Apakah Malam Ini Takbiran? Ini Ketetapan Hasil Sidang Idul Fitri 2024
Apakah Malam Ini Takbiran? Ini Ketetapan Hasil Sidang Idul Fitri 2024 - ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
05:04
10 April 2024

Apakah Malam Ini Takbiran? Ini Ketetapan Hasil Sidang Idul Fitri 2024

Malam takbiran menjadi waktu yang ditunggu–tunggu karena itu tandanya keesokan hari umat muslim siap menyambut Idulfitri. Pertanyaannya apakah malam ini malam takbiran sehingga Lebaran 2024 jatuh pada Rabu, 10 April 2024? Pertanyaan mengenai kapan takbiran memang selalu ditunggu setiap tahun. 

Untuk menjawab kapan mulai takbiran, maka mesti diputuskan terlebih dahulu kapan umat muslim akan melaksanakan Salat Id. Di malam sebelum Salat Id itulah malam takbiran digelar. Di Indonesia, keputusan Salat Id atau hari raya Lebaran dari pemerintah harus menunggu sidang isbat yang rencananya bakal digelar Selasa (9/4/2024) malam ini. 

Merujuk pada hasil sidang isbat Idul Fitri 2024, pemerintah menetapkan tanggal 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada Rabu, 10 April 2024. Itu artinya, malam ini adalah malam takbiran. Jadi sudah jelas ya buat yang bertanya apakah malam ini takbiran, maka jawabannya ya, malam ini malam takbiran lebaran 2024. 

Di sisi lain, Muhammadiyah sudah memutuskan bahwa hari raya Idulfitri 1445 Hijriah jatuh pada Rabu, 10 April 2024. Itu artinya, bagi umat muslim yang akan berlebaran sesuai keputusan Muhammadiyah, malam ini bisa mulai melaksanakan takbiran. 

Seperti diketahui, Muhammadiyah telah metetapkan 1 Ramadan 1445 H pada 11 Maret, Idulfitri 1 Syawal pada 10 April, dan Puasa Arafah 9 Zulhijah pada 16 Juni, serta Iduladha 10 Zulhijah 1445 H pada 17 Juni 2024.

Kepastian informasi waktu-waktu penting umat Islam ini disampaikan oleh Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Muhammad Sayuti pada Januari 2024 awal tahun lalu melalui Konferensi Pers di Kantor PP Muhammadiyah, Jl. Cik Ditiro, No. 23, Kota Yogyakarta.

Muhammad Sayuti menjelaskan, keputusan penetapan tersebut dilakukan dengan menggunakan metode Hisab Wujudul Hilal Hakiki. Dia berharap Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriah.

Maklumat Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 ini ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti pada 12 Januari 2024.

Malam Takbiran Ngapain Aja?

Takbiran biasanya berlangsung meriah di banyak daerah di Indonesia. Salah satu tradisi yang paling khas adalah pawai obor, khususnya untuk anak – anak. Dalam tradisi ini anak – anak biasanya akan berkeliling kampung di sekitar lokasi masjid sambil membawa suar. Mereka biasanya memakai peci, sarung, dan busana muslim warna putih sambil mengumandangkan takbir. 

Sementara itu, orang – orang dewasa yang tidak mengikuti pawai obor akan tinggal di masjid atau musala untuk mengumandangkan takbir. Acara takbiran bisa berlangsung semalaman, yang biasanya juga dibarengi dengan pembagian zakat fitrah. Lafal takbir yang biasa dibaca masyarakat adalah sebagai berikut. 

 اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ اللهُ أَكْبَرُ لَا إلٰهَ إِلَّا اللهُ وَاللهُ أَكْبَرُ، اللهُ أَكْبَرُ وَلِلّٰهِ الْحَمْدُ

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar. La ilaha illallahu wallahu akbar. Allahu akbar wa lillahil hamdu. 

Artinya: "Allah maha besar, Allah maha besar, Allah maha besar. Tiada tuhan selain Allah. Allah maha besar. Segala puji bagi-Nya."

Nah itulah penjelasan untuk menjawab pertanyaan apakah malam ini takbiran Idul Fitri 2024.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #apakah #malam #takbiran #ketetapan #hasil #sidang #idul #fitri #2024

KOMENTAR