Beda Pendidikan Arie Putra dan Budi Adiputro, 2 Host Total Politik 'Digoreng' Gegara Pro Dinasti Politik
Arie Putra dan Budi Adiputro host Total Politik. (Instagram/@arieputrabn)
16:45
6 Juni 2024

Beda Pendidikan Arie Putra dan Budi Adiputro, 2 Host Total Politik 'Digoreng' Gegara Pro Dinasti Politik

Perdebatan panas Pandji Pragiwaksono dengan dua pembawa acara podcast Total Politik tentang dinasti politik tengah menyita atensi. Tak heran jika sosok kedua pembawa acaranya, Arie Putra dan Budi Adiputro, turut disorot.

Padahal Arie dan Budi bukanlah sosok baru di ranah politik dan pemerintahan. Mengutip LinkedIn-nya, Arie pernah bekerja di Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas), sementara Budi merupakan jurnalis yang cukup sering tampil di layar kaca.

Namun terlepas dari kontroversi Arie dan Budi yang kini ramai diperbincangkan, seperti apakah riwayat pendidikan keduanya?

Riwayat Pendidikan Arie Putra

Baca Juga: Host Total Politik Diduga Pernah Body Shaming Anies Baswedan Depan Publik

Arie Putra. (Instagram/@arieputrabn)Arie Putra. (Instagram/@arieputrabn)

Dikutip dari LinkedIn-nya, Arie Putra merupakan salah satu co-founder Total Politik yang kerap membahas topik-topik panas bidang politik di Tanah Air. Podcast ini juga kerap mengundang narasumber kredibel.

Arie sendiri merupakan lulusan Universitas Indonesia (UI), tepatnya program studi S1 Sosiologi. Arie menempuh pendidikan tinggi di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI pada tahun 2008 dan dinyatakan lulus pada tahun 2012.

Sejumlah pekerjaan pernah diemban Arie setelah lulus kuliah, seperti menjadi Program Manager di Demos Indonesia pada tahun 2013 sampai 2015. Kemudian Arie bekerja sebagai Koordinator Proyek di Direktorat Pendanaan Multilateral Bappenas sejak tahun 2015.

Lalu Arie berkolaborasi dengan Budi Adiputro untuk mendirikan media politik bertajuk Total Politik sejak tahun 2020. 

Riwayat Pendidikan Budi Adiputro

Baca Juga: Asian Value ala Netizen: Nyindir Dinasti Politik Sampai Motor di Ruang Tamu!

Budi Adiputro. (Instagram/@didiet.adiputro)Budi Adiputro. (Instagram/@didiet.adiputro)

Sayangnya tak banyak informasi yang bisa digali mengenai riwayat pendidikan Budi Adiputro. Laman LinkedIn-nya tak mencantumkan riwayat pendidikan, tetapi memperlihatkan rekam jejaknya sebagai jurnalis.

Didiet Budi Adiputro memiliki latar belakang jurnalistik dan bekerja di Trans TV serta CNN. Selain itu, Budi juga merupakan co-founder Total Politik bersama Arie Putra.

Sejak tahun 2021, Budi juga menjabat sebagai Direktur Total Politik. Selain itu, namanya juga tertera sebagai redaktur di situs dari media Total Politik.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #beda #pendidikan #arie #putra #budi #adiputro #host #total #politik #digoreng #gegara #dinasti #politik

KOMENTAR