Jejak Karier Dhony Rahajoe, Mundur dari Wakil Kepala Otoroitas IKN
Jejak Karier Dhony Rahajoe (YouTube/Sekretariat Kabinet RI)
11:09
5 Juni 2024

Jejak Karier Dhony Rahajoe, Mundur dari Wakil Kepala Otoroitas IKN

Dhony Rahajoe secara resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Kepala Otoroitas Ibu Kota Nusantara (OIKN). Ia mengundurkan diri dari jabatannya pada hari ini, Senin (3/6/2024) lalu. Jejak karier Dhony Rahajoe pun akan dibahas dalam artikel berikut. 

Diketahui, Dhony baru dua tahun menjabat sebagai Wakil Kepala OIKN. Ia dilantik pada tanggal 10 Maret 2022 dan diberi jabatan sampai 2027 mendatang. Namun belum berakhir masa jabatannya, Dhony mengundurkan diri. 

Presiden Jokowi pun juga sudah menerima surat pengunduran diri Dhony Rahajoe serta mengeluarkan keputusan presiden (Kepres) terkait pemberhentian Dhony. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Mensesneg Pratikno melalui konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin (3/6/2024). 

Namun tidak disampaikan secara resmi apa yang jadi alasan Dhony mundur sebagai Wakil Kepala OIKN. Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini rekam jejak karier Dhony Rahajoe yang mengundurkan diri dari Wakil Kepala OIKN. 

Jejak Karier Dhony Rahajoe 

Dilansir dari laman resmi Alumni ITB, pria yang memiliki nama dan gelar Ir. Dhony Rahajoe, M.B.A., ini lahir pada 8 September 1966. Dhony memiliki latar belakang sebagai seorang pengusaha. 

Sebelum diamanahi jabatan sebagai Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara, Dhony sempat menduduki jabatan Managing Director President Office di Sinar Mas Land, salah satu perusahaan properti di Indonesia. Ia menjabat sebagai Managing Director sejak tahun 2015 dan mengundurkan diri pada 2022 lalu. 

Alasan pengunduran dirinya ini, untuk menghindari conflict of interest saat dirinya menjabat sebagai Wakil Kepala Otorita IKN. Lulusan Teknik Arsitektur ITB angkatan 1984 tersebut juga mengemban jabatan sebagai anggota Badan Pembina Yayasan Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB). 

Yayasan ITSB sendiri merupakan yayasan milik Sinar Mas Group yang kemudian mendirikan universitas ITSB. Dalam mengembangkan kualitas akademik, ITSB bekersa sama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Ditunjuk Sebagai Wakil Kepala OIKN 

Jejak karier Dhony Rahajoe kemudian berlanjut, pada 10 Maret 2022. Ia secara resmi ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Wakil Kepala OIKN, mendampingi Bambang Susantono yang menduduki posisi Kepala OIKN. 

Dhony mengemban masa jabatan sesuai Undang-Undang IKN yakni selama lima tahun. Dhony dan Bambang adalah dua pejabat pertama yang menduduki jabatan tersebut di kawasan IKN. 

Sejak menjalankan mandat untuk menjabat sebagai Wakil Kepala OIKN, Dhony mengundurkan dari jabatannya di Sinarmas Land. Kala itu, ia beralasan mundur karena ingin fokus membangun Ibu Kota Nusantara. Dirinya juga memutuskan untuk menghindari konflik kepentingan yang mungkin saja terjadi. 

Terkait kehidupan pribadinya, Dhony menikah dengan Dewi Handayani Rahajoe dan dikaruniai dua orang anak perempuan, dan satu anak laki-laki. 

Klarifikasi Dhony Rahajoe 

Sesaat setelah berita pengunduran dirinya, Dhony Rahajoe pun mengeluarkan pernyataan pribadi terkait mundur dari jabatan Wakil Kepala Otorita IKN. Ia menyampaikan pernyataannya tersebut, melalui keterangan tertulis pada Senin, 3 Juni 2024. 

Pertama, Dhony menyampaikan rasa terima kasih kepada Presiden Jokowi lantaran telah mempercayainya untuk mengemban tugas sebagai Wakil Kepala OIKN. Menurutnya, tugas itu menjadi satu kehormatan dan pengalaman berharga yang tak akan pernah terlupakan. 

"Kami sekeluarga sangat bangga dan bersyukur menjadi bagian dari sejarah, bukan hanya di Indonesia. Namun juga di level global," kata Dhony. 

Dia mengakui bahwa proses pembangunan ekosistem IKN ini sebagai sebuah pusat pertumbuhan baru yang tengah berjalan. Menurut Dhony Rahajoet, pembangunan IKN yang hampir rampung harus terus didukung. 

"Mewujudkan IKN merupakan tugas mulia bagi kita semua. Sebuah kesempatan bersejarah untuk melakukan transformasi menuju peradaban baru bangsa Indonesia lebih baik," imbuhnya. 

Meskipun kini telah melepas jabatannya, Dhony mengaku akan terus memberi dukungan terhadap pembangunan IKN ini sesuai dengan tujuannya sebagai kota yang berkelanjutan di dunia, pusat pergerakan ekonomi nasional, serta simbol keberagaman negara Indonesia. 

Selama menjabat di IKN, Dhony menyadari belum banyak yang ia lakukan. Ia berharap, pihak yang akan melanjutkan kepemimpinan di Otorita IKN nanti bisa menjalankan tugas dengan lancar bahkan lebih baik. 

Di akhir pernyatannya, Dhony berterima kasih kepada seluruh pihak yang selama ini bersama-sama berupaya keras mendukung pembangunan IKN. Khususnya para tokoh serta warga di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. 

"Saya mohon maaf jika ada tindakan atau ucapan yang tidak berkenan. Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan-Nya," tutup Dhony mengakhiri pernyataan tertulisnya. 

Demikian jejak karier Dhony Rahajoe yang mundur dari jabatan sebagai Wakil Kepala Otoroitas Ibu Kota Nusantara (OIKN). Semoga bermanfaat! 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #jejak #karier #dhony #rahajoe #mundur #dari #wakil #kepala #otoroitas

KOMENTAR