6 Hal yang Tak Perlu Anda Umbar pada Orang Lain Menurut Psikologi, Salah Satu Kunci Menghormati Diri Sendiri
Ilustrasi seseorang yang menghormati dirinya sendiri dengan tidak mengumbar banyak hal pada orang lain. (Sumber foto: freepik/prostooleh)
12:20
8 Mei 2024

6 Hal yang Tak Perlu Anda Umbar pada Orang Lain Menurut Psikologi, Salah Satu Kunci Menghormati Diri Sendiri

 - Dalam psikologi, menghormati diri sendiri adalah sebuah konsep penting yang melibatkan perlindungan dan penghormatan terhadap kebutuhan dan batasan pribadi Anda.

Salah satu aspek penting dari menghormati diri sendiri adalah menyadari bahwa ada hal-hal dalam kehidupan yang tidak perlu Anda umbar kepada orang lain.

Mengungkapkan terlalu banyak informasi pribadi atau menjelaskan setiap keputusan kepada orang lain dapat mengganggu kesehatan mental dan emosional Anda.

Dilansir dari Hack Spirit pada Rabu (8/5), terdapat 6 hal yang sebaiknya tidak perlu Anda umbar pada orang lain menurut psikologi.

1. Pilihan karir Anda

Pilihan karir merupakan sesuatu yang seharusnya Anda tentukan sendiri berdasarkan apa yang benar-benar Anda inginkan dan apa yang membuat Anda merasa puas secara pribadi.

Terkadang, ketika Anda menceritakannya pada orang lain, mereka bisa meragukan atau tidak setuju dengan pilihan karir Anda, tetapi pada akhirnya, hanya Anda yang tahu apa yang benar-benar membuat Anda bahagia dan memenuhi Anda secara fundamental.

Meskipun orang lain meragukan kemampuan Anda atau mempertanyakan pilihan Anda, Anda dapat berhasil jika Anda yakin dengan apa yang ingin Anda lakukan.

Jadi, jangan biarkan pendapat orang lain menghalangi Anda dalam meraih kesuksesan dalam karir yang Anda pilih.

2. Status hubungan Anda

Jika seseorang masih lajang setelah usia tertentu, beberapa orang mungkin merasa perlu menanyakan mengapa demikian, tetapi sebenarnya orang tersebut tidak perlu menjawab pertanyaan semacam itu.

Selain itu, jika seseorang sudah berada dalam hubungan, mereka tidak perlu menjelaskan mengapa mereka belum menikah atau kapan mereka berencana untuk memiliki anak. Ini adalah urusan pribadi yang tidak perlu dibahas dengan orang lain.

Status hubungan seseorang bisa dipengaruhi oleh banyak faktor pribadi yang mungkin tidak diketahui oleh orang lain.

3. Batasan pribadi Anda

Batas pribadi merupakan penetapan atau kejelasan dalam interaksi dengan orang lain untuk menjaga keseimbangan dan kebahagiaan Anda.

Menetapkan batasan pribadi ini sangatlah penting karena jika tidak, Anda akan mengalami kelelahan, rasa tidak puas, atau bahkan kemarahan.

Anda juga tidak perlu memberikan penjelasan panjang saat menetapkan batasan pribadi Anda.

Misalnya, jika Anda tidak bisa membantu seorang teman karena sibuk dengan hal lain, Anda tidak perlu menjelaskan setiap detail mengapa Anda sibuk. Cukup katakan bahwa Anda tidak bisa melakukannya karena sudah memiliki rencana lain.

Dengan menyadari bahwa Anda tidak perlu menjelaskan setiap keputusan untuk menetapkan batasan Anda dapat memberi Anda perasaan pembebasan dan kekuatan untuk lebih fokus pada kebutuhan dan kebahagiaan pribadi Anda.

4. Preferensi makanan

Ini berarti bahwa preferensi Anda pada makan adalah hal pribadi, jadi Anda tidak perlu menjelaskan kepada orang lain jika Anda tidak mau.

Keputusan tentang makanan adalah urusan individu, dan setiap orang berhak membuat keputusan tentang kesehatan mereka sendiri.

Selain itu, cara seseorang memilih makanan bisa mencerminkan keyakinan dan nilai-nilai mereka secara keseluruhan, yang merupakan hal yang sangat pribadi. Anda tidak harus merasa terpaksa untuk membagikan keyakinan Anda kepada orang lain.

5. Pandangan spriritual atau agama

Pandangan spiritual atau agama seseorang adalah hal yang sangat pribadi dan berkaitan erat dengan nilai-nilai inti mereka.

Anda tidak perlu menjelaskan pandangan ini kepada siapa pun kecuali jika Anda benar-benar ingin melakukannya.

Namun, Anda juga harus terbuka terhadap pandangan orang lain tentang keyakinan spiritual mereka, jika Anda mengharapkan hal yang sama dari mereka. Prinsipnya adalah perlakukan orang lain sebagaimana Anda ingin diperlakukan oleh mereka.

6. Nilai-nilai diri Anda

Nilai-nilai diri Anda merupakan prinsip-prinsip yang memberi makna pada hidup Anda dan membentuk siapa Anda sebagai individu.

Jika Anda sangat mempercayai pentingnya kejujuran, loyalitas, fleksibilitas, atau nilai-nilai lainnya, tindakan Anda akan mencerminkan keyakinan tersebut, dan identitas Anda akan didasarkan pada nilai-nilai tersebut.

Anda tidak perlu memberikan penjelasan kepada siapa pun tentang nilai-nilai inti Anda. Meskipun penting untuk memahami diri sendiri, Anda tidak harus membagikan nilai-nilai tersebut kepada dunia.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #yang #perlu #anda #umbar #pada #orang #lain #menurut #psikologi #salah #satu #kunci #menghormati #diri #sendiri

KOMENTAR