Pajak Nunggak Ratusan Juta, Kado Rolls-Royce dari Harvey Moeis buat Sandra Dewi Cuma 'Tipu-tipu'?
Potret Liburan Terakhir Sandra Dewi dan Harvey Moeis (Instagram/@sandradewi88)
15:53
1 April 2024

Pajak Nunggak Ratusan Juta, Kado Rolls-Royce dari Harvey Moeis buat Sandra Dewi Cuma 'Tipu-tipu'?

Harvey Moeis dikenal sebagai suami dan ayah yang royal sebelum resmi menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi tata niaga komoditas timah wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk periode 2015-2022.

Sejumlah hadiah mahal pernah diberikan oleh Harvey, seperti private jet alias pesawat pribadi seharga ratusan miliar Rupiah untuk Raphael Moeis sang anak, atau mobil Rolls-Royce sebagai kado ulang tahun ke-40 Sandra Dewi.

Lebih tepatnya Harvey memberikan Rolls-Royce Ghost Extended Wheelbase berwarna hitam, yang dilengkapi dengan jok warna coklat, konsol berlapis kayu mewah, serta plafon bertabur bintang di bagian interiornya.

Tak hanya itu, Rolls-Royce tersebut juga dilengkapi dengan nomor polisi yang dipesan secara khusus, sebab tersemat inisial SDW yang tentu ditujukan untuk nama penerimanya, Sandra Dewi.

Sandra Dewi menebar senyum setelah turun dari mobil Rolls-Royce Ghost (Instagram/@sandradewi88)Sandra Dewi menebar senyum setelah turun dari mobil Rolls-Royce Ghost (Instagram/@sandradewi88)

Dikutip dari berbagai sumber, Rolls-Royce Ghost Extended Wheelbase terbaru saat ini dibanderol seharga USD 402.250 atau sekitar Rp6,3 miliar. Namun jika masuk ke Indonesia, harga mobil ini akan naik berkali-kali lipat mencapai angka Rp18-25 miliar.

Namun kado mahal ini ternyata berstatus menunggak pajak sampai ratusan juta Rupiah. Ditelusuri di situs resmi Informasi Pajak Kendaraan Bermotor Provinsi Banten, pajak Rolls-Royce milik Sandra itu jatuh tempo pada 4 Maret 2024, atau dengan kata lain sudah terlambat hampir sebulan.

Per tahunnya, pemilik mobil harus membayar Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) senilai Rp99.786.300 serta SWDKLLJ sebesar Rp143.000.

Tentu angka ini membengkak karena ada keterlambatan selama 27 hari, dengan denda PKB sebesar Rp1.995.700 serta denda SWDKLLJ senilai Rp35.000. Dengan demikian, total pajak dan denda yang mesti dibayarkan oleh pemilik mobil adalah Rp101,96 juta.

Tak hanya itu, sedan mewah berkapasitas 5 kursi tersebut ternyata terdaftar atas nama perusahaan alih-alih atas nama Harvey pribadi atau bahkan Sandra. Padahal Rolls-Royce berkelir hitam itu selalu digembar-gemborkan sebagai hadiah untuk ulang tahun ke-40 Sandra Dewi dari Harvey Moeis.

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #pajak #nunggak #ratusan #juta #kado #rolls #royce #dari #harvey #moeis #buat #sandra #dewi #cuma #tipu #tipu

KOMENTAR