Beda Pendidikan Zara Anak Ridwan Kamil dan Mutiara Baswedan, Dibandingkan Usai Pro Kontra Lepas Hijab
Mutiara Baswedan dan Camillia Azzahra (Instagram/@mutiarabaswedan/@camilliazr)
13:52
7 April 2024

Beda Pendidikan Zara Anak Ridwan Kamil dan Mutiara Baswedan, Dibandingkan Usai Pro Kontra Lepas Hijab

Langkah anak kedua Ridwan Kamil, Camillia Laetitia Azzahra, untuk melepas hijabnya tak henti menjadi buah bibir masyarakat. Apalagi karena mahasiswi yang akrab disapa Zara itu melepas hijab tepat saat bulan suci Ramadhan yang penuh berkah dan pahala.

Hai semuanya, setelah banyak pertimbangan dan diskusi yang sangat amat panjang dengan keluarga aku, aku memutuskan untuk melepas kerudung (hijab)ku,” tulis Zara lewat akun Instagram-nya, @camiliazr, dikutip pada Minggu (7/4/2024).


Zara sendiri sudah meminta agar orangtuanya, yakni Ridwan Kamil dan Atalia Praratya, tidak disalahkan terkait keputusan yang diambilnya setelah berkuliah di Inggris tersebut. Namun tetap saja keputusannya tak henti menuai pro dan kontra, hingga belakangan membuatnya dibandingkan dengan Mutiara Annisa Baswedan anak Anies Baswedan.

Apa pasalnya? Usut punya usut, warganet rupanya menyoroti Zara yang kini melepas hijabnya dengan Mutiara yang pernah mendapat komentar miring karena tak berhijab kendati kedua orangtuanya, Anies dan Fery Farhati, dikenal sebagai sosok Muslim yang taat.

Kini dibanding-bandingkan, seperti apa perbedaan riwayat pendidikan Zara yang baru melepas hijabnya dengan Mutiara yang sedari awal belum mengenakan hijab?

Riwayat Pendidikan Camillia Azzahra

 Potret Camillia Anak Ridwan Kamil (Instagram/@camilliazr)Potret Camillia Anak Ridwan Kamil (Instagram/@camilliazr)


Adik mendiang Emmeril Kahn Mumtaz alias Eril ini ternyata memiliki riwayat pendidikan yang mentereng. Tak tanggung-tanggung, Zara rupanya sudah pernah diterima dan berkuliah di salah satu perguruan tinggi terkemuka Tanah Air, Institut Teknologi Bandung (ITB).

Mengikuti jejak sang ayah, Zara rupanya sempat berkuliah di Jurusan Arsitektur ITB angkatan 2022. Namun Zara akhirnya melepaskan pendidikannya tersebut dan kini aktif sebagai mahasiswi S1 Arsitektur di Newcastle University Inggris.

Sebelumnya Zara memang sempat mengungkap keinginan untuk berkuliah di luar negeri, apalagi karena Eril sang kakak juga berencana melanjutkan pendidikan pascasarjana di Benua Eropa.

Riwayat Pendidikan Mutiara Baswedan

Mutiara Baswedan adopsi kucing kampung yang cacat. (twitter.com/kochengfs)Mutiara Baswedan adopsi kucing kampung yang cacat. (twitter.com/kochengfs)


Ditilik di LinkedIn-nya, istri Ali Saleh Alhuraiby ini merupakan alumnus SMA Labschool Kebayoran Jakarta. Mengambil bidang IPS, Mutiara sempat mengikuti pertukaran pelajar selama setahun di Rødkilde Gymnasium, Velje, Denmark pada tahun 2014-2015.

Selepas lulus dari SMA Labschool Kebayoran, Mutiara melanjutkan pendidikannya ke S1 Ilmu Hukum di Universitas Indonesia periode 2016-2020. Selama berkuliah itu, Mutiara sempat didapuk menjadi delegasi UI untuk Harvard National Model United Nations serta menjabat di bidang External Affairs Asosiasi Mahasiswa Hukum Asia (ALSA).

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #beda #pendidikan #zara #anak #ridwan #kamil #mutiara #baswedan #dibandingkan #usai #kontra #lepas #hijab

KOMENTAR