Inilah 5 Alasan Mengapa Pria Hanya Mengirim Pesan Teks dan Tak Pernah Menelpon Anda
Ilustrasi pria yang hanya mengirim pesan teks dan tidak pernah menelpon./freepik
13:30
14 Mei 2024

Inilah 5 Alasan Mengapa Pria Hanya Mengirim Pesan Teks dan Tak Pernah Menelpon Anda

- Mengapa beberapa pria cenderung lebih memilih untuk berkomunikasi melalui pesan teks daripada menelepon?

Pertanyaan ini sering kali melintas dalam pikiran banyak perempuan yang merasa kebingungan atau bahkan sedikit frustasi dengan kebiasaan komunikasi pria yang hanya terbatas pada pesan teks.

Di balik setiap pesan teks yang mereka kirim, terdapat beberapa alasan yang dapat menjelaskan mengapa mereka enggan untuk menelepon.

Dilansir dari A Conscious Rethink pada Selasa (14/5), terdapat 5 alasan mengapa pria hanya mengirim pesan teks dan tidak pernah menelpon.

1. Ia merasa tegang saat berbicara melalui telepon

Bagi beberapa pria, mereka cenderung merasa tegang atau cemas ketika harus berbicara melalui telepon.

Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan, termasuk kecemasan sosial atau ketidaknyamanan dalam komunikasi verbal secara langsung.

Jika seorang pria lebih suka mengirim pesan teks daripada menelepon, hal ini bisa jadi karena ia merasa cemas atau tidak nyaman dengan panggilan telepon.

Saat berbicara di telepon, ia akan merasa sulit menemukan kata-kata atau memulai percakapan, dimana ini bisa membuatnya merasa malu atau gugup.

Sebagai gantinya, mengirim pesan teks dapat memberinya waktu untuk memikirkan kata-katanya dengan lebih baik dan menghindari ketegangan yang dirasakannya saat berbicara langsung.

2. Ia ingin langsung ke inti pembicaraan

Sebagian pria cenderung tidak begitu tertarik dengan basa-basi atau percakapan kecil. Mereka lebih suka langsung membahas topik utama atau hal yang penting untuk dibahas.

Dalam konteks percakapan telepon, seringkali terdapat sejumlah basa-basi atau pembicaraan yang tidak terkait dengan inti pembicaraan.

Namun, melalui pesan teks, mereka dapat langsung mengarah ke inti pembicaraan tanpa harus melalui basa-basi yang panjang.

Jadi, jika seorang pria lebih suka mengirim pesan teks setiap hari daripada menelepon, hal ini karena pesan teks lebih sesuai dengan gaya komunikasi langsung dan efisien yang mereka sukai.

3. Ingin tetap terhubung dengan Anda meski ia sedang sibuk

Beberapa orang lebih suka menggunakan pesan teks daripada melakukan panggilan telepon karena mereka dapat melakukan kegiatan lain sambil tetap merespons pesan teks.

Ketika merema menerima panggilan telepon, mereka perlu memberikan perhatian penuh pada percakapan itu, yang mungkin dapat mengganggu jika mereka sedang sibuk atau sedang melakukan sesuatu.

Dengan pesan teks, mereka memiliki fleksibilitas untuk menjawab pesan saat mereka memiliki waktu luang, tanpa harus memberikan perhatian penuh secara langsung.

Meskipun ada manfaat saat memberikan perhatian penuh dalam percakapan, beberapa orang lebih memilih untuk dapat menanggapi pesan secara santai sesuai keinginan mereka.

4. Ia merasa canggung saat berbicara melalui telepon

Ketika berbicara mealui telepon, ia cenderung merasa sulit untuk menangkap perasaan Anda atau merespons dengan tepat terhadap apa yang Anda katakan.

Selain itu, keheningan dalam percakapan telepon seringkali membuat suasana terasa lebih canggung daripada ketika bertemu secara langsung atau saat bertukar pesan teks.

Ia akan merasa terbebani untuk mengisi keheningan dalam percakapan, yang bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Namun, dalam percakapan melalui pesan teks, keheningan tidak menjadi masalah, dan kecanggungan sangat jarang terjadi.

5. Ingin menghindari kesalahan

Ketika berkomunikasi melalui pesan teks, seseorang memiliki waktu untuk memikirkan dengan matang apa yang ingin mereka sampaikan.

Dibandingkan dengan percakapan telepon, di mana respons harus cepat dan hampir instan, pesan teks memberi kesempatan untuk mempertimbangkan kata-kata dengan lebih hati-hati.

Dengan begitu, pria akan cenderung dapat menghindari kesalahan dalam komunikasi yang mungkin terjadi karena respons yang terburu-buru.

Dengan begitu, ia lebih memilih pesan teks karena memungkinkannya untuk menyampaikan pesan dengan lebih baik dan lebih terencana.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #inilah #alasan #mengapa #pria #hanya #mengirim #pesan #teks #pernah #menelpon #anda

KOMENTAR