hari sekali, tujuannya memastikan sayuran dan buah yang disantap tetap segar serta baik untuk tubuh.

"Ketika Anda membeli selama 2 minggu sayuran itu tidak baik. Supermarket umumnya akan memperbaharui produk sayurannya segarnya 2 kali seminggu, jadi tidak perlu khawatir," jelas Chef Gilles.

Sehingga berdasarkan fakta tersebut, kata Chef Gilles paling tidak jika seseorang enggan terlalu sering berbelanja, minimal memperbaharui stok sayuran atau buah di dalam rumahnya seminggu sekali.

Baca Juga: Mau Daging Kurban Awet Berbulan-bulan? Begini Cara Menyimpan dan Mencairkannya dari Kulkas, Bye Bakteri!

"Lebih baik Anda pergi dan membeli 2 kali seminggu atau paling tidak minimal 1 kali seminggu," pungkasnya. 

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #chef #profesional #ungkap #kesalahan #umum #menyimpan #sayur #kulkas #yang #benar #gimana

KOMENTAR