Simak 3 Pentingnya Memiliki Harga Diri yang Tinggi, Salah Satunya Bikin Lebih Cepat Sukses
Ilustrasi wanita yang sukses secara akademis yang dipicu oleh berbagai faktor salah satunya memiliki harga diri yang tinggi (freepik/stocking)
11:20
18 April 2024

Simak 3 Pentingnya Memiliki Harga Diri yang Tinggi, Salah Satunya Bikin Lebih Cepat Sukses

Harga diri adalah memberikan rasa hormat dan kekaguman pada diri sendiri. American Psychological Association mendefinisikan harga diri sebagai sejauh mana kualitas dan karakteristik yang terkandung dalam konsep diri seseorang dianggap positif.

Harga diri yang tinggi tidak hanya tentang menyukai diri sendiri namun secara umum tentang memberi Anda cinta, nilai, martabat, dan rasa hormat.

Selain itu memiliki harga diri yang positif berarti percaya pada kemampuan Anda untuk belajar, mencapai dan berkontribusi pada dunia.

Harga diri yang tinggi secara umum menganggap diri Anda positif. Hal ini bukan tentang Anda menyukai segala sesuatu tentang diri Anda atau menganggap Anda sempurna namun tentang bersikap kritis terhadap diri sendiri baik dari kelebihan ataupun kekurangan.

Harga diri yang tinggi juga membantu Anda untuk merayakan kekuatan Anda, menantang kelemahan Anda dan merasa nyaman dengan diri sendiri dan kehidupan Anda.

Adapun ciri-ciri yang menunjukkan Anda memiliki harga diri yang tinggi diantaranya merasa nyaman mengungkapkan pendapat Anda, yakin dengan kemampuan Anda, tidak membiarkan tantangan menghambat Anda, dan bersedia menetapkan batasan dengan orang lain.

Menurut American Psychological Association memiliki harga diri yang tinggi adalah kunci kesehatan mental dan kesejahteraan yang positif.

Dengan Anda memiliki harga diri yang tinggi maka bisa membantu Anda mengembangkan keterampilan mengatasi masalah, menangani kesulitan, dan memperbaiki sudut pandang.

Memahami konsep diri dan harga diri yang sehat dapat membuat Anda menyadari bahwa dunia tidak akan berakhir jika terjadi kesalahan.

Dilansir dari laman Very Well Mind, terdapat 3 hal penting alasan memiliki harga diri tinggi sangatlah penting diantaranya :

1. Harga diri dan perilaku prososial

Perilaku prososial merupakan tindakan yang memiliki tujuan untuk memberi manfaat bagi orang lain seperti kemurahan hati dan kualitas seperti empati, fleksibilitas dan hubungan keluarga yang positif.

Ada beberapa fakta penelitian yang menemukan bahwa mahasiswa dengan harga diri yang lebih tinggi dan hubungan yang lebih penuh kasih sayang dan suportif dengan keluarga maka mereka lebih sukses di sekolah dan mudah beradaptasi terhadap penyesuaian sosial saat tinggal di lingkungan baru.

2. Harga diri dan stress

Cara Anda mengatasi stress juga ada kaitannya dengan tingkat harga diri Anda.

Hal ini juga ada kaitannya dengan perilaku prososial di atas bahwa tindakan di dalamnya bisa mengurangi dampak negatif pemicu stress dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan begitu bisa membantu Anda mengelola stress dengan lebih efektif.

Selain itu dalam sebuah penelitian juga menemukan ada hubungan positif antara harga diri tinggi dengan motivasi untuk mencapai tujuan, efikasi diri dan pengendalian diri.

Bahkan harga diri yang tinggi dikaitkan dengan prediksi kesuksesan akademis yang lebih besar.

3. Harga diri tinggi meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan

Harga diri yang tinggi dianggap melindungi terhadap banyak kondisi kesehatan mental seperti depresi dan kecemasan.

Faktanya dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa memiliki harga diri yang tinggi berkorelasi langsung dengan kepuasan hidup.

Ditambah lagi harga diri yang tinggi mampu membuat Anda mempertahankan sikap positif terhadap diri sendiri dalam situasi yang menantang.

Sebuah penelitian juga menemukan fakta bahwa orang yang memiliki harga diri tinggi lebih bahagia dalam pekerjaannya, memiliki hubungan sosial yang lebih baik dan secara umum memiliki perasaan sejahtera yang lebih positif.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #simak #pentingnya #memiliki #harga #diri #yang #tinggi #salah #satunya #bikin #lebih #cepat #sukses

KOMENTAR