Perjalanan Agama Rieke Diah Pitaloka yang Baru Mantap Jadi Muslim di Usia 23 Tahun
Rieke Diah Pitaloka.
16:30
7 April 2024

Perjalanan Agama Rieke Diah Pitaloka yang Baru Mantap Jadi Muslim di Usia 23 Tahun

Setiap manusia memiliki perjalanan agamanya masing-masing. Tak terkecuali, politikus sekaligus artis Rieke Diah Pitaloka yang rupanya mempunyai kisah menarik terkait spiritual-nya.

Ia kemudian menceritakan sendiri perjalanan agamanya. Hal ini pun melatarbelakangi Rieke membuat buku berjudul Ruang Doa. Lantas, seperti apa kisah spiritualnya? Berikut informasinya.

Perjalanan Agama Rieke Diah Pitaloka

Rieke Diah Pitaloka diketahui lahir dari orang tua yang beragama Islam. Ia pun mengikuti keyakinan ayah ibunya meski dirinya diberi kebebasan untuk memilih.

Orang tuanya, kata Rieke, ingin ia beragama bukan karena mereka, melainkan atas pilihan sendiri. Semasa sekolah, ia pun terbiasa mempelajari dua agama, yakni Islam dan Katolik.

"Dulu sekolahku dua, pagi sekolah Katolik, sore pesantren. Orang tua muslim, mereka bilang jangan kamu beragama karena faktor orang tua. Itu privasimu, silakan kamu putuskan," ungkap Rieke dalam kanal YouTube Melaney Ricardo, Sabtu (6/4/2024).

Sepanjang hidupnya itu, Rieke sendiri ditulis sebagai seorang muslim. Namun, ia mengaku baru benar-benar meyakini agamanya ini ketika dewasa atau tepatnya saat dirinya berusia 23 tahun.

"Sepanjang masa itu, umur 23 tahun baru aku bersyahadat, menyatakan diri masuk Islam. Walaupun dari kecil sudah Islam, tapi itu karena ortu," kata dia.

"Tapi saya sebagai orang dewasa memilih agama itu, menentukan bahwa Islam sebagai agama saya umur 23, 24 saya syahadat sendiri," lanjut Rieke.

Seiring berjalannya waktu, ia mulai memperdalam Islam dengan mengaji meski membaca melalui terjemahannya. Selain itu, ia juga sempat melaksanakan umrah dan haji pada tahun 2023 silam.

"Tahun lalu, saya mulai ngaji, tapi kan saya bukan orang yang bisa bahasa Arab, jadi saya harus baca terjemahannya, that's why (itulah mengapa) kalau katam Alquran saya lama banget," ungkap Rieke.

Ketika akan pergi umrah tahun lalu, Rieke mengungkap alasannya karena ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah. Menurutnya, hal ini perlu dilakukan selama masih diberi kesempatan hidup.

"Hidup ini singkat, kita mau apa? Toh jabatan enggak dibawa mati, rumah juga enggak dibawa mati. Itu yang menurut saya mumpung Allah masih kasih kesempatan hidup," ujar Rieke.

Usai menerapkan hal itu, pemeran Oneng dalam sitkom Bajaj Bajuri ini mengaku banyak perubahan di hidupnya. Ia juga selalu mengaitkan Al Qur'an dengan peristiwa di dunia nyata.

"Saya kontekskan dengan peristiwa yang saya lalui saat ini. Misalnya, gimana saya bisa survive (bertahan) dengan pekerjaan. Ada ayat Al Balad, Allah memberikan dua jalan, ada jalan mudah dan jalan sulit," jelas Rieke.

Kontributor : Xandra Junia Indriasti

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #perjalanan #agama #rieke #diah #pitaloka #yang #baru #mantap #jadi #muslim #usia #tahun

KOMENTAR