8 Ciri Orang yang Sangat Cerdas tapi Tidak Terlihat dari Penampilannya, Salah Satunya Sering Merasa Cemas
Ciri-ciri orang cerdas. (Pexels.con/Andrea Piacquadio)
11:10
18 Mei 2024

8 Ciri Orang yang Sangat Cerdas tapi Tidak Terlihat dari Penampilannya, Salah Satunya Sering Merasa Cemas

- Orang cerdas adalah individu yang memiliki kemampuan berpikir kritis, cepat memahami dan menganalisis informasi, serta menemukan solusi untuk berbagai masalah.

Kecerdasan tercermin dalam kemampuannya untuk belajar dengan cepat, beradaptasi dengan situasi baru, dan membuat keputusan yang tepat berdasarkan situasi dan kondisi.

Selain itu, orang cerdas seringkali memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mendorong dirinya untuk terus mengeksplorasi pengetahuan dan keterampilan baru.

Orang yang cerdas tidak selalu terlihat dari penampilannya atau pemikiran yang cemerlang. Beberapa orang yang memiliki kecerdasan tinggi tidak tampak di permukaan.

Dilansir dari laman Hack Spirit pada Sabtu (18/5), berikut ini beberapa tanda yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki kecerdasan tetapi tidak terlihat di permukaan.

1) Suka melamun

Pada tahun 2015, para ahli neuropsikologi dari Georgia Tech melakukan sebuah penelitian yang berkaitan dengan melamun.

Mereka menemukan bahwa para pelamun memiliki koneksi otak yang unik yang menghubungkan area-area yang bertanggung jawab atas pemikiran mendalam dan kreativitas.

Penelitian mereka menunjukkan bahwa melamun lebih dari sekadar saat-saat melamun.

Melamun merupakan tanda untuk menjadi lebih tajam dan kreatif, terutama dalam memecahkan teka-teki yang rumit dan menghasilkan ide-ide baru.

 

2) Suka mengambil risiko

Sebuah penelitian pada tahun 2018 menunjukkan bahwa orang yang lebih cerdas cenderung mengambil risiko dalam situasi di mana mereka bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Mereka pandai menimbang keuntungan dan kerugian, yang berarti mereka membuat keputusan yang mungkin dihindari orang lain.

Hal ini menghasilkan hasil yang lebih baik dalam kehidupan dan pekerjaan.

3) Suka bertanya

Keingintahuan adalah tanda kecerdasan. Orang yang selalu mengajukan pertanyaan biasanya berdedikasi tinggi untuk memahami dunia di sekitar mereka.

Mereka tidak puas dengan pengetahuan yang dangkal dan selalu ingin belajar lebih banyak.

Psikolog Jeremy Dean menyatakan bahwa rasa ingin tahu menunjukkan kecerdasan dan bahkan dapat menjadi tolak ukur pencapaian seseorang di masa depan.

4) Suka menyendiri

Orang yang cerdas sering kali menghargai waktu mereka sendiri.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Psychology menemukan bahwa orang yang sangat cerdas sering merasa kurang bahagia ketika terlalu sering bersosialisasi.

Mereka mungkin dicap sebagai penyendiri, tapi faktanya, bagi kebanyakan orang cerdas, banyak ide dan solusi terbaik datang saat mereka tersesat dalam pikirannya sendiri.

5) Mereka dapat menemukan humor pada banyak hal

Sebuah studi dari psikolog dan antropolog Universitas Meksiko menunjukkan bahwa kecerdasan dapat menjadi tolok ukut untuk memprediksi kemampuan humor.

Hal ini mengarah pada keberhasilan perkawinan yang lebih besar, menunjukkan bahwa humor berubah sebagai indikator kecerdasan.

Jadi, meskipun beberapa orang suka bertingkah seperti badut, mereka mungkin sebenarnya adalah orang jenius yang bersembunyi di balik wajah-wajah lucu itu.

6) Terorganisir tetapi tidak harus rapi

Menurut yang diterbitkan dalam Association for Psychological Science, lingkungan yang berantakan dapat merangsang kreativitas dan ide-ide baru, yang merupakan kunci dari kecerdasan.

7) Cemas

Orang yang sering cemas biasanya berpikir secara mendalam tentang potensi masalah dan skenario masa depan, yang membutuhkan fungsi kognitif tingkat tinggi.

Faktanya, penelitian yang dilakukan oleh para ahli neuropsikoparmakologi menemukan bahwa orang dengan gangguan kecemasan umum cenderung memiliki IQ yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak mengalami kecemasan.

Rupanya, rasa cemas yang begitu tinggi dapat mendorong mereka untuk lebih siap dan berhati-hati, yang mengarah pada kemampuan pemecahan masalah dan pandangan ke depan yang lebih baik.

8) Mengakui ketika tidak mengetahui sesuatu

Orang yang benar-benar cerdas tahu bahwa mereka tidak mengetahui segalanya, dan mereka tidak takut untuk mengakuinya.

Menurut sebuah penelitian terbaru oleh para psikolog yang diterbitkan pada tahun 2023, hal ini menunjukkan kecerdasan karena mencerminkan kerendahan hati yang berarti mengakui batas pengetahuan diri sendiri.

Sifat ini berkaitan dengan berpikiran terbuka dan mau belajar, yang merupakan kunci untuk menjadi benar-benar cerdas.

Itulah beberapa ciri yang menunjukkan bahwa seseorang memiliki kecerdasan luar biasa, lebih dari yang terlihat.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #ciri #orang #yang #sangat #cerdas #tapi #tidak #terlihat #dari #penampilannya #salah #satunya #sering #merasa #cemas

KOMENTAR