Puncak Macet! Ini 10 Destinasi Wisata Sukabumi buat Warga Jabodetabek yang Mau Liburan
Kondisi Lalu Lintas di Jalur Puncak Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/12/2023). [Egy/Suara.com]
13:17
12 April 2024

Puncak Macet! Ini 10 Destinasi Wisata Sukabumi buat Warga Jabodetabek yang Mau Liburan

Di musim libur lebaran bukan hal aneh jika masyarakat Jabodetabek berbondong-bondong liburan ke Puncak Bogor. Padahal jika rela sedikit melipir ada berbagai destinasi wisata Sukabumi yang layak dikunjungi loh.

Sehingga alih-alih bermacet-macetan di Jalan Raya Puncak Bogor, tidak ada salahnya berbelok sedikit ke Sukabumi yang punya berbagai destinasi liburan bersama keluarga. Bahkan jika ada beberapa yang bisa diakses melalui kereta api dan turun di Stasiun Sukabumi.

Berikut ini 10 destinasi wisata Sukabumi dirangkum suara.com, Jumat (12/4/2024).

1. Alun-alun Sukabumi

Meski tidak seluas Alun-alun Bandung, Alun-alun Sukabumi layak untuk dikunjungi, karena memiliki desain yang menarik. Selain ada lapangan hijau dengan desain unik yang membentang, ada juga Masjid Agung Kota Sukabumi kebanggaan Kota Santri ini.

Lantaran masih berada di pusat kota, Alun-alun ini bisa diakses dengan hanya berjalan kaki 950 meter dari Stasiun Sukabumi. Sedangkan menggunakan motor, cukup menempuh jarak 1,5 kilometer dengan durasi tempuh 6 menit.

2. Wisata Bukit Baros

Lokasi ini juga salah satu baru di Sukabumi. Selain sebagai lokasi perkemahan karena dipenuhi pohon pinus, tempat wisata ini tersedia kafe untuk menyesap kopi.

Jarak Wisata Bukit Baros yakni 9 kilometer dari Stasiun Sukabumi. Hanya memakan waktu 22 menit menggunakan motor, dan 24 menit menggunakan mobil dari Stasiun Sukabumi.

3. Salabintana

Jika Bogor memiliki Kebun Raya, maka Sukabumi memiliki Selabintana sebagai lahan terbuka hijau untuk melipir sejenak dari padatnya kota. Destinasi yang memiliki luas lebih dari 3 hektar ini sangat cocok dinikmati bersama orang tersayang.

Untuk mencapainya juga tidak perlu rumit, karena hanya berjarak 7,3 kilometer dari Stasiun SUkabumi, dan bisa tempuh 18 menit menggunakan sepeda motor, dan 21 menit menggunakan mobil.

4. Situgunung

Situ Gunung merupakan kawasan wisata alam yang berada di Sukabumi memiliki beragam objek wisata seperti jembatan gantung, area camping, danau, hingga air terjun. Bahkan di tempat ini juga bisa menikmati wisata dengan konsep menjelajah alam alias trekking hutan dan kawasan hutan lindung Indonesia.

5. KM 0 Sukabumi

Seperti kebanyakan kota lainnya yang memiliki titik 0 karena dilalui jalur khatulistiwa. Nah, menariknya KM 0 Sukabumi ini hadir berupa spot foto di tengah jalan, selaiknya titik KM 0 DI Yogyakarta dan banyak diburu pejalan kaki.

KM 0 Sukabumi hanya berjarak 300 meter dari stasiun, bahkan bisa ditempuh dengan berjalan kaki selama 6 menit. Adapun spot KM 0 Sukabumi ini dibuat sedemikian rupa dalam bentuk jalanan yang diwarnai dengan desain khusus, seperti yang dibagikan akun Instagram @theresiakuntara.

6. Situ Batu Karut

Tempat wisata ini memadukan situ atau danau dengan lembah dan pegunungan, sehingga jadi destinasi andalan untuk memancing. Menariknya di tempat ini juga ada spot foto di dekat pintu air. Ditambah airnya yang sangat jernih bisa digunakan untuk berenang.

Destinasi wisata alam Situ Batu Karut kerap jadi andalan komunitas motor maupun sepeda untuk touring. Untuk mengaksesnya hanya perlu menempuh perjalanan 11 kilometer dari Stasiun Sukabumi. Durasi yang ditempuh menggunakan sepeda motor yakni 25 menit, dan 28 menit menggunakan mobil.

7. Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai ini merupakan tempat wisata di pesisir Samudra Hindia di selatan Jawa Barat, Indonesia. Lokasinya terletak sekitar 60 km ke arah selatan dari Kota Sukabumi.

Adapun disebut Pelabuhan Ratu karena kalangan Sunda sudah pergi berkelana. Setelah Nyi Ratu Purnamasari tua, kerajaan diserahkan kepada Nyi Putri Mayang Sagara, dan dia diberi gelar Nyai Ratu Kidul.

8. Pantai Ujung Genteng

Ujung Genteng merupakan salah satu wilayah di Sukabumi, Jawa Barat yang terkenal dengan keindahan garis pantai yang mempesona. Ada berbagai jenis pantai di wilayah ini, nama daerah ini diambil karena posisinya berada di ujung salah satu sudut pulau di Jawa Barat yang berbentuk gunting.

Di wilayah ini juga ada berbagai pantai yang bisa dinikmati, dari mulai Pantai Pangumbal, Pantai Cibuaya, Pantai Manajaya dan sebagainya.

9. Curug Cikaso

Air Terjun Cikaso adalah sebuah air terjun yang terletak di selatan Kabupaten Sukabumi. Air terjun ini juga dikenal sebagai Curug Luhur, tetapi nama Curug Cikaso lebih dikenal masyarakat sekitar dikarenakan aliran airnya berasal dari anak Sungai Cikaso yaitu Sungai Cicurug.

Air terjun ini memiliki lebar 100 meter dan ketinggian sekitar 30 meter, Curug Cikaso ini terdiri dari tiga titik aliran air dengan dasar air terjun berbentuk kolam yang cukup dalam, dan berbahaya bagi yang tidak mahir berenang.

10. Geopark Ciletuh

Destinasi wisata ini merupakan salah satu primadona di Sukabumi, Jawa Barat. Kawasan ini mempunyai destinasi alam yang meliputi pantai, danau, air terjun, area persawahan, lembah hingga pegunungan.

Tak main-main kawasan yang terdiri dari topografi bervariasi meliputi perbukitan, dataran rendah, teluk, pegunungan hingga pesisir pantai ini memiliki luas 128 ribu hektar.

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #puncak #macet #destinasi #wisata #sukabumi #buat #warga #jabodetabek #yang #liburan

KOMENTAR