Selain Sunscreen, Ini Pentingnya Penggunaan Pakaian dengan Fitur Proteksi Sinar UV
Uniqlo Luncurkan Uniqlo UV Protection di Jakarta, Kamis (2/5/2024) (Suara.com/Dinda Rachmawati)
13:59
3 Mei 2024

Selain Sunscreen, Ini Pentingnya Penggunaan Pakaian dengan Fitur Proteksi Sinar UV

Indonesia terletak di daerah Khatulistiwa yang memiliki indeks sinar UV tinggi sepanjang tahun. Dari data BMKG, indeks sinar UV mulai meningkat mulai pukul 10 pagi. 

Dokter dan Beauty Influencer dr Nadia Alaydrus menjelaskan jika paparan sinar UV dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan efek negatif serta risiko terhadap kesehatan kulit, mulai dari sunburn, indikasi penuaan dini, meningkatkan risiko kanker kulit, bahkan sampai merusak mata. 

Sehingga, kata dia sangat penting halnya untuk memilih proteksi yang tepat saat berkegiatan di luar ruangan. Misalnya menggunakan pakaian dengan fitur proteksi sinar UV, menggunakan aksesori yang bisa menghalau sinar matahari seperti kacamata hitam dan topi, dan jangan lupa untuk re-apply tabir surya secara berkala.

Sebab kata dr Nadia Alaydrus, pemakaian sunscreen bisa dibarengi dengan penggunaan pakaian proteksi sinar UV untuk memberikan perlindungan ganda sehingga kulit lebih amat terlindungi.

Instalasi Uniqlo Luncurkan Uniqlo UV Protection di The Crystal Senayan City, Jakarta (Suara.com/Dinda Rachmawati)Instalasi Uniqlo Luncurkan Uniqlo UV Protection di The Crystal Senayan City, Jakarta (Suara.com/Dinda Rachmawati)

"Namun, tidak semua pakaian mampu memproteksi kulit dari paparan sinar UV. Diperlukan pakaian dengan fungsi proteksi sinar UV, yang dilengkapi dengan nilai UPF (Ultraviolet Protection Factor)," jelas dr Nadia Alaydrus dalam peluncuran Uniqlo UV Protection di Jakarta, Kamis (2/5/2024).

Rating UPF adalah indeks yang menyatakan tingkat perlindungan suatu pakaian terhadap sinar UV dan berada di rentang angka 15-50+ Indeks tersebut menggambarkan berapa lama kulit akan terlindungi dari matahari saat mengenakan pakaian UV Protection, bila dibandingkan dengan kulit terbuka. 

Sebagai contoh, UPF50+ menunjukan kulit akan terlindungi 50x lebih lama daripada kondisi kulit terbuka. Hal inilah yang melatarbelakangi Uniqlo berinovasi membuat rangkaian pakaian UV Protection.

"Pakaian UV Protection dari Uniqlo dilengkapi dengan nilai UPF antara 25-50+ yang mampu secara langsung menghalau 90% sinar UV. Kemampuan ini didapat berkat teknologi Double Sun Protection yang diinjeksi langsung ke serat terdalam pakaian," jelas Marketing Manager Uniqlo Indonesia, Lisqia Lalantika.

Pakaian ini berfungsi ganda, yaitu merefleksikan dan menyerap sinar UV agar tidak tembus ke dalam kulit. Koleksi terdiri dari luaran seperti jaket hoodie, jaket parka, cardigan, atasan, celana hingga aksesoris seperti kacamata, topi hingga payung.

Untuk memberikan informasi lebih lanjut serta pengalaman eksperimental kepada pengunjung mengenai pakaian dengan proteksi sinar UV, Uniqlo Indonesia menghadirkan instalasi yang berada di The Crystal, Senayan City. Instalasi ini dibuka untuk umum mulai tanggal 2 hingga 5 Mei 2024. Pengunjung dapat melakukan eksperimen melalui demo corner yang tersedia. 

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #selain #sunscreen #pentingnya #penggunaan #pakaian #dengan #fitur #proteksi #sinar

KOMENTAR