Hati-Hati! 7 Tanda Pria Tidak Punya Integritas Menurut Psikologi, Salah Satunya Ingkar Janji
Ilustrasi: Dua pria yang sedang saling berjabat tangan dengan senyum ramah sebagai tanda mereka memiliki integritas (freepik)
05:46
25 April 2024

Hati-Hati! 7 Tanda Pria Tidak Punya Integritas Menurut Psikologi, Salah Satunya Ingkar Janji

 – Dalam menjalin hubungan baik dalam hal pasangan, pertemanan hingga pekerjaan tentu akan terasa bermanfaat jika memiliki integritas yang baik.

Namun tentunya dalam menjalani hal tersebut tidak semua berjalan dengan mulus, akan nada waktu dimana Anda bertemu dengan pria yang awalnya tampak hebat tetapi membuat Anda dengannya tidak cocok baik dalam hubungan pasangan maupun partner kerja.

Sejujurnya Anda memahami bahwa dia melakukan kesalahan kecil namun Anda kerap mengabaikan dan menganggap sepele namun dari lubuk hati Anda yang paling dalam ada sesuatu yang kurang beres.

Ini biasanya bukan tentang momen besar dan dramatis namun tentang ketidaknyamanan yang terus-menerus. Anda tidak perlu cemas, sebenarnya ada tanda-tanda yang bisa menunjukkan pria yang tidak mempunyai integritas.

Dilansir dari laman The Vessel, ada beberapa tanda yang menunjukkan pria yang tidak punya integritas. Simak selengkapnya sebagai berikut:

  1. Dia kurang akuntabilitas

Untuk membedakan orang yang berintegritas dengan orang yang tidak berintegritas adalah cara mereka menangani kesalahan yang sudah mereka perbuat.

Orang yang memiliki integritas tentu tidak takut mengakui kesalahannya. Bahkan dia akan memahami bahwa menerima tanggung jawab atas tindakannya adalah sebuah pilar karakter.

Ini bukan berarti tentang terlihat lemah atau kehilangan muka namun tentang kekuatan, keberanian, dan keaslian. Apabila Anda menjumpai pria yang terus-menerus tidak mau bertanggung jawab atas tindakannya maka bisa jadi indikasi jelas bahwa dia kurang berintegritas.

 

  1. Tidak menepati janji

Integritas dibangun atas dasar kejujuran dan kepercayaan. Apabila Anda bertemu dengan pria yang punya kebiasaan mengingkari janji atau tidak menepati komitmen maka itu bisa jadi pertanda penting bahwa dia kurang berintegritas.

Hal ini bukan berarti tentang menjadi sempurna sepanjang waktu namun tentang upaya yang konsisten untuk menepati janji.

 

 

  1. Bersembunyi di balik topeng

Psikologi menjelaskan bahwa konsistensi antara pribadi seseorang dan kepribadian publik merupakan indikator kunci integritas mereka. 

Orang yang berintegritas adalah orang yang tulus dan transparan artinya tidak merasa perlu bersembunyi dibalik topeng atau berpura-pura menjadi seseorang yang bukan dirinya.

  1. Dia kurang empati

Empati dikenal sebagai aspek fundamental dari kecerdasan emosional yang merupakan kemampuan untuk memahami dan berbagi perasaan orang lain, untuk menempatkan diri pada posisi orang lain.

 

Apabila Anda bertemu dengan pria yang sulit dalam menunjukkan belas kasihan atau pengertian bahkan setiap penderitaan atau kegembiraan orang lain tidak berarti apa-apa hal ini bisa menjadi tanda bahwa ia kurang berintegritas.

  1. Manipulatif

Dalam dunia psikologis, manipulasi seringkali dikaitkan dengan kurangnya integritas. Pria yang tidak memiliki integritas cenderung memutar balikkan kata-kata,memainkan permainan pikiran, atau menggunakan perasaan Anda untuk melawan Anda. 

Manipulatif ini dikaitkan dengan sikap seseorang yang mengeksploitasi orang lain demi keuntungan pribadi dan mengabaikan kesejahteraan orang lain.

  1. Selalu egois

Pria yang tidak berintegritas sering kali mendahulukan kepentingan sendiri di atas kepentingan orang lain. 

Apabila dia terus-menerus memprioritaskan kebutuhannya sendiri dibandingkan kebutuhan Anda bahkan dia mengambil lebih dari apa yang diberikannya maka hal ini bisa menjadi indikasi kuat bahwa dia kurang berintegritas.

Seorang pakar psikologi menjelaskan bahwa hubungan yang sehat dibangun atas dasar saling menghormati dan pertimbangan.

  1. Kurang memiliki rasa hormat

Orang yang memiliki integritas tentu akan memahami nilai rasa hormat dalam segala bentuknya. Artinya dia akan memperlakukan orang lain dengan baik dan dia menghormati komitmennya serta sangat menghormati batasan. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #hati #hati #tanda #pria #tidak #punya #integritas #menurut #psikologi #salah #satunya #ingkar #janji

KOMENTAR