Fakta Tentang Erspo, Apparel Baru Milik Muhammad Sadad yang Pegang Kontrak Rp16,5 Miliar Jersey Timnas
Peluncuran Resmi Jersey Terbaru Timnas Indonesia. (pssi.org)
17:17
21 Maret 2024

Fakta Tentang Erspo, Apparel Baru Milik Muhammad Sadad yang Pegang Kontrak Rp16,5 Miliar Jersey Timnas

Jersey terbaru Timnas Indonesia mendadak jadi perhatian netizen sebab dinilai memiliki desain dan kualitas yang kurang bagus. Buntutnya, pemilik brand Erigo, Muhammad Sadad mendapat hujatan dari warganet.

Diketahui, jersey terbaru Timnas Indonesia itu memang diproduksi brand lokal Erspo, yakni sub brand Erigo yang dimiliki Muhammad Sadad. 

Bahkan, pelatih Shin Tae-yong turut angkat bicara terkait kualitas jersey terbaru skuad Merah Putih, khususnya yang digunakan untuk latihan.

Lantas, seperti apa fakta tentang kerjasama Erspo dan PSSI dan bagaimana profil brand tersebut? Berikut yang Suara.com rangkum.

1. Profil Erspo

Jersey Timnas Indonesian vs Singapura. (TikTok/Zyaantv & FAS)Jersey Timnas Indonesian vs Singapura. (TikTok/Zyaantv & FAS)

Diketahui, Erspo adalah sebuah sub-brand produk olahraga yang dibuat oleh Erigo. Erigo sendiri adalah apparel lokal yang berfokus pada streetwear fashion yang dapat digunakan oleh pria dan wanita.

Pemilik Erigo, Muhammad Sadad, mengatakan bahwa cikal bakal brand ini sudah ada sejak 2011, baru kemudian ia seriusi di tahun 2013. Meski berlabel brand lokal, Erigo menjual produk mereka hingga ke luar negeri, seperti Singapura, Malaysia, Filipina, dan Thailand.

2. Kesepakatan Sudah 2 Tahun Lalu

Penetapan Erigo sebagai apparel Timnas sebenarnya sudah sejak 26 Oktober 2023 silam. PSSI sudah mencapai kesepakatan dua tahun dengan Erigo, termasuk menyiapkan jersey Skuad Garuda.

PSSI dan Erspo mengusung tema ‘Moving Forward Into The Golden Era’, yang berarti pengharapan Erspo agar bisa membersamai Timnas Indonesia menjemput era keemasannya.

3. Nilai Kontrak Mencapai Rp16,5 miliar

Dalam proses tender, Erick Thohir sebagai Ketua Umum PSSI menegaskan bahwa kerjasama berjalan sangat transparan, ia juga merasa bahwa tawaran dari Erigo adalah tawaran yang paling bagus dari yang lain.

"Dan nilainya ini Rp 16,5 miliar, di mana ada cash Rp 5 miliar, dan yang paling terbaru ada istilahnya royalti. Ini belum pernah selama ini. Biasanya hanya dengan konsep sponsorship," Kata Erick.

4. Jenis Jersey

Mengenai jenis jersey yang diresmikan, Erspo membuat 3 tingkatan jersey, yakni player isuue yang sama persis dipakai pemain, replica version yang setingkat di bawahnya dan supporter version yang menjadi tingkat paling rendah.

Beberapa hari sebelumnya, Erspo sudah merilis beberapa sportswear lainnya seperti training kit, hoodie, jaket, hingga midlayer timnas Indonesia.

5. Kalahkan 19 Brand Apparel Lain

Hebatnya, Erspo berhasil mengalahkan 19 brand lainnya dalam persaingan tender apparel jersey timnas Indonesia 2024-2025. Adapun daftar peserta tendernya adalah sebagai berikut: 

Adhoc Apparel 

Bocorocco 

Brodo 

Dagadu Djokdja 

Erigo 

Etams 

Giogend Tailor

Harloth 

Juaraga 

Kayo 

Kings Tailor 

League 

Manzone 

Mills 

Rrrj Product 

Negarawan 

Ortuseight 

Oxygen 

Piero 

Specs

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #fakta #tentang #erspo #apparel #baru #milik #muhammad #sadad #yang #pegang #kontrak #rp165 #miliar #jersey #timnas

KOMENTAR