3 Tanda Seseorang Merasa Iri dan Cemburu Terhadap Pencapaian Anda, Adakah Tanda Ini di Teman atau Pasangan Anda?
3 hal yang menjadi tanda bahwa seseorang merasa iri dan cemburu terhadap Anda (glam.com)
21:38
24 Maret 2024

3 Tanda Seseorang Merasa Iri dan Cemburu Terhadap Pencapaian Anda, Adakah Tanda Ini di Teman atau Pasangan Anda?

Katakanlah Anda berhasil pada satu pencapaian, tetapi satu-satunya orang tempat Anda berbagi berita tampaknya seperti biasa saja mendengar cerita Anda.

Faktanya, ketidaktertarikan mereka terhadap kemenangan besar Anda begitu nyata dan itu biasanya ada di luar karakternya.

Situasi ini pada akhirnya membuat Anda mulai bertanya-tanya apakah itu pertanda mereka iri pada Anda?

Lalu, apa yang menyebabkannya? 

Tentu saja, seorang teman yang baik tidak akan pernah iri pada Anda. Sebaliknya, mereka akan menganggap kemenangan Anda sebagai kemenangannya, bukan? 

Ternyata, rasa cemburu bisa jadi lebih rumit dari itu dan sering kali berasal dari sumber rasa sakit hati dan ketidakmampuan yang lebih dalam dari orang tersebut. 

Dilansir dari kritis terhadap Anda

Menurut Jackson dan Dr. Morgan, komentar pasif agresif dan terlalu kritis bisa menjadi tanda bahwa seseorang iri pada Anda. 

Dalam upaya untuk menguatkan diri mereka, orang-orang yang iri hati akan berusaha menjatuhkan orang-orang yang mereka anggap lebih unggul.

Komentar tajam ini sering kali digunakan sebagai mekanisme pertahanan diri mereka, kata psikoterapis berlisensi dan terapis EMDR bersertifikat, Adrine Davtyan, LCSW.

Komentar-komentar mereka akan menyoroti kesalahan atau kekurangan Anda. Tujuannnya, agar mereka merasa lebih baik.

  1. Mereka meremehkan pencapaian Anda

Orang yang iri hati cenderung meremehkan pentingnya pencapaian Anda serta kerja keras yang diperlukan untuk mencapainya.

 

Ini akan dengan mudah terlihat saat Anda berbagi kemenangan Anda dengan orang lain. Orang yang merasa iri, mereka akan berusaha mengubah topik pembicaraan.

Selain itu, mereka juga akan menghindari menanyakan pertanyaan lanjutan tentang pencapaian Anda atau mengungkapkan ketidaknyamanan secara fisik (misalnya memutar mata).

“Jika Anda memperhatikan bahwa ketika Anda menerima kabar baik, ada orang-orang tertentu yang tidak ingin Anda ajak berbagi—selidiki alasannya,” kata Jackson.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #tanda #seseorang #merasa #cemburu #terhadap #pencapaian #anda #adakah #tanda #teman #atau #pasangan #anda

KOMENTAR