7 Fakta Adidas Samba, Image-nya Rusak Gara-gara Dipakai PM Inggris Rishi Sunak
Rishi Sunak pakai Adidas Samba (Instagram Rishi Sunak)
07:57
16 April 2024

7 Fakta Adidas Samba, Image-nya Rusak Gara-gara Dipakai PM Inggris Rishi Sunak

Perdana Menteri (PM) Inggris Rishi Sunak meminta maaf lantaran memakai sepatu Adidas Samba. Sunak menuai kritik keras dari warganet karena dinilai merusak kredibilitas komunitas para pecinta sepatu tersebut. Atas kejadian itu pun, fakta-fakta Adidas Samba jadi pembahasan yang menarik. 

Rishi Sunak dihujat usai mengunggah video pada hari Selasa, 2 April 2024, pada akun Instagramnya @rishisunakmp. Dalam unggahannya itu, Sunak memakai sepatu Adidas Samba berwarna putih dengan garis tiga berwarna hitam.

PM Inggris itu memadankannya dengan kemeja putih dan celana chino warna navy. Banyak netizen yang menilai kombinasi baju dan sepatu tersebut sangatlah tidak cocok. 

Imbasnya, banyak warganet yang mengaku akan menjual sepatu mereka secara daring lantaran Sunak sudah merusak image semua orang. Tak lama setelah itu, Sunak pum meminta maaf kepada seluruh pecinta sepatu kets Adidas Samba usai dituding merusak kredibilitas penampilan mereka. 

Dia menjelaskan bahwa sudah mengenakan produk apparel Jerman tersebut sejak beberapa tahun dan merupakan 'pemuja lama' merek itu.

"Saya menyampaikan permintaan maaf yang sebesar-besarnya kepada komunitas Samba. Namun, dalam pembelaan saya, saya akan mengatakan bahwa saya telah memakai sepatu kets Adidas termasuk Sambas - dan lainnya, sebenarnya - selama bertahun-tahun. Sepatu pertama yang diberikan kakak saya untuk saya bertahun-tahun yang lalu - sepatu olahraga Adidas pertama saya yang menyenangkan sebagai hadiah Natal," kata Sunak dikutip dalam wawancara Radio LBC dilansir The Guardian. 

Lantas mengapa banyak orang sangat memperhatikan penampilan Sunak yang memakai sepatu Adidas Samba tersebut? Seberapa istimewa sepatu itu buat para pencintanya? 

Fakta-Fakta Adidas Samba  

Setelah ditelusuri, sepatu Adida Samba bukanlah sepatu sembarangan. Merk sepatu ini sudah menjadi sneakers ikonis di dunia selam bertahun-tahun. Berikut ini sejumlah fakta menariknya: 

1. Pertama kali diluncurkan pada 1950 

Melansir dari situs HBX, sepatu Adidas Samba pertama kali dirilis pada tahun 1950, tepat di momen Piala Dunia FIFA di Brasil yang berlangsung selama puncak musim panas. Sepatu ini diberi nama “Samba” yang terisnpirasi dari nama genre tarian musik asli Brasil sekaligus julukan untuk tim nasional Brasil, sebagai sambutan bagi negara tuan rumah Piala Dunia.

2. Pertama kali diluncurkan sebagai sepatu sepak bola 

Saat itu, Adidas Samba pada awalnya tercipta untuk memenuhi kebutuhan para pemain sepak bola. Akan tetapi, sepatu yang banyak diganderungi berbagai kalangan ini akhirnya berevolusi untuk melayani berbagai jenis kegiatan olahraga yang lebih luas, seperti futsal pada tahun 1970-an, dan skateboard pada tahun 1990-an.  

Sampai saat ini, sepatu Samba banyak dipaki di lapangan sepak bola dalam ruangan, maupun pertandingan futsal. Tak heran, bila sepatu ini tak lekang oleh jaman. 

3. Berkolaborasi dengan banyak selebritas 

Seperti sepatu kets populer lainnya, Samba muncul dengan berbagai kolaborasi selama bertahun-tahun bersama sejumlah selebriti populer. Pada tahun 2020 lalu, Adidas menggandeng merek pakaian laki-laki Wales Bonner hingga membuat lonjakan permintaan akan sepatu ini. 

Tak hanya itu, Adidas juga pernah berkolaborasi dengan penyanyi populer Pharrel Williams pada November 2022. Kolaborasi ini meluncurkan warna-warna yang begitu mencolok, mulai dari ungu, pink, sampai merah mencolok, sesuai dengan warna dari Pharrel. Terbaru, menggandeng pesepak bola dunia, Lionel Messi, tepatnya di bulan Februari 2024 lalu.  

4. Dipakai banyak artis papan atas 

Samba banyak digunakan oleh para artis populer dunia. Mulai dari Pharrell Williams, A$AP Rocky, Bella Hadid, hingga Kaia Gerber. Tak hanya itu saja Rihanna dan Harry Styles, Kendall Jenner, sertaHailey Bieber juga mengenakan sepatu ini. Hal ini lantas membuat trend sepatu Samba menyebar hingga ke penjuru dunia. 

5. Salah satu sneakers ikonis terpopuler 

Seperti dilansir dari Complex, Adidas Samba menjadi salah satu sneakers ikonis yang sangat populer sepanjang masa. Sepatu yang awalnya diperkenalkan hanya sebagai sepatu sepak bola pada tahun 1950 tersebut memiliki ciri khas garis-garis ramping pada bagian spl luar yang berbahan dasar dari karet. Sepatu satu ini sudah berkali-kali ditiru di berbagai dunia, termasuk di Indonesia. 

6. Berkembang dan banyak ragam jenisnya 

Dengan desainnya yang simple dan juga clean serta nuansa retro yang kini semakin populer dari sebelumnya, tetap membuat sneakers ini sebagai salah satu ikon yang wajib dimiliki oleh siapapun. Banyak penggemar juga tertarik dengan referensi visual tentang sepak bola.

Selain itu, Samba juga sangat nyaman ketika dipakai. Seiring berjalannya waktu, banyak versi sama yang terinspirasi dari Samba telah berevolusi, seperti halnya adidas Tobacco, City Series, maupun Gazelle. 

7. Harga Adidas Samba 

Meskipun menjadi salah satu ikon sepatu terpopuler di dunia, namun harga Adidas Samba ini termasuk masih terjangkau mulai dari 2 jutaan. Melansir dari website resmi Adidas berikut adalah daftar harga berbagai jenis Samba: 

• Samba Decon: Rp. 2.400.000
• Samba OG: Rp. 2.200.000
• Humanrace Samba: Rp. 3.500.000 

Nah, itu tadi fakta-fakta Adidas Samba yang belakangan ini jadi pembahasan menarik setelah dipakai oleh PM Inggris Rishi Sunak.

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #fakta #adidas #samba #image #rusak #gara #gara #dipakai #inggris #rishi #sunak

KOMENTAR