Raffi Ahmad Dicibir Punya Rumah Mewah Tapi Berantakan, Ternyata Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental?
Kamar ART di rumah Raffi Ahmad (YouTube/ Kiky Saputri)
12:24
1 Juni 2024

Raffi Ahmad Dicibir Punya Rumah Mewah Tapi Berantakan, Ternyata Bisa Pengaruhi Kesehatan Mental?

Raffi Ahmad menjadi satu artis yang dikenal dengan rumah mewahnya. Namun, akhir-akhir ini rumah mewah milik Raffi Ahmad itu justru menuai banyak cibiran netizen. Pasalnya, rumah mewah Raffi Ahmad tersebut terlalu berantakan sehingga kurang nyaman untuk dipandang.

Kritik atas rumahnya ini disampaikan langsung oleh akun X @hllryclrn. Dalam cuitannya, akun tersebut menyoroti penataan rumah Raffi Ahmad yang dinilai berantakan. Padahal rumah tersebut mahal dan megah.

"Segedong-gedingnya dan semahal-mahalnya rumah RANS tetep keliatan berantakan banget karena kebanyakan barang," tulis akun tersebut.

Tak hanya itu, pemilik akun tersebut memberi saran agar Raffi Ahmad dapat menyewa home styling untuk merapikan rumahnya. Hal tersebut akan membantu membuat rumah Raffi Ahmad menjadi lebih rapi.

Baca Juga: Sama-Sama Disebut Bakal Maju Jadi Cawagub, Ini Beda Pendidikan Kaesang Pangarep dan Raffi Ahmad

“Iseng liat di beranda yutub, ada vlog artez ngeliput rumah mereka zonk bener dah ah ga keliatan mewah sama sekali, sewa home styling dong plis," imbuhnya.

Cuitan akun tersebut juga disetujui oleh warganet lainnya. Pasalnya menurut warganet rumah yang berantakan menjadi tidak enak dipandang. Hal ini juga memberikan dampak bagi kesehatan bagi pemilik rumah tersebut.

Mengutip Halodoc, studi menemukan jika rumah berantakan dapat meningkatkan hormon kortisol. Oleh karena itu, rumah yang berantakan dapat membuat tingkat stres pada diri seseorang menjadi meningkat.

Bukan hanya itu, dalam survei 2016 ditemukan, orang yang alami stres tinggi memiliki rumah yang berantakan. Psikoterapis, Cindy Glovin mengatakan, keadaan yang tidak teratur dapat memengaruhi mental seseorang. Bahkan, mereka yang terbiasa berantakan ini kerap alami berbagai masalah mental seperti depresi dan gangguan lainnya.

Meski demikian, kondisi ini tergantung dengan orang tersebut. Ada beberapa orang dengan kondisi ruangan berantakan jauh lebih kreatif dan bebas. Namun, ada beberapa orang yang melihat berantakan justru menjadi mudah cemas hingga depresi.

Baca Juga: Momen Raffi Ahmad Tolong Wartawan yang Jatuh: Ya Allah Kasihan

Sebag kondisi tersebut, agar terhindar dari depresi dan kecemasan, seseorang jarus bisa mengatur kondisi rumahnya. Usahakan untuk meletakkan berbagai barang dengan rapi. Jika ada barang yang tidak terpakai bisa dibuang atau disumbangkan ke orang lain. Ini menjadi cara ampuh untuk menjaga kesehatan mental diri sendiri.

Di sisi lain, jika merasa terlalu banyak bekerja sendiri dalam membersihkan rumah, minta anggota rumah yang lain untuk membantu membersihkan. Membersihkan rumah sendiri juga bisa memberikan rasa lelah yang tidak baik untuk kesehatan. Untuk itu, sebisa mungkin dapat meminta bantuan orang lain jika merasa berat melakukannya sendiri.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #raffi #ahmad #dicibir #punya #rumah #mewah #tapi #berantakan #ternyata #bisa #pengaruhi #kesehatan #mental

KOMENTAR