Simak! Ustaz Das'ad Latif Bongkar 3 Golongan yang Puasa dan Ibadah Ramadhan Ditolak Allah
Ustadz Das'ad Latif. (Facebook)
15:58
22 Maret 2024

Simak! Ustaz Das'ad Latif Bongkar 3 Golongan yang Puasa dan Ibadah Ramadhan Ditolak Allah

Bulan Ramadhan sejatinya merupakan bulan yang suci dan istimewa. Pahala atas kebaikan yang dibuat di bulan ini niscaya akan dilipatgandakan, yang tentu menjadi bekal untuk menghadap Allah SWT di surga-Nya kelak.

Namun tahukah Anda bahwa ada 3 golongan umat yang seluruh ibadah Ramadhan-nya akan ditolak oleh Allah SWT? 

Hal inilah yang disampaikan oleh Ustaz Das’ad Latif di kanal YouTube Muslim Mandiri Official. Menurutnya, ketiga golongan ini terdapat dalam tiga doa Malaikat Jibril yang diaminkan oleh Nabi Muhammad SAW ketika naik ke mimbar untuk menyampaikan khotbah Idul Fitri.

Ustad Das'ad Latif / Foto: Tangkapan Layar Akun Youtube Das'ad LatifUstad Das'ad Latif / Foto: Tangkapan Layar Akun Youtube Das'ad Latif

“Ketahuilah sahabatku, tadi itu Malaikat Jibril datang berbisik di telinga saya. Berdoa kepada Allah dan meminta tiga hal, saya mengaminkan doanya,” tutur Ustaz Das’ad Latif meriwayatkan apa yang disampaikan Rasulullah SAW kepada seorang sahabatnya, dikutip pada Jumat (22/3/2024).

Lantas golongan seperti apa yang puasa dan ibadah Ramadhan-nya tidak diterima Allah?

1. Anak Durhaka kepada Orang Tua

Ilustrasi anak marah, anak durhaka, ciri-ciri anak durhaka (karlyukav/Freepik)Ilustrasi anak durhaka (karlyukav/Freepik)

Malaikat Jibril rupaya meminta kepada Allah SWT agar tidak menerima amal ibadah Ramadhan dari orang-orang yang durhaka kepada orangtuanya. Bahkan sekalipun amal ibadah yang dikerjakannya selama bulan Ramadhan begitu banyak, seluruhnya tak akan diterima bila sudah membuat orangtuanya meneteskan air mata.

“Adakah anak selama Ramadhan bagus puasanya, tarawihnya tiap malam, tahajudnya tiap malam, zikirnya lengkap, tadarusnya cukup, bahkan dia bersedekah dan menjadi panitia pembangunan masjid, tapi durhaka kepada kedua orangtuanya? Demi Allah, dia tidak akan diterima amal ibadahnya, nauzubillah,” kata Ustaz Das’ad Latif.

2. Orang Durhaka Terhadap Pasangan 

Ilustrasi pasangan suami istri bertengkar. (Unsplash.com/ Afif Kusuma)Ilustrasi pasangan suami istri bertengkar. (Unsplash.com/ Afif Kusuma)

Golongan lain yang celaka karena amal ibadahnya selama bulan Ramadhan tak diterima Allah SWT adalah mereka yang durhaka terhadap pasangannya, baik suami kepada istri, maupun istri kepada suami.

Ustaz Das’ad Latif tak menampik rumah tangga pasti tidak akan terlepas dari ujian. “Tapi orang yang beriman kepada Allah, betul-betul bertakwa kepada Allah, masalah-masalah dalam rumah tangganya tidak menjadi masalah yang signifikan. Masalah dalam rumah tangganya dia akan saling maaf-memaafkan,” lanjutnya.

3. Orang Tak Memaafkan Sesama Muslim

Ilustrasi bertengkar (Pexels/Rodnae Productions)Ilustrasi bertengkar (Pexels/Rodnae Productions)

Golongan lain yang celaka adalah mereka yang tidak memaafkan sesama Muslim. Jadi sekalipun ibadah yang dikerjakannya selama bulan Ramadhan begitu baik, tetapi masih tersimpan kemarahan terhadap sesama Muslim lain, maka berat untuk amalnya diterima Allah SWT.

“Di bulan Ramadhan ibadah habluminallah-nya baik, tapi sama tetangganya bermusuhan, orang-orang di sekeliling bermusuhan, maka dia terancam oleh hadis Rasulullah SAW yang berbunyi, ‘Tahukah kamu yang merugi di akhirat kelak. Siapa mereka? Tetangga yang jahat sama tetangganya dan memutuskan persaudaraan’,” ujar Ustaz Das’ad Latif.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #simak #ustaz #dasad #latif #bongkar #golongan #yang #puasa #ibadah #ramadhan #ditolak #allah

KOMENTAR