Dedaunan vs Hajar Aswad, Ridwan Kamil Minta Netizen Pilih Desain Masjid di GBK
Ridwan Kamil. (Instagram/@ridwankamil)
18:56
21 Juni 2024

Dedaunan vs Hajar Aswad, Ridwan Kamil Minta Netizen Pilih Desain Masjid di GBK

Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengabarkan bahwa ia kembali dipercaya untuk merancang sebuah masjid. Kali ini, ia diminta untuk merancang masjid di kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta.

Lewat Instagram, ia mengunggah dua desain masjid dengan warna putih. Politisi Partai Golkar ini bahkan meminta pendapat netizen.

"OPSI 1 atau OPSI 2? Beberapa bulan lalu, diminta mendesain masjid di Gelora Bung Karno Jakarta, @love_gbk ,agar menjadi iconic mosque di kawasan Senayan," tulis Ridwan Kamil, Jumat (21/6).

Tampak kedua desain bangunan masjid tersebut memiliki bentuk berbeda dari desain masjid pada umumnya di Indonesia yang memiliki kubah bulat.

Baca Juga: Elektabilitas RK Di Hadapan Anies di Pilkada Jakarta 2024

Namun kedua desain sama-sama memiliki beberapa anak tangga di bagian pelataran serta dua menara tinggi yang mengapit masjid.

Lebih lanjut, pria lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini menjelaskan bahwa pilihan desain pertama terinspirasi dari dedaunan pepohonan rindang di GBK. Bisa dilihat bahwa bagian kubah seperti tumpukan daun.

Sedangkan desain kedua terinspirasi dari batu Hajar Aswad yang dijadikan komposisi fraktal. Desain kedua ini cukup unik dengan jendela berbentuk oval di tiap sisi.

Terpantau dua desain masjid itu direspons antusias oleh netizen. Jawaban netizen pun beragam dengan alasannya masing-masing.

"Dari komposisi dan proporsi opsi 1 lebih pas pak..begitu juga dari sisi filosofi opsi 1 lebih cocok..biarlah hajar aswad menjadi sesuatu yg sakral," komentar salah satu netizen.

Baca Juga: Usulkan RK di Pilkada Jakarta tapi Elektabilitasnya Lebih Tinggi di Jabar, Begini Reaksi Zulhas

"Opsi 2 unik pak," sahut yang lain.

"Sekedar ngasih masukan bapak,klo menurut saya lebih bagus opsi yang ke 2 karna mengambil dari sejarah asal mulanya hajar aswad," tambah yang lainnya.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #dedaunan #hajar #aswad #ridwan #kamil #minta #netizen #pilih #desain #masjid

KOMENTAR