5 Kandungan Skin Care yang Ampuh Atasi Penuaan Dini
ILUSTRASI. Seseorang tampak menikmati perawatan kulit mandiri. (Image by Lifestylememory on freepik)
15:06
14 Januari 2024

5 Kandungan Skin Care yang Ampuh Atasi Penuaan Dini

 Penuaan dini bisa dicegah dan diatasi dengan merawat kulit wajah dari luar dan dalam. Perawatan dari luar dengan menggunakan skin care secara rutin dan tepat dipercaya ampuh mengatasi masalah penuaan dini.

Namun, jangan hanya asal pilih skin care. Anda perlu cermati kandungan yang terkandung di dalamnya agar masalah penuaan dini tertangani dengan tepat.

 

Dilansir dari 100percentpure, Minggu (14/1), terdapat lima bahan atau kandungan skin care yang bisa menjadi referensi untuk mengatasi penuaan dini. Berikut adalah bahan alami yang dapat digunakan:

1. Buah delima

Buah delima sudah masuk ke Indonesia rentang waktu yang lama bahkan beberapa orang sudah menanam pohon delima di depan pekarangan rumahnya. Buah delima disinyalir memiliki banyak manfaat yang sangat besar dan kuat dalam menjaga kesehatan kulit khususnya dalam menghindari penuaan dini.

Penelitian terkait buah delima menemukan fakta bahwa pada daging buah terdapat bahan kimia yang mampu mendorong produksi molekul urolithin A. Molekul urolithin A merupakan kunci untuk memungkinkan sel otot mengalami degenerasi. Adanya efek dari molekul ini dipercaya menjadi kunci besar dalam mengatasi penuaan.

Buah delima juga dipercaya sebagai ratu dari buah anti-aging. Buah ini sangat kaya akan vitamin C, dan dari vitamin ini level asam punat dapat diubah. Asam punat ini merupakan salah satu asam lemak omega 5 yang dapat membantu kulit mengikat kolagen.

2. Kopi

Kopi baru-baru ini sudah menjadi bahan dasar dari skincare yang dipakai oleh pria di Indonesia. Ini terjadi karena terdapat banyak kandungan dalam kopi yang dipercaya bagus untuk mencerahkan kulit dan menjaga penuaan dini.

Dalam kopi terdapat beberapa kandungan yang baik seperti asam lemak esensial, sterols, dan vitamin E. Ketiga kandungan ini membentuk sebuah antioksidan kuat yang dipercaya mampu melindungi kulit dari serangan sinar UV dan degradasi sel yang terkait.

3. Retinol

Beberapa orang mungkin tidak tahu bahkan tidak pernah mengenal dan mendengar apakah retinol itu, dan bagaimana cara mendapatkannya. Retinol adalah suatu senyawa yang dihasilkan dari vitamin A. Secara kimia, senyawa ini dapat mengelupas kulit dan mempercepat pergantian sel oleh karenanya retinol dianggap ampuh atasi penuaan.

Untuk mendapatkan retinol, kita bisa menggunakan vitamin A dan juga minyak biji wortel. Bahan-bahan ini merupakan sumber retinol alami yang sangat fantastis dan mengandung anti-aging yang sangat kuat.

4. Vitamin E

Sejak lama vitamin E sudah dianggap vitamin penting yang sangat membantu dalam menjaga kesehatan khususnya kesehatan kulit. Vitamin E sangat membantu dalam mengatasi kekurangan pada kulit dengan mempertahankan tingkat kelembaban alaminya.

Jika diterapkan secara rutin dalam perawatan kulit, vitamin E sangat efektif dalam mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan yang menjadi tanda penuaan.

Untuk memperoleh vitamin E secara alami, pembaca dapat memanfaatkan beberapa olahan alami seperti minyak biji bunga matahari atau beberapa olahan lain yang memiliki kandungan vitamin tersebut.

5. Vitamin C

Sama seperti vitamin E, vitamin C juga sudah sangat umum dikenal oleh masyarakat Indonesia sebagai vitamin yang dapat menyehatkan dan mencerahkan kulit. Vitamin C juga diketahui mampu mengimprovisasi hidrasi hingga meningkat kekencangan pada kulit. Antioksidan yang dihasilkan oleh vitamin C dipercaya mampu perangi radikal bebas dan menghancurkan efek racun yang terakumulasi setiap harinya.

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #kandungan #skin #care #yang #ampuh #atasi #penuaan #dini

KOMENTAR