4 Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah Semakin Glowing hingga Cegah Penuaan Dini
Inilah 4 Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah./Sumber foto: freepik.com
18:32
17 April 2024

4 Manfaat Retinol untuk Kulit Wajah Semakin Glowing hingga Cegah Penuaan Dini

 

 – Retinol merupakan salah satu retinoid yaitu turunan dari vitamin A dan bahan skincare ini dapat mempercepat pergantian sel kulit mati dengan sel kulit baru yang sehat.

Ada banyak manfaat dari retinol yang digunakan pada produk skincare, salah satunya untuk mengatasi berbagai masalah kulit serta dapat mempercantik tampilan kulit.

Untuk mengetahui lebih detail, berikut merupakan empat manfaat retinol untuk kulit wajah yang dilansir dari alodokter dan hellosehat pada Rabu (17/4).

  1. Dapat menjaga kelembaban kulit

Manfaat pertama dari retinol yaitu dapat menjaga kelembaban kulit karena retinol memiliki peran yaitu dapat merangsang produksi kolagen pada kulit serta dapat menjaga kulit terhidrasi. Sehingga kelembaban kulit wajah tetap terjaga.

  1. Menghaluskan kulit wajah

Selanjutnya yaitu retinol memiliki efek pengelupasan atau eksfoliasi yang dapat mencegah penumpukan sel-sel kulit mati yang ada di wajah serta dapat mendukung terbentuknya lapisan kulit baru yang memiliki tekstur lebih lembut dan halus.

Oleh karena itu, kamu dapat melakukan eksfoliasi dengan menggunakan retinol agar kulit wajah kamu menjadi halus.

  1. Mencegah keriput akibat penuaan

Retinol dapat membuat kulit wajah menjadi lebih sehat dan dapat meningkatkan produksi kolagen serta dapat merangsang aliran darah di bawah kulit.

Kandungan yang ada di retinol khususnya tretinoin dapat membantu memudarkan flek hitam akibat penuaan serta dapat mengurangi bintik-bintik yang ada di kulit wajah pemicu kanker yang disebut actinic keratosis.

Untuk itu, pemakaian retinol secara rutin ke kulit wajah akan mencegah keriput akibat penuaan serta membuat kulit menjadi lebih sehat.

  1. Menghilangkan milia

Bahan skincare yang berasal dari retinol juga dapat menghilangkan milia terutama jenis tretinoin karena dapat membantu mengikis milia.

Selain itu, retinol juga dapat mencegah pertumbuhan benjolan baru pada kulit wajah. Sehingga tekstur kulit wajah menjadi rata dan halus.

Nah itu dia informasi mengenai empat manfaat dari retinol yang bagus untuk kulit wajah.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #manfaat #retinol #untuk #kulit #wajah #semakin #glowing #hingga #cegah #penuaan #dini

KOMENTAR