Perjalanan Spiritual Salmafina, Pindah Agama Kristen usai Baca Buku Biografi
Salmafina Sunan. [Instagram/salmafinasunan]
10:54
11 Juni 2024

Perjalanan Spiritual Salmafina, Pindah Agama Kristen usai Baca Buku Biografi

Salmafina Sunan menjadi salah satu publik figure yang kerap memicu pro dan kontra, apalagi terkait berpindah keyakinannya dari agama Islam ke Kristen.

Salmafina pindah agama dari Islam ke Kristen pada tahun 2018 lalu. Hal tersebut dilakukan selang dirinya secara resmi bercerai dari Taqy Malik pada 21 Februari 2018.

Diketahui, usia Salmafina saat menikah masih 18 tahun, sedangkan Taqy Malik 21 tahun.

Salmafina Sunan. [Instagram/salmafinasunan]Salmafina Sunan. [Instagram/salmafinasunan]

Terungkapnya kabar Salmafina pindah agama terjadi pada 2019. Putri pasangan pengacara ternana Sunan Kalijaga dan Heidy Sunan ini ketika itu mengaku sudah dua kali merayakan Natal. 

Baca Juga: Suami Barbie Kumalasari Kerja Apa? Ini Profil Bagus Saputra yang Mualaf

Keputusan Salmafina tersebut lantas dibanjiri komentar miring dari warganet, tak sedikit yang mencibir sang selebgram.

Pada September 2022 lalu, Salmafina menceritakan awal mulanya dia pindah agama dari Islam ke Kristen. Ia menyatakan keputusannya pindah agama tidak disertai dengan adanya dorongan spiritual yang sering terjadi pada umumnya oranga kebanyakan ketika memberi kesaksian.

Salmafina membaca sebuah buku bertajuk spiritual, dan justru itu bisa meyakinkannya untuk memeluk agama Kristen. Menurut Salmafina, buku yang dia maksud itu benar-benar merubah hidupnya, terutama soal mantap pindah keyakinan dari Islam ke Kristen.

"Saat itu kan aku datang ke tempat biasa aku beli buku, biasanya aku enggak pernah kepikiran untuk baca buku begitu, tapi saat itu aku lihat buku yang bikin hidupku berubah itu terlihat sama aku. Judulnya sih agak ekstrem ya, cuma saat itu aku ingin aja beli," ujarnya di podcast Curhat Bang Denny Sumargo, September 2022 lalu.

"Itu buku sebetulnya biografi. Kisah perjalanan seseorang, yang related dengan kehidupanku itu soal experience-nya, struggle-nya," sambung Salmafina. 

Baca Juga: Perjalanan Mualaf Angelina Sondakh, Anak Pendeta yang Nyaris Kawin Lari dengan Adjie Massaid

Terkait penilaian buruk tentangnya, ia menilai justru sedikit ada bagusnya. Hal tersebut karena stigma tentangnya sudah jelek, maka Salmafina jadi mudah untuk memperlihatkan identitasnya, terutama soal pindah keyakinan dari Islam ke Kristen. 

"Dulu yang ada di pikiranku, stigma orang kan sudah jelek ke aku, kenapa Salma harus menyembunyikan kepercayaan Salma, kenapa Salma harus enggak berani gitu. Meskipun awalnya sempat enggak mau banyak yang tahum dulu itu aku harap hanya keluarga saja yang tahu," sebutnya.

Editor: Eko Faizin

Tag:  #perjalanan #spiritual #salmafina #pindah #agama #kristen #usai #baca #buku #biografi

KOMENTAR