Ini Sumber Makanan Mengandung Glutamat, Jadi Sumber Micin Alami yang Beri Rasa Gurih Tanpa Khawatir Berlebih
Ini Sumber Makanan Mengandung Glutamat, Jadi Sumber Micin Alami yang Beri Rasa Gurih Tanpa Khawatir Berlebih./Freepik
07:42
21 Maret 2024

Ini Sumber Makanan Mengandung Glutamat, Jadi Sumber Micin Alami yang Beri Rasa Gurih Tanpa Khawatir Berlebih

Micin atau vetsin merupakan nama lain dari bahan penguat rasa Monosodium Glutamat (MSG). Micin berfungsi sebagai penguat rasa makanan yang memiliki rasa gurih.

Rasa umami atau gurih sebenarnya adalah rasa dasar yang bisa dikecap oleh lidah. Jadi secara alami, lidah manusia juga memiliki reseptor untuk mengenali rasa umami.

Secara alami, rasa umami dapat diperoleh dari asam amino yang bernama glutamat. Asam amino glutamat dapat dihasilkan sendiri oleh tubuh manusia, sehingga glutamat tidak tergolong bahan esensial untuk dikonsumsi.

Glutamat berfungsi sebagai neurotransmitter yang mengirim sinyal-sinyal dalam otak. Glutamat juga berfungsi membantu fokus dalam berkonsentrasi, dan membantu tubuh dalam pembentukan protein.

Glutamat dari bahan makanan yang dikonsumsi manusia secara alami menjadi sumber pangan tambahan yang memberi tambahan rasa nikmat.

Untuk memperoleh rasa umami yang lebih banyak, manusia menemukan metode pembentukan glutamat dari garam sodium. Maka terciptalah Monosodium Glutamat yang memiliki rasa umami yang lebih kuat.

MSG diperoleh dari hasil sintesis tepung jagung, tetesan tebu, dan tepung singkong. MSG menjadi sumber rasa gurih yang dihasilkan secara sintetis, bahan makanan tambahan ini bisa memperkuat rasa makanan.

MSG sendiri kerap diasosiasikan dengan berbagai gejala tubuh yang buruk seperti menyebabkan ketagihan dan penurunan kecerdasan.

Di sisi lain, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah memberikan izin konsumsi MSG dengan batas aman sesuai dengan asupan harian yang diatur oleh WHO.

WHO memberikan batas asupan harian yang aman untuk MSG dengan kadar 0-120 mg/kgBB. Sehingga, tidak perlu khawatir lagi dengan konsumsi MSG.

Apabila masih ragu dengan sumber rasa umami sintetis, ada beberapa bahan makanan yang dapat memberikan asupan micin secara alami.

Rasa umami umumnya dapat ditemukan secara alami dalam bahan-bahan makanan berupa rebusan daging, fermentasi ikan, keju, jamur kering, dan beberapa jenis buah-buahan.

Dilansir JawaPos dari berbagai sumber, berikut ini adalah daftar jenis bahan makanan yang mengandung micin alami yang bisa memberikan rasa umami pada masakan.

1. Dari daging-dagingan, ikan, dan seafood

Ikan teri, daging ham, ikan makarel, kerang-kerangan, tiram, kuning telur, udang, dan daging ayam.

Kandungan glutamat paling tinggi berasal dari ikan teri (630mg/100g), sementara ayam adalah jenis daging yang memiliki kandungan glutamat paling rendah (22mg/100g).

2. Dari jenis keju-kejuan

Keju parmesan, keju roquefort, keju emmental, dan keju cheddar.

Kandungan glutamat paling tinggi ada pada keju parmesan (1680mg/100g), dan keju cheddar memiliki kandungan paling rendah (182mg/100g).

3. Dari buah-buahan, sayur, dan kacang

Jamur shiitake kering, kacang walnut, tomat kering, jus anggur, tomat, kimchi, jamur, brokoli, edamame, jagung, kentang, dan sawi putih.

Kandungan glumtamat paling tinggi ada pada jamur shiitake kering (1060mg/100g), sementara sawi putih memiliki kadar glutamat paling rendah (100mg/100g)

Bahan-bahan makanan tersebut bisa menjadi alternatif sumber rasa umami atau sumber micin alami. Jika khawatir dengan penggunaan MSG, bahan-bahan diatas bisa dijadikan alternatif sumber glutamat.

Editor: Hanny Suwindari

Tag:  #sumber #makanan #mengandung #glutamat #jadi #sumber #micin #alami #yang #beri #rasa #gurih #tanpa #khawatir #berlebih

KOMENTAR