Heroik! Kisah Damkar Selamat Kucing Abu-abu yang Dikejar Kucing Oren, Nyangkut di Kawat Berduri
Kucing terjerat kawat berduri. (X/@HumasJakFire)
17:57
7 Juni 2024

Heroik! Kisah Damkar Selamat Kucing Abu-abu yang Dikejar Kucing Oren, Nyangkut di Kawat Berduri

Kisah penyelamatan oleh pemadam kebakaran (Damkar) selalu menarik untuk disimak. Terbaru, petugas Damkar DKI Jakarta berhasil menyelamatkan seekor kucing yang tersangkut di kawat berduri. Loh kok bisa?

Dalam cuitannya di akun @HumasJakFire, petugas dari sektor Matraman menyelamatkan kucing yang terjerat kawat berduri di jalan Matraman, Salemba, Jakarta Timur.

"Menurut informasi, kejadian ini bermula saat kucing sedang bertengkar dengan kucing lainnya. Dalam upaya melarikan diri dari lawannya, kucing tersebut melompat ke pagar yang memiliki kawat besi berduri. Sehingga, kucing terjerat dan tidak bisa keluar dari situasinya," cuita @HumasJakFire.

Hal tersebut segera dilaporkan kepada petugas penyelamat Sektor Matraman dan sebanyak 1 unit serta 3 personel dikerahkan menuju lokasi. Evakuasi penyelamatan mulai dilakukan pada pukul 23.56 WIB. Tidak membutuhkan waktu lama, kucing berhasil dievakuasi secara aman dan terkendali.

Baca Juga: Pecinta Kucing Merapat! Malaysia Adakan 'Oyen Gathering Terbesar' Berhadiah Uang Tunai

Terlihat dalam video yang dibagikan, petugas memotong kawat berduri yang menjerat kucing tersebut. Dengan sabar, petugas melepaskan kawat satu persatu, hingga akhirnya kucing terlepas dan berhasil diturunkan.

"Jadi ceritanya kucing ini kalah berantem dari kucing oren. Dia lari terus lompat ke posisi itu, ternyata ada kawat besi berduri. #FYI," katanya lagi.

Aksi heroik ini lantas mendapat pujian dari netizen. Tak sedikit yang mengucapkan terima kasih karena petugas Damkar selalu bisa diandalkan.

"Makasih Om² Damkar yg Profesional bgttt.ucing nya luka kah?" cuit Umee.

"Sehat2 orang baik yang lapor & petugas damkar ," kata Arif.

Baca Juga: Sikap Korban Pembunuhan Wanita Dalam Koper Bikin Cat Lover Pasang Badan, Tuntut Keadilan untuk Bu Rini!

"terimakasih ya pak damkar:") sabar sabar sama kucing tengil kek gini," cuit Jjong.

"Emang oren biang kerok, oren nya dihukum aja pak suruh gulung selang," kata Vkrich.

Cara Melapor ke Pemadam Kebakaran dan Penyelamat

Melaporkan kejadian darurat seperti kebakaran atau situasi yang memerlukan penyelamatan adalah tindakan penting yang harus dilakukan dengan cepat dan tepat. Berikut adalah langkah-langkah cara melapor ke pemadam kebakaran dan penyelamat:

Segera Hubungi Nomor Darurat

Hubungi nomor darurat pemadam kebakaran di wilayah Anda. Di Indonesia, nomor darurat yang umum digunakan adalah 113 atau 112. Pastikan Anda menyimpan nomor ini di tempat yang mudah diakses.

Berikan Informasi yang Jelas

Ketika menghubungi petugas pemadam kebakaran, berikan informasi yang jelas dan lengkap, termasuk:

  • Lokasi kejadian (alamat lengkap, patokan terdekat).
  • Jenis kejadian (kebakaran, kecelakaan, penyelamatan hewan, dll.).
  • Kondisi saat ini (seberapa besar api, apakah ada orang yang terjebak, dll.).
  • Jumlah orang yang terlibat atau terancam.
  • Tetap Tenang
  • Usahakan untuk tetap tenang saat melapor. Informasi yang jelas dan tidak terburu-buru akan membantu petugas untuk merespons dengan lebih cepat dan tepat.

Ikuti Petunjuk Petugas

Ikuti petunjuk yang diberikan oleh petugas pemadam kebakaran melalui telepon. Mereka mungkin akan memberikan instruksi tambahan mengenai tindakan yang perlu Anda lakukan sambil menunggu bantuan tiba.

Evakuasi Jika Diperlukan

Jika situasinya berbahaya, segera lakukan evakuasi. Pastikan Anda dan orang lain di sekitar Anda menjauh dari area berbahaya. Jika memungkinkan, bantu orang yang membutuhkan bantuan khusus, seperti anak-anak, orang tua, atau orang dengan disabilitas.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #heroik #kisah #damkar #selamat #kucing #yang #dikejar #kucing #oren #nyangkut #kawat #berduri

KOMENTAR