Uang Pas-pasan Tetap Bisa Belanja Puas di PRJ, Begini Caranya!
Pengunjung mencoba wahana permainan di area Jakarta Fair 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
19:24
21 Juni 2024

Uang Pas-pasan Tetap Bisa Belanja Puas di PRJ, Begini Caranya!

Jakarta tahun ini akan berulang tahun ke-497 pada 22 Juni 2024. Berbagai kegiatan telah dipersiapkan untuk memeriahkan momen spesial ini, salah satu yang sudah menjadi tradisi tahunan ialah Pekan Raya Jakarta (PRJ). Banyak kegiatan seru masih diselenggarakan di sana, mulai dari pameran produk keren, pertunjukan seni budaya, sampai konser musik.

Berbagai promo menarik biasanya akan ditawarkan oleh banyak produk di PRJ. Tetapi jangan sampai kalap juga hingga habiskan sisa uang bulan ini. Agar tidak boncos lantaran masih tanggal tua, bisa iikuti tips hemat dari BCA berikut ini sebelum datang ke PRJ.

Pengunjung memadati area Jakarta Fair 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pengunjung memadati area Jakarta Fair 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

1. Cek Situs dan Riset Harga

Sebelum berangkat, sempatkan cek situs PRJ untuk melihat daftar tenant dan ragam produk yang ditawarkan. Informasi ini berguna untuk mengidentifikasi tenant yang menjual produk-produk incaran.

Baca Juga: Pemerintah Bakal Sulap Kawasan Kemayoran Jadi Smart City di Tengah Jakarta

Jangan lupa riset harga di berbagai tenant online sebagai pembanding. Hal ini akan memudahkan untuk tahu harga pasar dan menghindari pembelian barang yang terlalu mahal. Dengan informasi yang akurat, maka anggaran dapat ditentukan dengan lebih tepat dan membuat target belanja jadi lebih terarah. Selain itu, waktu belanja juga jadi lebih efisien karena sudah tahu di mana saja lokasi tenant yang dituju.

2. Buat Anggaran dan Prioritaskan Kebutuhan

Setelah mengetahui harga dan produk yang ingin dibeli, tentukan budget yang realistis dan sesuai dengan kemampuan untuk belanja di PRJ. Membuat daftar prioritas barang yang ingin dibeli sangat penting agar tidak kalap atau melebihi anggaran dan lebih bijak dalam berbelanja.

3. Belanja non Tunai

Tinggalkan dompet tebal di rumah. Belanja di PRJ lebih mudah dan aman menggunakan metode non tunai dengan menggunakan QRIS. Metode pembayaran ini bisa bikin pengalaman belanja jadi lebih praktis, karena tak perlu kesusahan mencari uang tunai dalam dompet atau menunggu lama untuk mendapatkan uang kembalian.

Baca Juga: Cargloss Perkenalkan Varian Helm Seri Terlaris di Jakarta Fair

Pengunjung mencoba wahana permainan di area Jakarta Fair 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]Pengunjung mencoba wahana permainan di area Jakarta Fair 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (13/6/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]

4. Bawa Tas Belanja Sendiri

Kurangi penggunaan plastik dengan membawa tas belanja sendiri. Selain ramah lingkungan, aksi ini bisa menghemat pengeluaran untuk membeli tas belanja di PRJ. Tas belanja yang besar dan kuat akan memudahkan dalam membawa banyak barang tanpa ribet. Membawa tas belanja sendiri artinya juga turut berkontribusi dalam mengurangi sampah plastik dan menjaga lingkungan tetap bersih. Apabila berencana belanja banyak juga bisa dengan membawa koper agar belanjaan tidak mudah tercecer atau terbawa oleh orang lain.

5. Manfaatkan Transportasi Umum

Tiap tahun, total pengunjung PRJ bisa mencapai jutaan orang. Oleh karena itu, menggunakan transportasi umum seperti kereta maupun angkutan online saat menuju PRJ bisa juga jadi pilihan agar waktu tidak terbuang untuk mencari parkir. Transportasi umum tidak hanya mengurangi stres karena macet, tetapi juga lebih ramah lingkungan.

Dalam rangka HUT Kota Jakarta ke-497, blu juga turut memeriahkan dengan memberikan promo Rp1 untuk pembelian tiket MRT pakai blu di aplikasi MyMRTJ. Promo ini berlaku mulai 22-23 Juli 2024 pukul 00.00 - 23.59.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #uang #pasan #tetap #bisa #belanja #puas #begini #caranya

KOMENTAR