Sesama Cucu Presiden, Beda Biaya Sekolah Jan Ethes dan Al Nahyan Jomplang Banget?
Keluaraga Presiden Joko Widodo saat prosesi siraman terhadap anak bungsunya, Kaesang Pangarep di Sumber Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Jumat (9/12/2022). [Foto dok. Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina]
14:46
22 Maret 2024

Sesama Cucu Presiden, Beda Biaya Sekolah Jan Ethes dan Al Nahyan Jomplang Banget?

Cucu-cucu Presiden Joko Widodo alias Jokowi tak luput dari sorotan publik usai gelaran Pemilu 2024. Salah dua yang menjadi perbincangan publik adalah Jan Ethes Srinarendra dan Panembahan Al Nahyan Nasution.

Diketahui, Jan Ethes merupakan putra sulung Gibran Rakabuming Raka yang digadang-gadang akan segera dilantik menjadi wakil presiden. Sementara Al Nahyan adalah anak pertama Bobby Nasution yang dirumorkan akan maju di Pilgub Sumut.

Sama-sama merupakan cucu presiden dan anak pejabat, Jan Ethes dan Al Nahyan kini diketahui sudah duduk di bangku sekolah. Jan Ethes telah masuk SD, sementara itu Al Nahyan baru masuk Playgroup.

Berikut adalah informasi mengenai sekolah Jan Ethes dan Al Nahyan, lengkap dengan estimasi biaya pendidikan keduanya.

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kanan) dan keluarga memberikan keterangan pers saat acara Ngunduh Mantu pernikahan putra bungsunya Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). [ANTARA FOTO/Maulana Surya].Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo (ketiga kanan) dan keluarga memberikan keterangan pers saat acara Ngunduh Mantu pernikahan putra bungsunya Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022). [ANTARA FOTO/Maulana Surya].

Sekolah Jan Ethes

Jan Ethes saat ini diketahui sedang menempuh sekolah di Focus Independent School yang merupakan salah satu sekolah swasta di Solo, Jawa Tengah. Sekolah ini sudah berdiri sejak tahun 2002 silam.

Melansir dari website Focus Independent School, tidak disebutkan secara detail mengenai biaya pendidikan di sini. Namun, mengutip dari sumber lain, pada 2020 biaya pendidikan kelas anak atau pra sekolah sekitar Rp900 ribu per bulan.

Untuk biaya pendidikan setara SD belum ditemukan. Sementara itu, biaya pendidikan untuk SMP di Focus Independent School Solo tahun 2016 adalah sekitar Rp25,8 juta.

Adapun biaya pendidikan senilai puluhan juta tersebut meliputi biaya pendaftaran Rp15 juta, biaya tambahan Rp3 juta, uang sekolah Rp1,8 juta per bulan, biaya tahunan Rp6 juta.

Sekolah Al Nahyan

Al Nahyan kini diketahui sedang bersekolah di Preschool Highscope Medan alias Early Childhood Educational Program (ECEP) yang merupakan salah satu sekolah swasta di Medan.

ECEP Highscope Medan sendiri menyediakan tiga jenis kelas, yakni Toddler to Pre-Kindy (18 bulan-4 tahun), Preschool to Pre-Kindy (2,5-4 tahun), dan Pre-Kindy to Pre Kindy (2,5 tahun).

Ketiga kelas ini sama-sama mematok SPP sebesar Rp6,5 juta untuk 10 minggu pertemuan. Sehingga, kurang lebih biaya SPP yang harus dibayarkan per semester adalah Rp13-19,5 juta per tahun.

Lalu terdapat pula enrollment fee untuk kelas Toddler to Pre-Kindy dan Preschool to Pre-Kindy sebesar Rp12 juta. Sementara kelas Pre-Kindy to Pre-Kindy mematok enrollment fee senilai Rp11 juta.

Selain itu, wali murid juga diharuskan membayar formulir pendaftaran sebesar Rp300 ribu dan deposit sebesar Rp2 juta saat akan mendaftarkan buah hatinya ke Highscope Medan.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #sesama #cucu #presiden #beda #biaya #sekolah #ethes #nahyan #jomplang #banget

KOMENTAR