Menparekraf Sandiaga Uno Lebih Suka Naik Kereta Dari Pada Moda Transportasi Lain, Kenapa?
Menparekraf Sandiaga Uno. (Dok. Istimewa)
17:36
19 Maret 2024

Menparekraf Sandiaga Uno Lebih Suka Naik Kereta Dari Pada Moda Transportasi Lain, Kenapa?

Sebagai Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno biasa lakukan perjalanan ke banyak tempat di Indonesia. Dari pengalamannya dengan mobilitas yang tinggi, Sandi mengaku kalau dia paling suka melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum berupa kereta.

"Saya kalau dikasih opsi naik mobil, pesawat, atau kereta, saya pilih kereta," kata Sandi saat acara weekly pres briefing di kantor Kemenparekraf, Jakarta, Selasa (19/3/2024).

Menurut Sandiaga Uno, kereta memiliki berbagai keunggulan dibandingkan moda transportasi umum lainnya. Salah satunya, terkait waktu keberangkatan yang dinilai lebih tepat waktu dibandingkan pesawat.

Ilustrasi penumpang kereta api [PT KAI]Ilustrasi penumpang kereta api [PT KAI]

"Layanan tepat waktu, bahkan sampai menitnya juga. Kita kira kalau paling tepat waktu biasanya pesawat, tapi kereta api lebih tepat waktu lagi, juga bersih dan nyaman," kata Sandi.

Dirjen Perkeretaapian Risal Wasal juga mengatakan kalau kereta api jadi transportasi massal paling murah dibandingkan yang lain. Itu sebabnya, kereta banyak dipilih masyarakat terutama saat momen mudik lebaran. 

Tahun ini, PT. KAI juga menghadirkan program Ramadhan Festive yang dikelola secara mandiri. Berlangsung pada 20-21 Maret 2024, KAI menyediakan 3.800 tempat duduk dengan tarif untuk kelas eksekutif seharga Rp300 ribu, kelas bisnis Rp250 ribu, sedangkan kelas ekonomi Rp200 ribu dengan masa berlaku selama momentum lebaran.

Khusus pada 21 Maret 2024, akan ada penawaran menarik berupa flash sale, di mana KAI menawarkan tiket kereta super murah hanya dengan Rp150 ribu untuk kelas eksekutif dengan tujuan ke manapun.

Serta ada program kolaborasi antara Kemenparekraf dengan ASTINDO berupa paket "Bundling Paket Wisata dengan Kereta Api" yakni, Nyok Mudik ke Jakarte Aje dan Wisata Senin-Kamis.

Untuk Nyok Mudik ke Jakarte Aje, terdapat sekitar 20 jalur menuju Jakarta yang bisa dimanfaatkan untuk calon wisatawan, dikemas dengan paket-paket wisata menarik meliputi akomodasi, kuliner, hingga objek wisata. Wisatawan bisa mendapatkan diskon untuk kereta api sampai dengan 30 persen dan berlaku selama libur lebaran.

Data Kementerian Perhubungan pada 2022, pascapandemi ada sebanyak 85,5 juta orang mudik lebaran. Kemudian angka tersebut naik menjadi 123,8 juta orang pada 2023. Dan tahun 2024 diproyeksi meningkat hingga 56 persen, atau setara dengan 193,6 juta pergerakan.

Editor: Bimo Aria Fundrika

Tag:  #menparekraf #sandiaga #lebih #suka #naik #kereta #dari #pada #moda #transportasi #lain #kenapa

KOMENTAR