Semangat Hidup Hilang Setelah Putus Cinta? 5 Cara Ini Bantu Kamu Sembuhkan Diri untuk Kembali Bangkit
ILUSTRASI: Patah hati. /ATC Comm Photo./Pexels
11:20
19 April 2024

Semangat Hidup Hilang Setelah Putus Cinta? 5 Cara Ini Bantu Kamu Sembuhkan Diri untuk Kembali Bangkit

Putus cinta memang bisa membuat siapa pun merasa tersesat dan tidak memiliki semangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Hal itu wajar, karena berpisah dengan seseorang yang pernah menjadi bagian dalam hidup seseorang adalah salah satu ketakutan terbesar dalam hidup manusia.

Namun, tidak bisa selamanya untuk terus terjatuh dalam keterpurukan akibat putus cinta. Untuk mendapatkan kembali semangat hidup setelah putus cinta itu tentu saja bisa dilakukan, walau harus secara bertahap dan pelan-pelan.

Melansir dari Astrotalk, Jumat (19/4), berikut adalah lima strategi penting untuk membantu seseorang menemukan jalan menuju penyembuhan hati dan mendapatkan kembali hidupnya.

1. Biarkan semua emosi keluar

Bersedih karena kehilangan suatu hubungan adalah bagian alami dan penting dari suatu proses penyembuhan. Beri diri sendiri izin untuk merasakan semua emosi yang muncul setelah putus hubungan.

Menekan perasaan hanya akan memperpanjang proses penyembuhan. Sebaliknya, ciptakan ruang untuk memunculkan emosi.

Menulis, bicara dengan teman, atau mencari dukungan dari terapis dapat membantu melewati masa sulit tersebut.

2. Tetapkan batasan

Setelah putus cinta, penting untuk menetapkan batasan yang jelas untuk melindungi kesejahteraan emosional.

Hal ini termasuk dengan membatasi kontak dengan mantan, berhenti mengikutinya di media sosial, atau menetapkan batasan dengan teman dan anggota keluarga yang secara tidak sengaja dapat memperburuk rasa sakit.

3. Lakukan perawatan diri

Selama periode pergolakan emosional, penting untuk memprioritaskan perawatan diri. Jadikan perawatan diri sebagai bagian rutin harian.

Berfokuslah pada aktivitas yang menyehatkan pikiran, tubuh, dan jiwa, seperti melakukan yoga, berjalan-jalan di alam terbuka, atau mandi dalam waktu lama.

4. Kembali fokus pada diri sendiri

Perpisahan memberikan kesempatan untuk terhubung kembali dengan diri sendiri dan menemukan kembali apa yang membuat diri sendiri bahagia.

Luangkan waktu ini untuk mengeksplorasi minat, hasrat, dan tujuan yang dimiliki.

Terlibatlah dalam aktivitas yang memicu kreativitas dan membangkitkan rasa ingin tahu. Temukan kembali hal-hal yang menjadikan diri sendiri sebagai sosok yang unik, dan raih kesempatan untuk menumbuhkan rasa kesadaran diri dan cinta pada diri sendiri yang lebih dalam.

5. Carilah bimbingan

Mengatasi kerumitan akibat putus cinta memang sangat melelahkan, tetapi tidak harus melakukannya sendirian. Carilah bimbingan dan dukungan dari sumber terpercaya, misalnya dari seorang terapis.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #semangat #hidup #hilang #setelah #putus #cinta #cara #bantu #kamu #sembuhkan #diri #untuk #kembali #bangkit

KOMENTAR