Tukang Bangunan Tak Puasa, Apakah Pemilik Rumah Ikut Berdosa? Ini Kata Buya Yahya
Ilustrasi kajian Buya Yahya tentang keutamaan 10 hari pertama bulan Dzulhijjah (YouTube/Al-Bahjah TV)
17:44
18 Maret 2024

Tukang Bangunan Tak Puasa, Apakah Pemilik Rumah Ikut Berdosa? Ini Kata Buya Yahya

Fenomena tukang bangunan yang tak puasa selama bulan Ramadhan mungkin sering kita temui. Lantas, bagaimana sesungguhnya pandangan ulama terhadap fenomena ini? Apakah dosa jika tukang bangunan tak puasa selama mengerjakan proyek di bulan Ramadhan?

Mengutip dari kanal YouTube Al Bahjah TV pada Senin (18/3/2024), Buya Yahya memberikan penjelasan lengkap mengenai hukum tukang bangunan yang tidak berpuasa selama Ramadhan. Serta, bagaimana hukum pemilik rumah  yang tak mengingatkan karyawannya untuk berpuasa.

Buya Yahya menjelaskan bila seseorang memiliki karyawan misalnya tukang bangunan yang membangun rumah tidak puasa, maka seseorang tersebut mempunyai tanggung jawab di hadapan Allah SWT. Artinya seseorang tersebut juga akan mendapatkan dosa.

"Kalau Anda membiarkan dia tidak berpuasa, maka Anda ikut andil dosa," kata Buya Yahya.

Agar terhindar dari dosa karena tidak mengingatkan karyawan yang tak berpuasa, Buya Yahya memberi solusi agar karyawan tersebut misalnya tukang bangunan diarahkan untuk melaksanakan ibadah salat lima waktu.

"Karena Anda punya power untuk melakukannya (sebagai atasan) untuk mengarahkan mereka," terang Buya Yahya.

Buya Yahya juga mengungkapkan bila para tukang yang bersedia puasa setidaknya diberikan waktu istirahat yang lebih lama. Kemudian juga diberikan sedekah tambahan, misal makanan atau minuman untuk berbuka.

"Anda (akan dapatkan) pahala besar karena memberikan keringanan. Sedekah kita untuk dia selama bulan Ramadhan," kata Buya Yahya.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #tukang #bangunan #puasa #apakah #pemilik #rumah #ikut #berdosa #kata #buya #yahya

KOMENTAR