5 Amalan Bulan Rajab Selain Puasa, Mari Perbanyak Shalawat hingga Dzikir
Ilustrasi amalan Bulan Rajab, berdoa, islam. (Pixabay/mohamed_hassan)
05:33
15 Januari 2024

5 Amalan Bulan Rajab Selain Puasa, Mari Perbanyak Shalawat hingga Dzikir

Ada beragam amalan bulan rajab selain puasa. Karena itu, umat Islam yang tidak bisa melaksanakan puasa karena suatu alasan, dapat meningkatkan amalan di bulan rajab dengan ibadah selain puasa. Apa saja? Simak di bawah ini.

Puasa di bulan rajab memang dianjurkan karena puasa ini mendatangkan banyak pahala, kita akan dijauhkan dari neraka dan dosa-dosa kita pun akan diampuni. Akan tetapi, jika karena suatu alasan tak bisa melaksanakan puasa, kita pun bisa melaksanakan amalan bulan rajab selain puasa, misalnya sebagai berikut. 

1. Memanjatkan doa khusus bulan rajab

Agar mendapatkan berkah di bulan rajab, kita dapat memanjatkan doa khusus di bulan rajab. Bunyi doanya sebagai berikut.

“Allahumma baarik lana fi rajaba wasya’bana waballighna ramadhana."

Artinya: Ya Allah, berkahilah kami di Bulan Rajab dan Bulan Sya’ban dan pertemukan kami dengan Bulan Ramadhan

Selain doa di atas, bisa juga mengamalkan doa khusus bulan rajab sebagai berikut.

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِهِ مَصَابِيْحِ الْحِكْمَةِ، وَمَوَالِي النِّعْمَةِ، وَمَعَادِنِ الْعِصْمَةِ، وَاعْصِمْنِيْ بِهِمْ مِنْ كُلِّ سُوْءٍ، وَلَا تَأْخُذْنِيْ عَلَى غِرَّةٍ، وَلَا عَلَى غَفْلَةٍ، وَلَا تَجْعَلْ عَوَاقِبَ أَمْرِيْ حَسْرَةً وَنَدَامَةً، وَارْضَ عَنِّيْ؛ فَإِنَّ مَغْفِرَتَكَ لِلظَّالِمِيْنَ، وَأَنَا مِنَ الظَّالِمِيْنَ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ مَا لَا يَضُرُّكَ، وَأَعْطِنِيْ مَا لَا يَنْفَعُكَ، فَإِنَّكَ الْوَاسِعَةُ رَحْمَتُهُ، الْبَدِيْعَةُ حِكْمَتُهُ، فَأَعْطِنِيَ السَّعَةَ وَالدَّعَةَ، وَالْأَمْنَ وَالصِّحَّةَ، وَالشُّكْرَ وَالْمُعَافَاةَ وَالتَّقْوَى، وَأَفْرِغِ الصَّبْرَ وَالصِّدْقَ عَلَيَّ وَعَلَى أَوْلِيَائِكَ، وَأَعْطِنِيَ الْيُسْرَ، وَلَا تَجْعَلْ مَعَهُ الْعُسْرَ، وَاعْمُمْ بِذَلِكَ أَهْلِيْ وَوَلَدِيْ وَإِخْوَانِيْ فِيْكَ، وَمَنْ وَلَدَنِيْ، مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ 

"Allahumma shalli 'ala muhammad wa aalihi mushaabihil hikmah wa mawaali an-nikmah, wa ma'aadinil 'ismah, wa'shimni min kulli suu', walaa ta'huznii 'ala ghirroh, wala 'ala ghoflah, wala taj'al 'awaqiba amri hasrotan wa nadaamatan, wardhi 'anni, fainna maghfirotaka lizzholimiin, wa anaa minadzzolimiin, allahumma ighfirli maa laa yadhurrika, wa a'thinii maa laa yanfa'uka, fainnaka al wasi'atu rahmatuhu al badi'atu hikmatuhu, faa'thini as-sa'ata wad-dha'ata wal amna was-shihhata, wasy'syukro wal-mu'afata wat'taqwa, wa afrighi as-shobro was-shidqo 'alayya wa 'ala auliyaika, wa a'thinil yusra, wa laa taj'al ma'ahu al-usra, wa'mum bidzalika ahlii wawaladii, wa ikhwanii fiika, waman waladani minal muslimiina wal muslimaati wal mu'miniina wal mu'minaati." 

Artinya: “Ya Allah, limpahkan rahmat ta'dzim kepada Muhammad dan keluarganya yang menjadi pelita-pelita hikmah, pemilik kenikmatan, sumber perlindungan. Jagalah kami, sebab (keberkahan) mereka dari keburukan. Dan jangan engkau ambil kami dalam kondisi tertipu, tidak pula dalam keadaan lupa. Jangan jadikan akhir urusan kami sebagai penyesalan. Ridailah kami, Ya Allah. Sesungguhnya ampunan-Mu bagi orang-orang yang zalim, dan aku bagian orang yang zalim itu. Ya Allah, ampunilah aku atas dosa yang tidak pernah bisa membahayakan-Mu, berilah aku sesuatu yang memang tak ada manfaatnya sama sekali untuk-Mu. Sesungguhnya Engkau itu maha luas rahmat-Nya. Hikmahnya yang sangat indah. Berikan kami kelapangan dan ketenteraman, keamanan dan kesehatan, serta rasa syukur, selamat sentosa dan ketakwaan. Berikan kesabaran dan kejujuran kepada kami dan orang-orang yang Engkau cintai. Berikan kami pula kemudahan yang tidak ada kesulitannya sama sekali. Semoga itu semua juga Engkau berikan bagi keluarga kami, anak kami, saudara-saudara kami seagama. Dan Engkau berikan kepada orang tua yang telah melahirkan kami, kepada kaum muslim, baik laki-laki dan perempuannya, serta orang-orang beriman, laki-laki dan perempuannya."

2. Membaca shalawat

Memperbanyak shalawat merupakan salah satu amalan yang sangat dianjurkan oleh ulama selama di bulan rajab. Tertuang dalam Q.S Al-Ahzab, barang siapa yang rajin melaksanakan shalawat akan emndapatkan berkah dari nabi dan malaikat. 

3. Memperbanyak dzikir dan istighfar

Tidak hanya shalawat yang disarankan untuk diperbanyak, tetapi membaca zikir dan istighfar juga disarankan untuk meningkatkan pahala dan mendapatkan ampunan dari Allah SWT. 

4. Memperbanyak sedekah

Memperbanyak sedekah di bulan rajab sangat dianjurkan untuk dilaksanakan oleh umat Islam. Sedekah di bulan rajab justru akan membuka pintu rezeki menjadi semakin luas.

5. Membaca Al Qur'an

Mengkhatamkan Al Qur'an selama bulan rajab menjadikan kita semakin dekat dengan Allah SWT. Selain itu, kita juga semakin memahami pesan-pesan yang Allah sampaikan melalui ayat-ayat suci Al Qur'an, apabila kita tidak hanya membaca bahasa arabnya tetapi juga berusaha memahami isinya. 

Demikian itu saran amalan bulan rajab selain puasa. Perbanyak amalan ibadah lainnya di bulan Rajab sebab termasuk bulan yang dimuliakan.

Kontributor : Mutaya Saroh

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #amalan #bulan #rajab #selain #puasa #mari #perbanyak #shalawat #hingga #dzikir

KOMENTAR