Merasa Salah Make Up? Bisa Jadi Belum Mengetahui Undertone Kulit 
Tiga tips makeup anti crack dan tahan lama. (Freepik)
09:32
24 Maret 2024

Merasa Salah Make Up? Bisa Jadi Belum Mengetahui Undertone Kulit 

 

 

JawaPos.Com – Saat mengaplikasikan atau menggunakan make up, agaknya masih banyak yang salah paham tentang perbedaan skin tone dan undertone.

Untuk diketahui, skin tone mencakup warna kulit yang terlihat, sementara undertone merujuk pada nuansa warna di bawah permukaan kulit.

Skin tone umumnya dapat berubah berbeda dengan undertone tidak bisa berubah warna.

Melansir dari halodoc.com, Minggu (24/3), skin tone dibagi menjadi empat kategori warna;

Fair        : Ini adalah rentang warna kulit paling terang.

Light      : Warna kulit ini cenderung hangat dan sedikit lebih gelap ketimbang fair.

Medium : Warna medium memiliki kulit cokelat dengan rona emas atau zaitun yang hangat.

Gelap    : Ini adalah kisaran warna kulit paling gelap ketimbang tiga jenis sebelumnya.

Skin tone dapat berubah warna melalui beberapa faktor eksternal. Misalnya, rosacea, hiperpigmentasi, bintik hitam, jerawat, kemerahan, dan tanning atau berjemur.

Sedangkan undertone dibagi menjadi tiga kategori warna;

Warm : Memiliki warna dasar keemasan, peachy, atau kuning.

Cool   : Warna dasarnya kebiruan, merah, atau merah muda.

Netral : Merupakan campuran warm dan cool undertone.

Berbeda dari skin tone, undertone kulit cenderung tidak langsung terlihat oleh mata karena terdapat di bawah permukaan kulit.

Undertone seperti memberi rona alami di kulit, dan tidak akan berubah karena pengaruh apa pun.

Dirambahkan dari laman Maybelline.co.id, terdapat delapan cara untuk mengetahui undertone kulit.

  1. Melihat Warna Nadi

Cara pertama yakni dengan melihat warna pembuluh darah di pergelangan tangan, leher atau wajah. Apabila warnanya kebiruan, berarti kamu punya cool undertone, sedangkan warna hijau berarti masuk kategori warm undertone. Kemudian jika warnanya terlihat biru kehijauan atau sebaliknya, berarti undertone kulit kamu adalah neutral.

  1. Memakai Pakaian Warna Putih

Kamu bisa mengetahui undertone yang berbeda dengan mengenakan pakaian putih dan kemudian keluar ke luar ruangan untuk mendapatkan cahaya matahari yang terang alami. Jika kulit kamu terlihat merah muda atau kemerahan, itu menandakan bahwa kamu memiliki undertone cool, sementara jika kulit terlihat kuning, itu menunjukkan undertone warm. Selain itu, jika merasa pakaian putih kurang cocok dan lebih pas dengan warna off-white atau krem, itu juga bisa menandakan bahwa kamu memiliki undertone warm.

  1. Perhatikan Warna-Warna Pakaian Kamu

Terkadang, tanpa disadari, kamu mungkin telah secara alami memilih pakaian yang sesuai dengan undertone kulit kamu, karena warna-warna tersebut sudah terlihat pas. Coba perhatikan warna-warna pakaian di lemari. Jika terdapat banyak warna seperti oranye, kuning, cokelat, atau merah hangat, itu menandakan bahwa undertone kamu adalah warm. Jika warna yang dominan adalah ungu, pink, putih, dan biru, maka undertone kamu adalah cool. Undertone yang netral cenderung tidak memiliki warna-warna yang dominan karena semua warna cocok untuk dipakai.

  1. Memakai Perhiasan

Cara mengetahui undertone kulit wajah lainnya adalah dengan mengenakan perhiasan yang terbuat dari emas dan perak. Agar tidak subjektif, kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk memberi penilaian. Jika perhiasan emas yang cocok, berarti undertone kulit kamu adalah warm, sedangkan jika perhiasan perak yang cocok, maka undertone kulitnya adalah cool. Jika dua-duanya cocok, berarti kamu beruntung karena memiliki neutral undertone.

  1. Berjemur Di Bawah Matahari

Jika kulit kamu cenderung mudah terbakar (menjadi merah, gatal, terasa hangat, dan perih saat disentuh) atau menggelap menjadi kemerahan atau cokelat kemerahan, maka kamu memiliki undertone cool. Sebaliknya, jika kulit kamu langsung menggelap menjadi peach, keemasan, atau karamel, itu menunjukkan bahwa kamu memiliki undertone warm. Seseorang dengan undertone netral akan menemukan bahwa kulit mereka terbakar dan menggelap secara bersamaan.

  1. Foto Bareng Teman-Teman

Membandingkan kulit wajah kamu dengan teman-teman di foto-foto bareng mereka bisa membantu memberi petunjuk tentang undertone kulit kamu. Misalnya, jika kulit wajah kamu terlihat lebih merona pink dibandingkan wajah teman-teman, itu berarti undertone-nya cool. Sementara jika terlihat lebih keemasan, maka undertone-nya warm. Jika kamu tidak bisa memutuskan apakah undertone-nya cool atau warm, maka kemungkinan neutral.

  1. Warna Rambut Dan Mata

Secara umum, warna rambut dan mata yang terang disebut memiliki cool undertone, sedangkan jika memiliki warna rambut dan mata yang cenderung gelap maka orang tersebut memiliki warm undertone. Karena hasilnya belum tentu akurat, maka disarankan agar kamu melakukan pengecekan ini bersamaan dengan cara mengetahui undertone kulit yang lain.

  1. Melihat Warna Kulit Di Belakang Telinga

Cara terakhir yakni melihat warna kulit di belakang telinga. Jika warnanya kekuningan maka termasuk warm undertone, tapi jika warnanya pink kemerahan maka termasuk cool undertone. Jika merupakan paduan keduanya atau malah tidak sama sekali, maka termasuk neutral undertone.

Menerapkan cara ini dapat membantumu dalam memilih base make up agar tampilan kulit yang abu-abu dapat dihindari, selain itu mengetahui undertone kulit dapat membantu kita dalam memilih warna-warna pakaian agar tampil lebih cocok dan percaya diri.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #merasa #salah #make #bisa #jadi #belum #mengetahui #undertone #kulit

KOMENTAR