Mulai Realistis dan Terapkan Self Care, Ini 8 Tips Mujarab Move On dari Mantan, Menurut Psikolog
Ilustrasi. Seseorang yang tak berhasil move on meski telah memblokir mantannya di media sosial./Freepik
08:06
23 Maret 2024

Mulai Realistis dan Terapkan Self Care, Ini 8 Tips Mujarab Move On dari Mantan, Menurut Psikolog

 – Move on merupakan istilah yang artinya berpindah perasaan dari satu orang ke perasaaan ain atau dari suasana yang lama ke suasana yang baru.

Pada dasarnya move on tidak selalu digunakan untuk hal hal percintaan, di lingkungan sosial pun bisa diterapkan.

Namun di era sekarang, kebanyakan orang menggunakan istilah move on untuk seseorang yang sedang mengalami fase pindah dan bangkit karena gagalnya sebuah hubungan baik untuk status berpacaran maupun pasca perceraian.

Move on merupakan transisi tersulit dalam hidup yang membutuhkan sebuah proses. Setiap orang tentu memiliki proses ini berbeda-beda ada yang cepat dan ada yang lama.

Dilansir dari laman Psychalive, Ssabtu (23/3), terdapat 8 tips mujarab untuk move on dari mantan diantaranya :

  1. Menjadikan masa lalu sebagai perjalanan dan pelajaran hidup

Segala kejadian di masa lalu termasuk patah hati dan gagalnya hubungan bisa menjadi salah satu perjalanan hidup yang di dalamnya ada banyak sekali pelajaran dan hikmah yang bisa diambil.

Perlu menanamkan pada diri bahwa apapun yang terjadi di kehidupan ini tentu ada pelajaran yang bisa disampaikan dan ini pasti ada hal positifnya.

  1. Jangan menyalahkan diri sendiri

Gagalnya hubungan percintaan tentu membuat orang sedih hingga tidak semangat, namun yang penting diketahui adalah tidak perlu menyalahkan diri sendiri apalagi secara berkelanjutan.

Hal ini bisa menyebabkan kesehatan mental kurang baik dan membuat diri depresi dan stress sehingga membuat terpuruk.

Kalau sudah terpuruk maka bisa berpotensi menyakiti diri sendiri karena merasa apa yang terjadi karena kesalahannya.

  1. Lebih realistis

Setelah pasca putus dari sebuah hubungan tentu tidak mudah dalam melupakan tak terkecuali kenangan indah.

Namun realistis juga diperlukan disini, karena ketika terus berpikir bahwa hubungan yang sudah gagal itu memiliki kenangan indah yang tidak bisa dihapus tentu hal ini membuat susah move on.

Padahal realitanya kehidupan akan terus berlanjut dan mau tidak mau harus maju terus ke depan bukan ke belakang. Sehingga fokus dengan pemulihan hati akan jauh lebih baik untuk kehidupan selanjutnya.

  1. Self care dengan melakukan perawatan diri

Tips ampuh move on selanjutnya adalah bisa menerapkan self careSelf care disini artinya lebih peduli dengan diri sendiri salah satunya dengan melakukan perawatan diri dan menjaga kesehatan.

  1. Mencoba hal hal yang baru

Tidak sedikit orang untuk mengobati luka hati setelah pasca putus dengan mencoba hal dan pengalaman baru misalnya membaca buku, mendaki atau hal bermanfaat lainnya.

  1. Percaya dengan diri sendiri

Setelah mengalami gagalnya hubungan tak jarang orang mengalami insecure sehingga rasa percaya dirinya kurang. Hal ini timbul karena merasa tidak bisa mempertahankan hubungan atau merasa dirinya selalu salah.

Agar bisa move on tentunya harus meningkatkan rasa percaya diri. Setelah hal ini tertanam maka bisa mengembangkan diri untuk jauh lebih baik misalnya berkarya.

  1. Tanamkan self love

Self love adalah wujud mencintai dan menyayangi diri sendiri. Cara ini sangat perlu dilakukan dalam proses move on. Bahkan tips ketujuh ini merupakan kunci penyembuhan setelah putus cinta.

  1. Menggunakan terapi mindfulness

Proses move on bisa disembuhkan pula dengan cara terapi dan latihan mindfulness. Terapi ini mampu membantu diri sendiri untuk lebih fokus dengan hal hal yang terjadi saat ini dan membuang hal buruk yang ada di masa lalu.

 ***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #mulai #realistis #terapkan #self #care #tips #mujarab #move #dari #mantan #menurut #psikolog

KOMENTAR