Head to Head Ridwan Kamil vs Kaesang Pangarep Duo Calon Gubernur DKI, Jomplang Banget!
Kolase Ridwan Kamil dan Kaesang Pangarep. (Istimewa)
15:50
1 April 2024

Head to Head Ridwan Kamil vs Kaesang Pangarep Duo Calon Gubernur DKI, Jomplang Banget!

Nama-nama pesohor mulai masuk ke dalam bursa calon kepala daerah yang akan bertarung di Pilkada serentak November 2024.

Diantaranya ada nama Ridwan Kamil dan Kaesang Pangarep. Mantan Gubernur Jawa Barat itu menjadi sorotan publik usai baliho foto dirinya yang bertuliskan 'OTW Jakarta' tersebar di sejumlah wilayah.

Sementara Kaesang Pangarep dicalonkan oleh partainya sendiri alias Partai Solidaritas Indonesia.

Berkaitan dengan hal tersebut tak jarang warganet yang penasaran dengan sepak terjang keduanya khususnya dalam pemerintahan, berikut ulasannya.

Rekam Jejak Ridwan Kamil

Ridwan Kamil (partaigolkar.com)Ridwan Kamil (partaigolkar.com)

Pria kelahiran 4 Oktober 1971 ini memang dikenal dengan sapaan Kang Emil yang kini berprofesi sebagai arsitek dan politisi usai purna tugasnya sebagai Gubernur Jawa Barat.

Tentu saja sebagai tokoh publik, ia memiliki pendidikan yang mentereng. Ridwan Kamil menempuh pendidikan sarjananya di Institut Teknologi Bandung dengan gelar Sarjana Teknik.

Kemudian, ia melanjutkan studi S2-nya di Universitas California, Berkeley selama dua tahun hingga memperoleh gelar Master of Urban Design.

Sebelum terjun ke dunia politik, ia sempat menjadi dosen tidak tetap di ITB. Setelahnya ia mencalonkan menjadi Wali Kota Bandung melalui Partai Gerindra dan PKS.

Selama menjadi Wali Kota salah satu program kerjanya yang paling disorot adalah membuat pusat kendali Kota Bandung. Ia mengatasi kemacetan di Jalan Cihampelas dengan meresmikan jembatan pejalan kaki ke Tamansari yang diberi nama Teras Cihampelas.

Di penghujung masa jabatannya itu, ia juga mencalonkan sebagai Gubernur Jawa Barat dan terpilih untuk periode 2018-2023.

Rekam Jejak Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep. [Instagram/@kaesangp]Kaesang Pangarep. [Instagram/@kaesangp]

Kaesang Pangarep lahir di Surakarta atau Solo pada 25 Desember 1994. Putra bungsu Presiden Jokowi tersebut saat ini berprofesi sebagai Ketua Umum di PSI. Namun sebelumnya ia merupakan seorang pengusaha yang bergerak di bidang kuliner.

Ia memulai pendidikan dasar di SD Negeri 16 Mangkubumen Kidul, Laweyan, Solo, seperti juga kakaknya. Kemudian ia melanjutkan SMA di Singapura, Anglo-Chinese School International dengan program studi International Baccalaureat.

Setelahnya ia berkuliah di Singapore University of Social Sciences dan mengambil studi di jurusan komunikasi dan lulus dengan Gelar B.Sc di bidang Pemasaran dan mendapat penghargaan tertinggi di bidang kewirausahaan.

Kaesang juga pernah berkecipung di dunia hiburan sebagai Youtuber. Selama masa kuliahnya di Singapur, ia kerap aktif membuat konten daily vlog dan melakukan kolaborasi dengan beberapa Youtuber.

Setelah itu, ia mulai memperkenalkan usahanya pertama kali yakni kaos kecebong dan kuliner pisang bernama Sang Pisang.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #head #head #ridwan #kamil #kaesang #pangarep #calon #gubernur #jomplang #banget

KOMENTAR