Perubahan Jam Tidur Sebabkan Mata Panda? Intip 5 Cara untuk Menghilangkannya
Ilustrasi mata panda atau lingkaran hitam di sekitar mata akibat perubahan jam tidur./Sumber foto: freepik/Kmpzzz
14:22
18 Maret 2024

Perubahan Jam Tidur Sebabkan Mata Panda? Intip 5 Cara untuk Menghilangkannya

 

 - Apakah Anda merasa terganggu dengan kehadiran mata panda atau adanya lingkaran gelap di bawah mata setelah mengalami perubahan jam tidur yang signifikan?

Perubahan jam tidur dapat menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan mata panda yang membandel. Saat pola tidur terganggu, kulit di sekitar mata cenderung menjadi lebih tipis dan kurang terhidrasi.

Hal ini tentu dapat menyebabkan pembuluh darah di bawahnya lebih terlihat dan meningkatkan kemungkinan munculnya lingkaran gelap.

Selain itu, kurangnya istirahat yang cukup juga dapat menimbulkan mata panda atau lingkaran hitam di sekitar mata yang membuat Anda terlihat lelah dan kurang segar.

Namun, jangan khawatir, terdapat lima cara yang dapat membantu Anda mengatasi dan menghilangkan masalah mata panda akibat perubahan jam tidur.

Dilansir dari Dr Axe pada Senin (18/3), berikut merupakan 5 cara yang dapat membantu Anda menghilangkan mata panda dan kembali mendapatkan penampilan mata yang cerah dan segar.



1. Gunakan produk skincare khusus

Anda bisa menghunakan produk perawatan kulit yang dijual bebas yang dapat membantu mengurangi diskolorasi atau lingkaran hitam pada mata ketika digunakan secara konsisten. Bahan perawatan kulit terbaik untuk mencerahkan mata panda diantaranya yakni:

• Tabir surya, untuk membantu melindungi dari kerusakan sinar matahari.

• Vitamin C, sebagai antioksidan yang melindungi dari kerusakan sel.

• Retinol (selama tidak menyebabkan iritasi pada kulit Anda), yang dapat merangsang pergantian sel untuk membantu mengurangi hiperpigmentasi dan garis halus.

• Hyaluronic acid, bahan pelembap yang dapat membantu mengembalikan kelembapan kulit.

• Vitamin B3, juga dikenal sebagai niacinamide, yang membantu meratakan dan mencerahkan warna kulit Anda.

• Bahan antioksidan seperti alga dan teh hijau, yang membantu melindungi kulit dari kerusakan lingkungan.

• Gliserin, agen pelembap yang mencegah kulit kering.



2. Kompres dingin atau menggunakan timun pada mata Anda

Kompres dingin atau menggunakan timun tidak hanya dapat membantu mengurangi pembengkakan di sekitar mata, tetapi juga bisa menenangkan mata, yang tentu dapat menambah kesan awet muda pada wajah Anda.

Anda dapat mencoba ini dengan menggunakan sendok yang telah didinginkan sebelumnya dan letakkan di atas mata Anda.

Anda juga bisa menemoelkan irisan timun. Suhu dingin dari kompres inilah yang membuat perawatan rumahan menjadi efektif.


3. Konsumsi makanan tinggi antioksidan

Makanan memiliki dampak besar pada kesehatan kulit Anda. Dengan meningkatkan asupan buah dan sayuran, Anda akan mendapatkan lebih banyak antioksidan yang dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas dan membantu menjaga peradangan kulit tetap sehat.

Makanan dengan lemak sehat, seperti ikan dan kacang-kacangan, juga membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan lembut.

Beberapa makanan terbaik untuk kulit yang sehat yakni sayuran daun hijau, buah beri, buah sitrus, cabai, kiwi, minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan ikan berlemak seperti salmon.

Mengonsumsi makanan-makanan ini secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit Anda secara keseluruhan.



4. Atur posisi tidur Anda

Tidur dengan posisi terlentang dapat membantu mencegah penumpukan cairan di sekitar mata akibat gravitasi. Oleh karena itu, cara dan posisi Anda tidur dapat berperan dalam masalah lingkaran hitam di bawah mata.

Anda dapat mempertimbangkan untuk menambahkan bantal ekstra di bawah kepala Anda, tetapi pastikan bantal tersebut dapat memberikan kenyamanan saat tidur yang baik, karena jika Anda sulit tidur, itu bisa memperparah masalah lingkaran hitam di bawah mata atau yang biasa disebut mata panda.

5. Konsumsi makanan yang mengandung kolagen

Dengan meningkatkan kadar kolagen dalam tubuh, Anda dapat membantu kulit Anda terlihat lebih kencang dan halus, serta membantu sel-sel kulit Anda tetap memperbaharui dan memperbaiki diri dengan baik.

Anda dapat mencoba mengonsumsi kaldu tulang ayam atau suplemen kolagen, seperti bubuk protein kolagen untuk meningkatkan asupan kolagen dalam makanan Anda.

***

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #perubahan #tidur #sebabkan #mata #panda #intip #cara #untuk #menghilangkannya

KOMENTAR