Perjalanan Panjang Marcell Siahaan Menjadi Mualaf, Dulu Sempat Agnostik Kini Rilis Lagu Religi
Marcell Siahaan [Instagram/@marcellsiahaans]
16:06
11 Juni 2024

Perjalanan Panjang Marcell Siahaan Menjadi Mualaf, Dulu Sempat Agnostik Kini Rilis Lagu Religi

Keputusan Marcell Siahaan untuk akhirnya menjadi mualaf tidaklah instan. Ia menempuh perjalanan spiritual yang panjang sebelum mamantapkan hatinya pada Islam.

Diketahui penyanyi asal Bandung ini lahir di keluarga Batak yang kental ajaran kekristenan. Namun ia berpindah keyakinan menjadi Buddha pada 2003, saat menikah dengan penulis novel best-seller, Dewi Lestari.

Setelah menjadi pemeluk agama Buddha, ia terus mencari-cari cara untuk mendekatkan diri pada Sang Pencipta. Dari sana, ia mengalami perjalanan spiritual yang cukup rumit.

"Gue terus mencari cara menjembatani bagaimana caranya gue bisa benar-benar intim dengan Dia," kata Marcell, saat menjadi bintang tamu dalam YouTube Daniel Mananta.

Baca Juga: Sosok Maulana Haqiqi: Pria Jawa Timur yang Nikahi Ulya Bule Rusia, Pendidikannya Mentereng

Belum kunjung merasa mendapat jawaban, pelantun Peri Cintaku ini sampai mempelajari semua agama melalui media-media di sekitarnya, mulai dari Katolik, Hindu, hingga Islam.

Marcell Siahaan hadir di acara konferensi pers BNI Java Jazz Festival 2024 di kawasan Pejompongan Raya, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2024). [Adiyoga Priyambodo/Suara.com]Marcell Siahaan hadir di acara konferensi pers BNI Java Jazz Festival 2024 di kawasan Pejompongan Raya, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2024). [Adiyoga Priyambodo/Suara.com]

Karena mempelajari banyak agama, ia mengaku dirinya sempat menjadi agnostik, yakni suatu konsep bertuhan tanpa menganut agama apapun.

Setelah melewati tahun-tahun dalam pencarian agama, ketertarikannya pada Islam pun muncul. Apalagi saat Marcell menikah untuk kedua kalinya pada 2009 dengan model Rima Melati Adams yang seorang muslimah.

Dari sini, perjalanannya mengenal agama Islam lebih dalam dimulai, hingga dia resmi menjadi mualaf pada 2012.

Namun Marcell mengaku keputusannya menjadi seorang mualaf bukan karena didesak oleh sang istri, melainkan murni atas ketertarikannya pada Islam.

Baca Juga: Restui Anak Jadi Mualaf, Ibu Sarah Menzel Pernah Panik Putrinya Mendadak 'Hilang' bareng Azriel Hermansyah

Marcell Siahaan dan Rima Melati Adams [Instagram/@rimamelati]Marcell Siahaan dan Rima Melati Adams [Instagram/@rimamelati]

Tapi ia tak menampik bahwa dirinya beruntung karena sang istri banyak membantunya mengenal Islam. "Dia menunjukkan Islam dengan caranya sendiri. Dia juga memperlihatkan bagaimana keluarganya menerapkan agama Islam dan itu membuat gue nyaman," beber Marcell.

Memutuskan muaaf, penyanyi yang satu ini juga memiliki nama Islam yakni Abdul Matin. Nama ini diambil dari Asmaul Husna, di mana 'Matin' berarti yang Maha Kokoh.

Tak cuma itu, bertepatan pada bulan Ramadhan Maret 2024 kemarin ia merilis lagu religi berjudul Tawakal. Sesuai judulnya, lagu ini menceritakan bagaimana seseorang harus berserah diri pada Allah SWT.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #perjalanan #panjang #marcell #siahaan #menjadi #mualaf #dulu #sempat #agnostik #kini #rilis #lagu #religi

KOMENTAR