Beda Dulu Vs Kini Burning Sun, Klub Malam Seungri yang Jadi Tempat Skandal Para Bintang K-Pop
Dokumenter Burning Sun yang dirilis BBC. [BBC World Service]
12:37
24 Mei 2024

Beda Dulu Vs Kini Burning Sun, Klub Malam Seungri yang Jadi Tempat Skandal Para Bintang K-Pop

Nama klub Burning Sun di Korea Selatan baru-baru ini menjadi perbincangan warganet. Hal ini karena berbagai skandal di klub ini diekspos dalam dokumenter BBC "Burning Sun: Exposing the Secret K-pop Chat Groups" pada 19 Mei 2024 lalu.

Diketahui, film ini menguak berbagai skandal di klub milik mantan anggota BIGBANG, Seungri ini melibatkan berbagai nama artis besar di dunia K-Pop. Berbagai skandal di klub Burning Sun ini juga terlihat dari isi chat Seungri dengan Jung Joon-young, dan Choi Jong-hoon yang membahas pelecehan seksual, rencana kriminal, percakapan misoginis, hingga eksploitasi wanita.

Padahal, klub Burning Sun ini menjadi salah satu tempat hiburan yang cukup ramai kala itu. Namun, terbongkarnya kasus ini akhirnya membuat klub ini menjadi mati. Bahkan, tempat hiburan ini sekarang sudah seperti bangunan tidak berpenghuni.

Lantas seperti apa perbedaan klub Burning Sun dulu dan kini? Berikut perbedaannya dikutip dari laman Koreaboo.

Baca Juga:Viral di Medsos, Lee Cheol Woo Tegas Bantah Terlibat Skandal Burning Sun klub Burning Sun di Korea Selatan. (Dok. BBC World)klub Burning Sun di Korea Selatan. (Dok. BBC World)

1. Pintu masuk

Dahulu, pintu masuk Burning Sun berada di hotel Le Meridien. Pintunya berwarna kuning cerah melengkung yang mengarah ke bawah tanah. Biasanya, saat dulu banyak orang yang mengantre untuk masuk ke klub satu ini

Namun, saat ini pintu masuk tersebut sudah sepi. Meski pintu masuknya masih ada jelas, tidak ada lagi yang mengantre seperti saat dulu.

klub Burning Sun di Korea Selatan. (Dok. BBC World)klub Burning Sun di Korea Selatan. (Dok. BBC World)

2. Bagian dalam

Saat dulu, Burning Sun diketahui dapat menampung sekitar 1.000 tamu sekaligus. Di dalamnya terdapat lantas basement untuk EDM, terdapat ruang hip hop, VIP di lantai 2. Semua sisi di klub satu ini akan dipenuhi para pengunjung.

Baca Juga:Bantah Terlibat Skandal Burning Sun, Lee Cheol Woo: Saya Telah Menderita

Untuk saat ini, bagian dalam Burning Sun sudah seperti ruangan yang tidak dihuni lama. Di dalamnya hanya tersisi puing-puing yang dipenuhi debu. Tampak ruangan ini juga tidak terawat dengan baik.

klub Burning Sun di Korea Selatan. (Dok. BBC World)klub Burning Sun di Korea Selatan. (Dok. BBC World)

3. Ruang VIP

Ruang VIP Burning Sun dulu memang tidak pernah dipublikasi sama sekali. Namun, pengunjung yang ingin menyewa ruang VIP dikenakan biaya sekitar Rp 1,2 miliar. Ruang VIP tersembunyi ini terletak di bagian bawah. Sementara dalam film dokumenter yang ditampilkan, ruang VIP saat ini terlihat kosong dan gelap. Hanya terlihat dinding dengan warna merah yang sudah mulai kusam.

klub Burning Sun di Korea Selatan. (Dok. BBC World)klub Burning Sun di Korea Selatan. (Dok. BBC World)

4. Ruang tersembunyi

Di dalam Burning Sun juga terdapat ruang tersembunyi yang dulu selalu dijaga penjaga. Ruangan ini dikhususkan untuk para VIP bebas melakukan apapun di dalamnya. Ruangan ini juga yang diduga menjadi tempat pemerkosaan, pemberian narkoba, dan berbagai skandal lainnya. Saat ini ruangan tersembunyi ini terlihat kosong dan gelap. Hanya terdapat debu yang memenuhi ruangan tersebut.

klub Burning Sun di Korea Selatan. (Dok. BBC World)klub Burning Sun di Korea Selatan. (Dok. BBC World)

5. Kamar mandi merah

Di dalam Burning Sun, terdapat sebuah kamar mandi yang identik dengan warna merah. Kamar mandi ini disebut sering muncul di berbagai adegan situs pornogradi. Biasanya, video-video yang ditampilkan memperlihatkan para perempuan yang tidak sadarkan diri karena dibius.

Itu dia berbagai ruangan dulu dan kini di klub Burning Sun. Klub Seungri ini diketahui dibuka pada Februari 2018. Namun, setahun kemudian yakni Februari 2019, klub satu ini ditutup karena skandal yang beredar.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #beda #dulu #kini #burning #klub #malam #seungri #yang #jadi #tempat #skandal #para #bintang

KOMENTAR