Kenali 10 Ciri-ciri Perempuan Introvert, Apakah Salah Satunya Ada di Diri Anda?
Ciri-ciri Perempuan Introvert./(pexels/Dmitry Ganin)
14:46
30 Maret 2024

Kenali 10 Ciri-ciri Perempuan Introvert, Apakah Salah Satunya Ada di Diri Anda?

 

 Perempuan introvert sering kali menunjukkan ciri-ciri yang mirip dengan introvert laki-laki.

Aspek-aspek kepribadian introvert dari seorang perempuan, mungkin sulit dipahami jika Anda sendiri bukan seorang introvert. 

Untuk memahami mereka, Anda perlu terlebih dulu mengenali karakteristik yang melekat pada mereka secara mendetail. Ini bertujuan untuk membantu Anda lebih dekat dengan mereka.

Dilansir dari helpfulprofessor.com, Sabtu (30/3), berikut 10 ciri-ciri umum yang melekat pada seorang perempuan introvert.

  1. Semangat dan mandiri 

Karena perempuan introvert sering kali suka menghabiskan waktu sendirian, dan tidak suka ikut serta dalam aktivitas yang melibatkan banyak orang, masuk akal jika mereka juga mendapatkan rasa kemandirian dari kebiasaannya itu.

Mempelajari cara hidup mandiri ini dapat membuat perempuan introvert memiliki kecenderungan untuk mengerjakan proyeknya sendiri, bepergian sendirian, bahkan memulai bisnis sendiri tanpa bantuan orang lain. 

  1. Merasa tidak nyaman dengan obrolan basa basi

Meski mandiri, perempuan introvert terkadang mendapat masalah saat harus mengisi ruang kosong dalam percakapan dengan orang yang tidak mereka sukai.

Tidak ada seorang pun yang benar-benar menyukai obrolan ringan, namun hal ini dapat menjadi pemicu stres yang besar bagi introvert.

Perempuan introvert lebih suka melakukan percakapan yang mendalam dan cerdas dengan orang-orang yang mereka sayangi, daripada mengobrol dengan orang baru yang baru mereka temui.

Ketidaksukaan mereka terhadap obrolan ringan atau basa basi ini dapat menyebabkan keheningan yang canggung pada beberapa kesempatan. Tetapi, jika Anda meluangkan waktu untuk melakukan percakapan yang bermakna dengan seorang perempuan introvert, Anda akan segera melihat betapa tajam dan jenakanya mereka.

  1. Wanita introvert bisa sangat kreatif

Menghabiskan waktu sendirian tidak hanya membuat mereka mahir dalam percakapan yang mendalam, tetapi juga dapat memberi seseorang banyak kesempatan untuk mengerjakan proyek-proyek kreatif dan menyempurnakannya.

Perempuan introvert menghargai kreativitas, dan ruang untuk mengekspresikan ide-ide kreatif mereka sendiri (Brown & Sacco, 2017). Seringkali, proyek kreatif ini adalah cara seorang wanita introvert berkomunikasi dengan dunia di sekitarnya. 

Kreativitas ini bisa bermacam-macam bentuknya, mulai dari melukis, menggambar, menulis, dan fotografi. Ketika mereka memiliki begitu banyak waktu untuk mawas diri, akan lebih mudah untuk memanfaatkan kreativitas mereka. 

  1. Pemalu

Menjadi introvert tidak selalu berarti menjadi pemalu, tapi jika dilihat dari luar, introvert sebenarnya terlihat seperti orang yang pemalu.

Inilah sebabnya mengapa sangat mudah bagi orang untuk berasumsi bahwa seorang perempuan introvert adalah sosok yang pemalu, namun sebenarnya ada perbedaan di antara keduanya.

Beberapa perempuan introvert bisa jadi berani dan kurang ajar saat diperlukan, namun mereka lebih memilih kehidupan yang lebih tenang. Jadi meskipun sekilas banyak perempuan introvert yang diklasifikasikan sebagai pemalu, ada beberapa pengecualian terhadap aturan tersebut. 

  1. Merasa terasingkan

Seorang perempuan introvert seringkali merasa terputus dari dunia sekitarnya. Hal ini membuat introvert tidak seperti masyarakat pada umumnya, dan keterpisahan ini membuat para introvert merasa berbeda, dan terkadang sangat kesepian. 

  1. Mendambakan kedamaian dan ketenangan untuk berpikir

Perempuan introvert membutuhkan kedamaian dan ketenangan untuk berpikir. Keinginan akan kedamaian dan ketenangan inilah yang menjadi alasan para perempuan introvert mencari tempat-tempat terpencil seperti tempat membaca di perpustakaan atau jalur pendakian yang kurang dikenal.

  1. Reflektif

Begitu seseorang menghabiskan cukup waktu sendirian, akan lebih mudah untuk melihat dirinya sendiri dengan jelas. Perempuan introvert sering kali melakukan hal itu, biasanya karena pilihan mereka. Inilah yang membuat mereka sangat reflektif terhadap diri sendiri.

Mampu melihat ke dalam dan menganalisis diri sendiri adalah sifat yang sangat kuat dari banyak perempuan introvert (Mall-Amiri & Nakhaie, 2013).

Karakteristik ini membuatnya lebih mudah untuk membuat perubahan yang berarti pada diri mereka sendiri dan tindakan mereka. Namun terkadang hal ini dapat membuat wanita introvert merasa sedih karena kekurangan yang mereka rasakan. 

  1. Cenderung menghindari Konflik

Konflik bisa sangat melemahkan dan melelahkan perempuan introvert. Itulah sebabnya mengapa perempuan introvert sering kali berusaha keras untuk menghindari konflik apa pun, baik itu masalah di tempat kerja, dengan teman, atau dengan pasangannya.

Karakteristik ini bahkan memengaruhi hal-hal seperti menjawab pesan teks atau email yang mungkin bernada konflik. Oleh karena itu, ada baiknya bagi perempuan introvert untuk menerima banyak kepastian dari orang-orang di sekitarnya.

  1. Merasa lelah setelah berada di sekitar banyak orang

Anda mungkin pernah mendengar bahwa seorang perempuan introvert menyebutkan mereka perlu mengisi ulang baterai sosialnya setelah keluar malam atau berada di dekat banyak orang dalam jangka waktu yang lama.

Pasalnya, berada di dekat banyak orang justru membuat wanita introvert menjadi lelah! (Mall-Amiri & Nakhaie, 2013).

Banyak wanita introvert yang sesekali menikmati acara yang ramai, tetapi setelah acara tersebut selesai, mereka memerlukan waktu di tempat yang familiar, seperti rumah, untuk beristirahat dan bersantai.

  1. Preferensi menulis daripada berbicara

Saat ini, pesan teks adalah salah satu bentuk komunikasi utama. Ini bagus untuk para perempuan introvert, yang lebih suka menulis atau mengetik daripada berbicara dengan suara keras. 

Di tengah situasi yang panas, sulit bagi introvert untuk mengatakan dengan tepat apa yang ingin mereka sampaikan, dan tulisan yang lebih lambat dan reflektif, dapat membuat wanita introvert lebih jelas dalam mengekspresikan diri.
***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #kenali #ciri #ciri #perempuan #introvert #apakah #salah #satunya #diri #anda

KOMENTAR